CONNECT WITH US!

Ini Deretan Negara Paling Makmur, di Mana Posisi Indonesia?

Reporter : Eko Huda S | Selasa, 10 November 2015 07:07
Ilustrasi (www.transformasi.org)
"Indonesia mengalami perkembangan lebih dari negara manapun di dunia selama tujuh tahun terakhir, naik 21 tempat," demikian pernyataan The Legatum Institute.

Dream - The Legatum Institute mengeluarkan daftar indeks kemakmuran negara-negara dunia tahun 2015. Berdasarkan data indeks kemakmuran tersebut, Indonesia berada di urutan ke-69 dari 142 negara. Meski demikian, posisi Indonesia naik 21 peringkat dibanding tahun sebelumnya.

" Indonesia mengalami perkembangan lebih dari negara manapun di dunia selama tujuh tahun terakhir, naik 21 tempat ke peringkat 69 tahun ini," demikian pernyataan dari The Legatum Institute, sebagaimana dikutip Dream dari laman Legatum Institute, Selasa, 10 November 2015.

Berdasarkan indeks yang dikeluarkan lembaga yang berbasis di London, Inggris, itu, indeks ekonomi Indonesia berada di peringkat 39. Indeks bidang kewirausahaan dan kesempatan kerja Indonesia berada di posisi 90.

Sementara berdasarkan indeks pemerintahan, Indonesia menempati posisi 78. Peringkat yang sama juga di peroleh Indonesia dalam indeks pendidikan. Di bidang kesehatan, Indonesia berada di peringkat 93. Peringkat 70 di bidang keselamatan dan keamanan, serta posisi 21 di bidang sosial capital.

Sedangkan, indeks kebebasan Individu Indonesia masih berada di luar 100 besar. Dari 142 negara yang diteliti, indeks kebebasan Individu Indonesia berada di ke-123.

Meski mengalami kemajuan paling pesat di dunia, Indonesia masih kalah jauh dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Lihat saja Singapura. Negara tetangga itu nangkring di posisi 17 dalam daftar kemakmuran ini. " Singapura adalah negara dengan ekonomi paling sukses di dunia."

Singapura mentereng di posisi satu dalam indeks ekonomi. Negeri yang daratannya tak lebih luas dari Jakarta itu menjadi negara ke dua dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia, yaitu sekitar Rp556 juta. Sekitar 47% ekspor manufaktur Negeri Singa itu merupakan teknologi canggih, tertinggi ke tiga di dunia.

Sementara Malaysia menempati urutan 44 sebagai negara paling makmur versi The Legatum Institute, Thailand di posisi 48, Vietnam 55. Negara Asia Tenggara lainnya yang masuk dalam penelitian ini adalah Filipina yang berada di posisi 74, Laos 95, dan Kamboja menempati peringkat 112.

Sementara, negara dengan indeks kemakmuran paling tinggi di dunia adalah Norwegia. Disusul oleh Swiss di posisi ke dua, Denmark posisi ke tiga, Selandia Baru posisi ke empat, dan Swedia posisi ke lima.

Kemudian Kanada, Australia, Belanda, Finlandia, dan Irlandia, berturut-turut menempati posisi ke enam hingga ke sepuluh. Sementara, Republik Afrika Tengah, Afghanistan, Haiti, Chad, dan Burundi menempati lima terbawah dalam daftar ini.

The Legatum Institute yang merupakan lembaga think tank dan pendidikan internasional dengan fokus peningkatan kemakmuran ini mengklaim data yang mereka kumpulkan untuk menentukan indeks kemakmuran 142 negara ini mewakili 96% populasi dunia dan 99% GDP dunia. Untuk melihat peringkat kemakmuran negara, klik klik di sini

Afif Kalla Menikah - Raditya Dika Lamaran