Calon Penumpang Mengantre Di Depan Loket Untuk Membeli Tiket Kereta Api. (Foto: Ilustrasi)
Dream – PT Kereta Api Indoenesia (Persero), resmi mengubah mekanisme pembayaran tiket kereta secara online. Jika dulu konsumen bisa membayar tiket maksimal tiga jam setelah pemesanan, maka sekarang tidak bisa lagi.
“ Mulai 17 Mei 2017, pembayaran maksimal dilakukan 1 jam setelah mendapatkan kode booking,” kata Senior Manager Humas KAI Daerah Operasional (DAOP) I, Suprapto, mwlalui keterangan tertulis diterima Dream, Sabtu, 13 Mei 2017.
Sebelumnya, BUMN ini memberlakukan aturan pembayaran tiket maksimal 3 jam usai mendapatkan kode pemesanan. Pemesanan dapat dilakukan baik lewat situs tiket.kai.id maupun lewat aplikasi mobile KAI Access.
Selain itu, kata Suprapto, KAI juga memperpendek waktu pemesanan tiket. Sebelumnya, pemesanan tiket kereta melalui situs tiket.kai.id bisa dilakukan H-2 sebelum keberangkatan, sedangkan melalui aplikasi KAI Access dilakukan 10 jam sebelum keberangkatan.
Kini, keduanya bisa dilakukan maksimal 6 jam sebelum keberangkatan. “ Mulai 1 Mei 2017, pemesanan bisa dilakukan hingga 6 jam sebelum keberangkatan,” kata dia.
Suprapto mengatakan peningkatan layanan ini juga bertujuan untuk mengurangi antrean di loket stasiun. “ Inovasi ini tentunya kami lakukan demi kepuasan para pelanggan,” kata dia.(Sah)
Advertisement
Jadi Pahlawan Lingkungan Bersama Trash Hero Indonesia
10 Brand Kosmetik Paling Ramah Muslim di Dunia, Wardah Nomor Satu
KAJI, Komunitas Bagi Para Alumni Mahasiswa Indonesia di Jepang
4 Komunitas Seru di Depok, Membaca Hingga Pelestarian Budaya Lokal
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah