Ketika Terlalu Banyak Detail Membebani CV

Reporter : Ramdania
Sabtu, 3 Oktober 2015 07:03
Ketika Terlalu Banyak Detail Membebani CV
Jangan persulit Anda mendapatkan pekerjaan hanya karena data pribadi Anda yang terlalu rumit.

Dream - Menulis sebuah resume yang sangat detail saat melamar pekerjaan dianggap sangat perlu bagi sebagian orang. Selain berharap bisa diterima kerja dengan cepat, resume yang ditulis detail akan membuat bangga yang membuatnya.

Namun hal paling penting dalam menulis resume adalah menyajikan semua prestasi yang sudah dicapai dalam konteks yang lebih besar yang dapat dengan mudah dipahami oleh perusahaan -dan mencerminkan bagaimana keterampilan Anda bisa diterapkan saat bekerja.

Jika perlu Anda bisa menulis resume secara ringkas yang membuat seorang manajer yang sibuk benar-benar akan menghargainya. Jadi, seperti dikutip dari Gulf News, Sabtu, 3 Oktober 2015, jika Anda sudah siap untuk meninjau dan merevisi resume sebelum masuk ke pasar kerja, perhatikan aspek-aspek berikut:

Memberikan gambaran besar

Usahakan untuk menulis gambaran besar dari semua proyek dan prestasi yang telah dicapai di masa lalu. Anda bisa menjelaskannya secara detail saat dipanggil wawancara. Jadi di atas kertas, Anda harus menulis secara jelas, mudah dan yang penting spesifik.

Singkatnya, gunakan kata-kata spesifik untuk menggambarkan ukuran, skala, dan seberapa penting pekerjaan Anda.

Gunakan kata-kata kerja yang kuat

Dalam poin-poin singkat yang menjelaskan apa yang Anda lakukan di masa lalu atau saat ini, Anda perlu menyeimbangkan antara kejujuran dan presentasi. Untuk gunakan kata-kata kerja kuat seperti memimpin, mengembangkan, memperkenalkan, dan lain-lain. Banyak yang masih malu menggunakan kata-kata kerja yang sifatnya lemah atau tidak memberi kesan kuat seperti membantu, berpartisipasi, mendampingi.

Meskipun Anda tidak harus mengklaim bahwa Anda telah memimpin tim kecuali jika Anda benar-benar melakukannya, cobalah untuk memberi diri Anda kredit penuh jika Anda memang mengambil posisi kepemimpinan pada sebuah proyek atau tim. Di luar gelar, perusahaan akan membaca yang tersirat untuk mengetahui seberapa jauh jangkauan Anda dan dampaknya dalam pekerjaan masa lalu.

Jika Anda memilih untuk menggunakan kata kerja yang kurang kuat, perusahaan mungkin akan menilai Anda dalam kapasitas yang lebih rendah dari apa yang sebenarnya Anda bisa lakukan.

Berorientasi pada hasil

Banyak orang yang bingung untuk memasukkan deskripsi pekerjaan dalam resume mereka. Padahal pengusaha mencari kandidat kuat melalui pendekatan ini.

Cara yang lebih baik untuk menyajikan deskripsi pekerjaan adalah untuk menunjukkan pengaruh Anda dalam meningkatkan hasil di masa lalu. Misalnya menunjukkan lead penjualan Anda. Tekankan pada apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan proses kerja, mempercepat layanan pelanggan atau mengurangi biaya.

Munculkan keunggulan Anda

Mengapa Anda berpikir pantas mendapat pekerjaan tersebut? Anda bisa menulis ringkasan -atau profil- dalam resume yang membuat Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu. Ini bukan pekerjaan copy-paste atau tinggal mengisi baris.

Anda benar-benar harus berpikir tentang pekerjaan yang diinginkan dan persyaratannya. Setelah itu Anda meringkas kemampuan Anda dalam beberapa kalimat sederhana. Dengan demikian Anda menciptakan ruang yang bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan secara detail tentang semua prestasi dan proyek besar atau kemampuan Anda. Hal ini akan memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk berpikir bahwa mereka pantas mempekerjakan Anda.

Beri Komentar