Mandiri Syariah Salurkan Pembiayaan Ritel Rp42 Triliun

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 5 Juli 2019 15:36
Mandiri Syariah Salurkan Pembiayaan Ritel Rp42 Triliun
Bank syariah ini fokus kepada pembiayaan ritel.

Dream – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) fokus menggenjot bisnis ritel. Bank syariah ini menyebut mayoritas portofolio pembiayaan merupakan sektor ritel.

“ Manajemen Mandiri Syariah fokus pada segmen ritel,” kata Director Wholesale Banking Mandiri Syariah, Kusman Yandi, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 5 Juli 2019.

Menurut Kusman, total pembiayaan Mandiri Syariah per Mei 2019 sebanyak Rp71,01 triliun. Ada 61 persen di antaranya, atau Rp42,36 triliun, merupakan pembiayaan ritel.

Dari sisi pendanaan, dari sekitar Rp85,9 triliun, sekitar 54 persen, merupakan dana murah dengan jumlah rekening sekitar 7 juta.

Sampai dengan Mei 2019 aset Mandiri Syariah mencapai Rp98,7 triliun. Pembiayaan segmen ritel tumbuh 15 persen year on year (yoy).

Untuk menggenjot bisnis ritel, anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (Persero) bersinergi dengan Mandiri Group dalam layanan dan produk, seperti layanan syariah bank dan produk gadai emas bekerja sama dengan konter layanan gadai di Bank Mandiri.

1 dari 5 halaman

Sabet Penghargaan dari The Asset Triple A

Hal ini dikatakan ketika Mandiri Syariah menerima penghargaan Islamic Bank of the Year 2019, Indonesia, Indonesia Best Islamic Retail Bank dan Indonesia Best Islamic Trade Finance Bank dari The Asset Triple A yang berbasis di Hong Kong.

 Bank Mandiri Syariah menerima penghargaan dari The Asset Triple A.Bank Mandiri Syariah menerima penghargaan dari The Asset Triple A. © Bank Mandiri Syariah

 

Selain penghargaan tersebut, tahun 2019, The Asset Triple A juga menyematkan penghargaan Islamic Banker of the Year kepada Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari. Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Wholesale Banking Kusman Yandi atas nama Direktur Utama Mandiri Syariah.

Sementara penghargaan untuk Mandiri Syariah diterima oleh Senior Executive Vice Presiden Anton Sukarna dan group Head Product and Transaction Banking Cera Wirastuti.  

2 dari 5 halaman

Mandiri Syariah Beri Pembiayaan Rp600 M ke Angkasa Pura Support

Dream – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memberikan fasilitas pembiayaan kepada PT Angkasa Pura Support. Bank syariah ini memberikan pembiayaan dengan limit total Rp600 miliar.

Pemberian fasilitas ini tertuang dalam Perjanjian Line Facility Pembiayaan Investasi dan Modal Kerja. Dikutip dari keterangan tertulis Mandiri Syariah, Jumat 17 Mei 2019, Direktur Wholesale Banking Mandiri Syariah, Kusman Yandi, menyampaikan kerjasama pembiayaan tersebut merupakan bentuk sinergi antar anak perusahaan BUMN.

Pembiaayaan ini juga mendukung pengembangan layanan kebandarudaraan bagi masyarakat yang menjadi bagian Proyek Strategis Nasional (PSN).

“ Alhamdullilah, kami bersyukur kembali mendapatkan kesempatan berkontribusi dalam membangun infrastruktur negeri. Khususnya pengembangan layanan transportasi bagi masyarakat melalui kerjasama dengan perusahaan anak PT Angkasa Pura yaitu PT Angkasa Pura Support,” kata Yandi di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis Mandiri Syariah yang diterima Dream.

Sementara, itu Direktur Utama PT Angkasa Pura Suport Iwan Hartawan mengungkapkan, pembiayaan Mandiri Syariah akan digunakan untuk mendukung pengadaan fasilitas sarana pelengkap di bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura I.

Misalnya, Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA), dan Bandara Syamsuddin Noor Kalimantan Selatan.

3 dari 5 halaman

Juga Beri Layanan Perbankan Syariah Lainnya

Selain pembiayaan, Mandiri Syariah juga akan melayani jasa perbankan syariah lainnya, seperti pembiayaan rumah, kendaraan, cicil emas, dan umroh. Anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (Persero) ini juga akan melayani produk tabungan dan digital banking kepada Angkasa Pura Support.

Insya Allah, kami optimistis produk layanan Mandiri Syariah dapat mengakomodasi keinginan institusi dan karyawannya untuk berbank syariah. Semoga kerja sama ini menjadi berkah untuk semua pihak,” kata dia.

Sekadar informasi, penandatanganan perjanjian ini dilakukan Direktur Wholesale Banking Mandiri Syariah, Kusman Yandi, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura Suport, Iwan Hartawan.

Turut menyaksikan penandatanganan Direktur Utama Mandiri Syariah, Toni EB Subari, Direktur Keuangan, HR & GA PT Angkasa Pura Support, Sugiarto Panca Karyaningadi, serta Direktur Komersial dan Teknik, Trikora Harjo. (ism)

4 dari 5 halaman

Permudah Berwakaf, Mandiri Syariah Rilis Platform Wakaf Digital

Dream - PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) mempermudah masyarakat untuk berwakaf. Bank syariah ini meluncurkan platform wakaf digital, jadiberkah.id.

" Kita sama-sama tahu keinginan masyarakat Muslim untuk berbagi zakat dan wakaf besar. Itu yang memotivasi kami untuk memperluas platform wakaf digital," kata Direktur Utama Mandiri Syariah, Toni E. B. Subari, dalam peluncuran platform wakaf digital jadiberkah.id di Jakarta, Rabu 8 Mei 2019.

Direktur IT dan Operation Mandiri Syariah, Achmad Syafii, menyampaikan tujuan pembuatan aplikasi wakaf digital ini untuk mengakomodasi tingginya keinginan masyarakat dalam berbagi.

“ Seiring meningkatnya kelas Muslim menengah, kesadaran tentang berbagi serta meningkatnya pemanfaatan teknologi digital, masyarakat butuh wadah menyalurkan semangat berbagi yang transparan dan fleksibel dari sisi moda pembayaran dan waktu," kata Syafii.

Melalui platform tersebut diharapkan masyarakat umum yang belum menjadi nasabah Mandiri Syariah sekalipun dapat menjalankan wakaf dengan mudah, transparan, dan mendapat sertifikat wakaf sesuai ketentuan.

Saat ini, baru ada empat program wakaf yang ditawarkan di platform jadiberkah.id, yaitu Rumah Sakit Hasyim Asyari Dompet Dhuafa, RS AKA Medika Sribhawono, Pesantren Hafidz Lido Sukabumi, dan Khadijah Learning Center.

Sebelum resmi diluncurkan, masyarakat mulai antusias berwakaf melalui platform jadiberkah.id dengan jumlah sekitar 500-an orang.

" Kami optimistis keinginan berwakaf akan terus meningkat dan platform ini menjadi channel pilihan masyarakat," kata dia.

5 dari 5 halaman

Layanan Diperluas

Sebelum platform jadiberkah.id, Mandiri Syariah melayani wakaf digital melalui channel mobile banking. Namun, layanan tersebut terbatas melayani nasabah Mandiri Syariah.

Dia mengatakan pihaknya berusaha memenuhi kebutuhan ibadah umat Islam dengan menyediakan aplikasi arah kiblat, jadwal waktu shalat dan masjid terdekat, serta spiritual quotes bersamaan dengan layanan transaksi keuangan/perbankan dan kebutuhan berbagi.

" Nantinya kami berharap cukup dengan aplikasi Mobile banking, kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi bukan hanya transaksi tapi juga kebutuhan ibadah pun dapat terpenuhi," kata dia.

Sekadar informasi, peluncuran resmi dilakukan Direktur Utama Mandiri Syariah, Toni EB Subari bersama Direktur IT dan Operation Achmad Syafii, Direktur Wholesale Banking Kusman Yandi dan SEVP Anton Sukarna disaksikan jajaran Direksi dan dan delapan lembaga nazhir wakaf. Dua di antara nazhir tersebut telah bekerja sama dengan Mandiri Syariah yaitu Dompet Dhuafa dan Mandiri Amal Insani.

Bersamaan dengan launching jadiberkah.id Manajemen Mandiri Syariah juga menandatangi nota kesepahaman, Memorandum of Understanding (MoU) dengan enam nazhir atau pengelola wakaf yakni Badan Wakaf Indonesia, Yayasan Wakaf Al Azhar, Rumah Zakat Indonesia, Sinergi Foundation, Inisiatif Wakaf, dan Laznas BSM Umat. Ruang lingkup MoU meliputi layanan penerimaan wakaf, cash management, dan layanan perbankan lainnya.

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair