NASA Buat Sayembara Berhadiah Rp406 Juta, Mau Ikut?

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 2 Desember 2016 10:02
NASA Buat Sayembara Berhadiah Rp406 Juta, Mau Ikut?
Sayembara itu berhadiah US$30 ribu

Dream - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sedang mengeluarkan sayembara unik. Mereka sedang mencari ide terbaik untuk menyelesaikan persoalan buang air besar bagi para astronot yang mengenakan pakaian luar angkasa.

Menurut NASA, popok yang sementara ini menjadi solusi, hanya dapat dikenakan saat para astronot tanpa pakaian luar angkasa. Jadi selama peluncuran, pendaratan, atau pendaratan darurat, popok yang digunakan kerap membuat tak nyaman astronot.

Pemakaian popok terlalu lama di saat astronot menggunakan baju luar angkasa kerap menyebabkan infeksi dan iritasi pada kulit.

" Saya akan memberitahu Anda, penerbangan ruang angkasa tidak selalu glamor, di pesawat ruang angkasa orang-orang tetap harus pergi ke kamar mandi bahkan," kata astronot Richard Mastracchio dalam sebuah video promosi untuk Space Poop Challenge.

Untuk itulah NASA mengeluarkan sayembara itu. Mereka menawarkan US$30 ribu (Rp406 juta) bagi orang-orang yang dapat membuat dan menawarkan ide baju luar angkasa yang tetap nyaman digunakan para astronot dalam kondisi apapun.

" Bagaimana limbah ini diperlakukan sedemikian rupa sehingga tidak membahayakan astronot atau bahkan membunuh mereka? ... Ini adalah masalah kami dan kami meminta Anda untuk membantu," ucap dia dilansir dari laman Odditycentral

1 dari 2 halaman

Syarat Sayembara

Tetapi, untuk mengikuti sayembara ini, NASA memberi beberapa persyaratan. Pelamar, harus mempertimbangkan rancangan sistem baju luar angkasa yang mampu menangani limbah manusia tanpa menggunakan tangan hingga 144 jam.

Selain itu, baju luar angkasa itu harus mampu menangani limbah manusia pada tekanan medan magnet berdaya tiga hingga empat Gauss. Dan terakhir, sistem harus dirancang untuk kondisi ruang yang unik, di mana benda padat, cairan, dan gas mengambang di gaya berat mikro dan tidak mencampur tercampur.

Sayembara tersebut rencananya akan diadakan hingga 20 Desember 2016 mendatang. Pemenang akan diumumkan pada awal Januari 2017. Tertarik ikut? Klik tautan berikut.

2 dari 2 halaman

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya