Pangsa Pasar Halal RI Bertambah, Azerbaijan Buka Pasar Buat Indonesia

Reporter : Editor Dream.co.id
Selasa, 21 Juni 2022 17:12
Pangsa Pasar Halal RI Bertambah, Azerbaijan Buka Pasar Buat Indonesia
Tak hanya produk halal, Azerbaijan juga membuka peluang untuk kerja sama pariwisata halal Indonesia.

Dream - Pasar produk halal Indonesia di luar negeri semakin bertambah setelah pemerintah Azerbaijan membuka diri untuk produk-produk dari dalam negeri. Tak hanya itu, peluang wisata halal di Tanah Air juga memiliki prospek menjanjikan.

Peluang itu datang setelah Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mirzayev menemui Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin di Rumah Dinas Wapres di Jalan Diponegoro, Jakarta, Selasa, 21 Juni 2022.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama satu jam itu, Wapres berharap agar Dubes Azerbaijan bisa menjalin kerja sama dalam meningkatkan produk-produk nonmigas kedua negara.

Direktur Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri, Yohannes Jatmiko Heru Prasetyo mengatakan, Indonesia dan Azerbaijan selama ini telah menjalin hubungan bilateral di bidang Migas.

Ke depan, Wapres berharap Azerbaijan bisa menyeimbangkannya di sektor nonmigas. “ Sehingga neraca kita bisa menjadi lebih berimbang dan total perdagangan bisa lebih tinggi lagi ke depan,” ungkap Jatmiko dikutip dari laman wapresri.go.id.

1 dari 1 halaman

Jajaki Peluang Bisnis Halal

Secara khusus, Wapres dan Dubes Azerbaijan juga membahas peluang kerja sama di sektor industri halal. Dari perbincangan itu disepakati jika kedua negara memandang perlu peningkatan perdagangan kerja sama di bidang industri pariwisata halal dan produk-produk halal Indonesia bisa masuk ke Azerbaijan.

Pada kesempatan yang sama, Dubes Jalal menyampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia dalam berbagai forum internasional dan juga di dalam kerangka hubungan bilateral. Dubes juga membicarakan mengenai 30 tahun hubungan diplomatik yang akan dirayakan pada tahun 2022 ini.

" (Beliau) menyampaikan permintaan untuk bisa menjadi momentum bagi kedua negara untuk lebih meningkatkan hubungan bilateral kita, khususnya melalui exchange of visits dan peningkatan mekanisme bilateral,” ujar Jatmiko.

Beri Komentar