CONNECT WITH US!

Penampakan Calon Perusahaan Elite Dunia dari Medan

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Rabu, 6 Desember 2017 06:14
Pabrik Pengolahan Aluminium Di Inalum
Perusahaan ini menjadi induk dari raksasa tambang di Indonesia.

Dream - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) disiapkan untuk menjadi perusahaan yang digadang bisa menembus daftar elite dunia, Fortune 500. Jalan menuju impian itu sudah mulai dilakukan dengan membentuk induk holding BUMN industri pertambangan.

Inalum selama ini dikenala sebagai salah satu produsen aluminium dunia. Pernah menjadi perusahaan kerjasama dengan investor Jepang, Inalum memiliki pabrik peleburan aluminium dan fasilitas pendukung di area seluas 200 hektare di Kuala Tanjung, Batubara, Medan, Sumatera Utara.

Jurnalis Dream berkesempatan untuk mengintip pabrik peleburan aluminium Inalum. Ada empat pabrik di Inalum yang dikunjungi yaitu pabrik karbon, pabrik reduksi, pabrik penuangan, dan gas cleaning system.

 Inalum

General Manager Umum Inalum, Ismadi Y. S , menjelaskan pabrik karbon ini memproduksi blok anoda yang akan digunakan untuk melebur aluminium.

" Anoda ini digunakan untuk reaksi peleburan aluminium," kata Ismadi, Selasa 5 Desember 2017.

 Inalum

Sementara di pabrik peleburan, terlihat 510 tungku pembakaran yang sehari-hari digunakan untuk melebur aluminium. Tungku reduksi ini akan mengubah bubuk alumina menjadi aluminium cair.

Setiap tahunnya, dari Pabrik tersebut keluar 260 ribu ton aluminium cair. Bahan inilah yang akan dibawa ke percetakan aluminium di pabrik penuangan.

 Inalum

 

General Manager di bagian penuangan Inalum, Agus Wibowo, menjelaskan aluminium akan diolah menjadi aluminium batangan (ingot). 

 Inalum

" Di sini ada tiga produk aluminium, yaitu aluminium ingot, alloy, dan billet," kata Agus.

Dia berkata aluminium batangan Inalum ini dikirim ke tiga tempat, yaitu Surabaya, Jakarta, dan Medan.

 Inalum

 

" Sebagian besar digunakan untuk domestik karena kebutuhan aluminium dalam negeri cukup besar," kata Agus.

10 Fakta Menarik di Balik 'COCO' yang Wajib Kamu Tahu