Begini 'Showroom' Hewan Kurban ala Haji Doni

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 17 September 2015 15:02
Begini 'Showroom' Hewan Kurban ala Haji Doni
Haji Doni mengubah showroom mobil miliknya sebulan terakhir menjadi mal hewan kurban.

Dream - Untuk sementara waktu, jangan berharap bisa menemukan mobil terjejer rapi di salah satu showroom yang terletak di Jalan Akses UI, Depok, Jawa Barat. Lebih baik mencari mobil di tempat lain.

Si pemilik showroom yang kerap dikenal dengan sebutan Haji Doni sedang tidak ingin jualan mobil barang satu bulan saja. Dia mengganti mesin-mesin pengangkut itu dengan sapi dan kambing.

Ini semata hanya untuk menyambut riuhnya Idul Adha, yang biasanya akan ada banyak orang lebih menyukai membeli sapi dan kambing ketimbang mobil.

" Biasanya sebulan menjelang Idul Adha kami mengubah showroom mobil ini menjadi kandang sapi. Mobil-mobil dipindah ke showroom lainnya," ujar Doni kepada Dream di sela aktivitasnya melayani pembeli hewan kurban, Kamis, 17 September 2015.

Sebagai pedagang, inovasi tentu dibutuhkan agar barang dagangan laris. Prinsip itu dipahami betul oleh Doni.

Dia lalu membuat inovasi lain, yaitu menggunakan jasa Sales Promotion Girl (SPG) untuk menjual hewan-hewan kurban miliknya. Alhasil, lapaknya pun menerapkan konsep mal.

" Mereka adalah karyawan saya di bidang usaha lain. Kemudian diperbantukan di sini. Jadi tidak menambah margin pengeluaran," jelasnya.

Tak hanya itu, dirinya juga menambahkan fasilitas lain seperti ruangan ber-AC dan sistem pembayaran dengan kartu kredit. Dia seolah ingin menegaskan tempat jualan hewan kurbannya mirip dengan mal.

" Ya kami ingin menegaskan konsep mal hewan kurban itu. Makanya, pembayarannya pun bisa dilakukan melalui kartu kredit," ungkap dia.

Untuk hewan kurban dagangannya, Doni memiliki empat kategori. Para pembeli bisa memilih hewan kurban sesuai kategori yang dirasa cocok.

" Kami menyediakan empat kategori sapi yang dijual. Dari kelas middle, middle up, premium, hingga eksekutif," jelasnya.

Tiap harinya, dirinya mengatakan, bisa menjual hingga 50-100 ekor sapi. Sapi-sapi bakal hewan kurban itu dijual dari rentang harga Rp 13 juta hingga Rp 400 juta.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara