Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Peserta CPNS 2019 Bisa Protes Jika Tak Lolos Seleksi Administrasi

Peserta CPNS 2019 Bisa Protes Jika Tak Lolos Seleksi Administrasi Peserta CPNS 2019 Yang Tak Lolos Seleksi Adminstrasi, Bisa Melayangkan Bantahan, Lho. (Foto: Setkab.go.id)

Dream – Ada yang menarik di rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 kali ini. Pelamar yang dinyatakan tidak lolos seleksi adminstrasi bisa mengajukan protes.

“Pada pelaksanaan seleksi CPNS 2019, bagi pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (ITMS) seleksi administrasi, diberikan waktu sanggah,” kata Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 29 Oktober 2019.

Waktu sanggah yang diberikan kepada peserta maksimal 3 hari setelah pengumuman. Kementerian dan Pemda yang mendapat protes itu diwajibkan menjawab sanggahan maksimal 7 hari setelah menerima laporan.

Ridwan menyarankan, untuk menghindari ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi administrasi, peserta harus mempersiapkan dokumen-dokumen dengan baik.

“(Peserta) hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan,” kata dia.

Sekadar informasi, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 resmi dibuka pada 11 November 2019. Pemerintah akan membuka 152.286 formasi.

Rinciannya, instansi pusat ada 37.425 formasi di 68 kementerian/lembaga dan daerah 114.861 di 462 pemerintah daerah.

Ada dua jenis formasi yang akan dibuka tahun ini, yaitu formasi umum dan khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas di instansi pusat dan daerah. Ada juga formasi khusus putra-putri Papua dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat.

Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru 63.324 formasi, tenaga kesehatan 31.756 formasi, dan fungsional 23.660 formasi. “Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar 1 formasi di 1 instansi,” kata dia.

Resmi! Pendaftaran CPNS 2019 Diumumkan 11 November

Dream – Kabar baik bagi para peminat Pegawai Negeri Sipil (PNS). Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya resmi mengungkapkan jadwal pengumuman dan pendaftaran CPNS 2019 akan dibuat pada 11 November 2019 mendatang.

Berbeda dari sistem seleksi sebelumnya, jadwal pendaftaran CPNS 2019 akan dilangsungkan di tanggal yang sama. 

“Pengumuman tersebut akan diikuti oleh pembukaan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 11 November 2019 mendatang,” kata Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 28 Oktober 2019.

 

 

Ridwan mengatakan hal ini tertuang dalam Pengumuman Menteri PANRB No. B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Menurut Ridwan, pemerintah tahun ini tidak akan membuka formasi tenaga administrasi karena jumlahnya sudah mencapai separuh dari total PNS di Indonesia.

Penerimaan CPNS 2019 akan difokuskan pada formasi yang bisa berkontribusi memberikan perubahan.

Siapkan Dokumen Ini!

Bagi masyarakat yang berminat, kata Ridwan, ada sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan. Dokumen-dokumen itu adalah scan KTP asli, pas foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya disyaratkan olen instansi.

Dokumen-dokumen ini diperlukan untuk diunggah saat pendaftaran online.

“Dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 diharapkan mempubikasikan pengumuman resmi pada situs web dan media sosial masing-masing,” kata dia.

Jangan Lupa Baca Ketentuan Pendaftaran

Ridwan menekankan masyarakat untuk membaca ketentuan rekrutmen CPNS di portal SSCASN. Kalau ada kesulitan, pelamar bisa mendapatkan informasi di kanal frequently asked question (FAQ) yang menyediakan jawaban atas masalah yang sering dihadapi pelamar.

Kalau tak tersedia jawabannya, BKN juga menyediakan kanal helpdesk untuk media pengaduan.

“Dalam kanal tersebut akan tertuang sejumlah tahapan pengaduan yang dapat dilakukan pelamar untuk kemudian disampaikan solusinya oleh petugas helpdesk darin,” kata dia.

Ridwan menambahkan BKN juga akan membuka kanal helpdesk offline di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjend Sutoyo No. 12 Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN. “Kanal ini akan memberikan solusi jika kendala pelamar tidak terselesaikan melalui penjelasan FAQ dan helpdesk daring,” kata dia. 

Dibuka 11 November, Ini Formasi CPNS 2019 yang Dibutuhkan

Dream – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 resmi dibuka pada 11 November 2019. Pemerintah akan membuka 152.286 formasi.

Rinciannya, instansi pusat ada 37.425 formasi di 68 kementerian/lembaga dan daerah 114.861 di 462 pemerintah daerah.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan, mengatakan pemerintah tak membuka formasi administrasi kali ini. Dikatakan bahwa jumlah jabatannya hampir separuh dari total formasi CPNS di Indonesia.

“Saat ini, pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan,” kata Ridwan di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 29 Oktober 2019.

Rincian Formasi

Ada dua jenis formasi yang akan dibuka tahun ini, yaitu formasi umum dan khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas di instansi pusat dan daerah.

Ada juga formasi khusus putra-putri Papua dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat.

“Formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya,” kata dia.

Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru 63.324 formasi, tenaga kesehatan 31.756 formasi, dan fungsional 23.660 formasi.

“Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar 1 formasi di 1 instansi,” kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Seleksi CPNS 2024 Bakal Dibuka Maret, Simak Jadwalnya

Seleksi CPNS 2024 Bakal Dibuka Maret, Simak Jadwalnya

Ini jadwal untuk tiga periode perekrutan CPNS di tahun 2024

Baca Selengkapnya
Siapkan Berkas, Rekrutmen CPNS dan PPPK Sebanyak 1,2 Juta Formasi Dibuka Bulan Ini

Siapkan Berkas, Rekrutmen CPNS dan PPPK Sebanyak 1,2 Juta Formasi Dibuka Bulan Ini

Pemerintah buka formasi CASN untuk 1,2 juta lowongan

Baca Selengkapnya
Rekrutmen CPNS 2024 Dibuka 3 Kali, Peserta Hanya Boleh Ikut Sekali Seleksi

Rekrutmen CPNS 2024 Dibuka 3 Kali, Peserta Hanya Boleh Ikut Sekali Seleksi

Meskipun dibuka 3 kali setahun, peserta hanya bisa ikut seleksi CPNS satu kali.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Dibuka Januari 2024, Rekrutmen CPNS Terbuka Buat Fresh Graduate dan Lulusan SMA

Dibuka Januari 2024, Rekrutmen CPNS Terbuka Buat Fresh Graduate dan Lulusan SMA

Kuota terbesar CPNS 2024 akan dialokasikan untuk fresh graduate maupun lulusan SMA Sederajat

Baca Selengkapnya
Pemerintah Buka Loker 225 Ribu CPNS Fresh Graduate Khusus IKN, Cek Jadwalnya

Pemerintah Buka Loker 225 Ribu CPNS Fresh Graduate Khusus IKN, Cek Jadwalnya

Direncanakan ada 225.000 CPNS yang ditempatkan di IKN.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! POV Kerja Hari Pertama

NOTED KAK! POV Kerja Hari Pertama

Sahabat Dream, kalian ada gak yang vermak CV biar diterima kerja? Nah, begini jadinya jika kamu berlebihan menulis profil.

Baca Selengkapnya