Tata Cara Daftar CPNS 2018 dan Dokumen Persyaratannya

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 19 September 2018 10:15
Tata Cara Daftar CPNS 2018 dan Dokumen Persyaratannya
Pendaftaran dilakuan terpusat di portal sscn.bkn.go.id. Jangan sampai ketinggal dokumen dan salah input data ya.

Dream - Penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 diumumkan hari ini (Rabu, 19 September 2018). Total akan ada 238.015 formasi yang membutuhkan abdi negara baru.

Ratusan ribu pelamar terpilih itu nantinya akan mengsi 51.271 formasi CPNS di pemerintah pusat dan 186.744 di daerah.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) BKN Moh. Ridwan, mengatakan hari ini situs sscn.bkn.go.id akan dibuka. Tapi, informasi yang ditampilkan hanya formasi dan syarat setiap K/L/D.

“ Pembukaan penerimaan melalui web tersebut akan diumumkan kemudian,” kata dia.

Waktu pendaftaran kemungkinan akan dilakukan berlainan. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam unggahan Instagramnya menyebut penerimaan pegawai CPNS baru akan dilaksanakan pada 26 September 2018.

Nah, daripada terlambat mendaftar sebaik kamu menyiapkan dokumen yang diperlukan dan tahu tata cara mendaftar.

Banyak lho yang melepaskan kesempatan hanya karena salah dalam proses pendaftaran.

 

1 dari 2 halaman

Dokumen Persyaratan Daftar CPNS 2018

Pastikan dokumen persyaratan untuk melamar satu formasi CPNS 2018 sudah kamu pegang. Jika masih tercecer atau tertinggal di kampung halaman, sebaiknya segera minta diantarkan dikirimkan.

Dalam persyaratannya, penerimaan CPNS 2018 kali ini setidaknya meminta dokumen seperti kartu keluarga, kartu tanda penduduk, ijazah, transkrip nilai.

Jangan lupa pula untuk menyiapkan pas foto dalam bentuk softcopy dengan format jpg atau JPEG. Ukuran yang ditetapkan adalah minimal 120 kilobyte dan maksimal 200 kb.

Kamu juga harus siap-siap menyiapkan dokumen lain karena setiap instansi bisa saja meminta persyaratan tambahan.

 

2 dari 2 halaman

Ini Tahapan Proses Mendaftar di Portal SSCN

Jika seluruh dokumen sudah kamu pegang, langkah berikutnya adalah membuka laptop atau personal computer kamu. Seperti diketahui proses pendaftaran seleksi CPNS 2018 hanya dapat dilakukan lewat website https://sscn.bkn.go.id.

Pertama kali kamu harus mengakses situs tersebut di atas. Masuklah ke menu registrasi. Di kolom ini kamu akan diminta memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), atau NIK Kepala Keluarga.

Pastikan kamu sudah memiliki alamat email aktif untuk mendapatkan password akun portal sscn dan pertanyaan keamanan jika lupa kode rahasia.

Seleksi CPNS Resmi Dibuka Hari Ini, Kamu Sudah Siap?© MEN

Tahap pertama selesai setelah kamu mencetak kartu informasi akun SSCN 2018.

Selanjutnya kamu hrus kembali mengakses portal SSCN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

Di tahap ini, pelamar akan diminta mengunggah foto diri memegang KTP dan kartu, informasi akun sebagai bukti telah melakukan pendaftaran pelamar melengkapi biodata.

Setelah semua berhasil diinput, kamu akan diminta memilih instansi, formasi, dan jabatan sesuai pendidikan. Ingat ya, formasi yang dipilih hanya boleh satu dan satu instansi.

Selesai memilih formasi, kamu akan diminta melengkapi data pada form yang tersedia dan megunggah dokumen persyaratan yang diperlukan. Pastikan semua informasi yang diinput sudah benar pada form resume.

Terakhir, kamu akan diminta mencetak kartu pendaftaran SSCN 2018.

Nah tugas kamu mendaftar seleksi CPNS 2018 telah selesai. Selanjutnya dokumen kamu akan diverifikasi oleh tim yang akan melihat berkas atau dokumen yang diunggah sesuai persyaratan yang diminta.

Untuk mereka yang lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian untuk digunakan mengikuti proses seleksi lanjutan.

Selamat mencoba ya Sahabat Dream. Jangan lupa berdoa.

Beri Komentar