Ingin Artis Patuh Bayar Pajak, Ini Saran Ahmad Dhani

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 10 November 2016 08:40
Ingin Artis Patuh Bayar Pajak, Ini Saran Ahmad Dhani
Direktorat Jenderal Pajak ingin meningkatkan partisipasi artis untuk membayar pajak.

Dream – Musisi yang mulai aktif menjajal dunia politik, Ahmad Dhani, menilai masih banyak kalangan artis yang tidak mengetahui persis ketaatannya dalam hal pajak. Sikap itu muncul bukan lantaran artis yang enggan membayar pajar.

Dhani menceritakan para selebritis yang menerima order tampil biasanya tak terlalu memperhatian urusan pembayaran pajak. 

“ Artis nggak tahu siapa yang membayar pajak, artisnya atau EO-nya," ujar Ahmad Dhani yang ditemui usai mendatangani Kantor Pusat Ditjen Pajak di Jakarta, dikutip Dream, Kamis, 10 November 2016.

Berbekal pengalamannya itu, Dhani pun mengusulkan agar aparat Pajak mulai menjalin kerja sama dengan perusahaan penyelenggara event. (event organizer/EO). Selain meningkatan penerimaan negara, cara ini juga bisa membantu upaya pemerintah meningkatkan kepatuhan pajak para selebritis.

Dhani justru meminta Ditjen Pajak tidak menembak langsung artis untuk pembayaran pajak. 

“ Salah satunya (yang) saya usulkan, EO harus bekerja sama dengan kantor Pajak. Kalau EO tidak bekerja sama dengan kantor Pajak, secara hukum (EO itu) ilegal,” kata dia.

Lewat mekanisme ini, nantinya perusahaan EO bisa memotong bayaran dari musisi atau artis yang diundangnya. Hasil uan pemotongan itulah yang akan disetorkan kepada kantor Pajak.

Dalam pertemuan tersebut, Dhani memang diminta sarannya oleh Ditjen Pajak terkait upaya meningkatkan kersama meningkatkan pajak dari para artis. Dhani juga kabarnya diminta kesediaannya untuk dimasukkan dalam daftar 10 artis pembayar pajak tertinggi di Indonesia. 

“ Ngobrol-ngobrol saja (tentang) kemungkinan untuk kerja sama meningkatkan pajak dari artis bagaimana caranya. Pajak maupun PPATK dan lainnya, kan, nggak tahu sumber dana artis dari mana. Saya termasuk yang ditanya dari mana itu, dari royalty, saya jelaskan dan lainnya,” kata dia di Jakarta, ditulis Kamis 10 November 2016.(Sah)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More