Viral Baju Mirip Seragam Pramugari Singapore Airlines Dijual Rp800 Ribuan, Perancangnya Sebut Vintage African

Reporter : Alfi Salima Puteri
Sabtu, 25 Juni 2022 12:30
Viral Baju Mirip Seragam Pramugari Singapore Airlines Dijual Rp800 Ribuan, Perancangnya Sebut Vintage African
Seragam dengan model kebaya sarung ini terbuat dari batik tradisional Asia dan telah menjadi ciri khas Singapore Airlines.

Dream - Setiap menggunakan transportasi pesawat pasti Sahabat Dream akan disambut pramugari atau pramugara berpenampilan menarik. Biasanya pramugari identik dengan figur perempuan cantik, langsing, dan tinggi.

Namun tidak hanya penampilan fisik saja, ada hal lain yang menarik dari seorang pramugari dan menjadi pembeda dari maskapai penerbangan.

Jika hampir semua pilot memiliki seragam yang sama, maskapai membuat perbedaan khas untuk seragam pramugari. Selain memberikan kenyamaan saat bertugas, seragam juga menjadi ciri khas dari masing-masing maskapai.

Perusahaan maskapai penerbangan tidak segan-segan merancang desain khusus yang bisa menggambarkan identitas mereka di mata penumpang.

Seperti maskapai Singapore Airlines yang juga identik dengan seragam pramugarinya. Melansir laman resminya, seragam tersebut dirancang khusus oleh desainer busana Paris, Pierre Balmain pada tahun 1968. Seragam dengan model kebaya sarung ini terbuat dari batik tradisional Asia dan telah menjadi ciri khas Singapore Airlines.

Seragam Pramugari Singapore Airlines.© singaporeair.com

1 dari 4 halaman

Meski kebaya sarung biru tetap menjadi merek dagang Singapore Airlines, ada empat warna yang berbeda. Masing-masing mewakili jabatan pramugari yang mengenakannya.

Seragam Pramugari Singapore Airlines.© singaporeair.com

Saking populernya, versi tiruan dari baju tersebut beredar di pasaran dan bahkan diklaim sebagai produk yang berasal dari Afrika.

Hal ini diketahui dari cuitan seorang pengguna Twitter, @leyylaaah yang mengunggah tangkapan layar sebuah situs e-commerce berbasis di London, yakni Depop.

2 dari 4 halaman

Dalam tangkapan layar tersebut terlihat e-commerce tersebut menjual satu set kebaya dengan rok yang diduga mirip dengan seragam pramugari Singapore Airlines.

Set kebaya dan rok itu dijual seharga 49 pound sterling atau sekitar Rp892 ribu.

Baju mirip seragam pramugari Singapore Airlines.© Akun Twitter @leyylaaah

Namun hal yang mengejutkan pengguna Twitter tersebut adalah Depop mendeskripsikannya sebagai gaun vintage Ankara Afrika.

Ankara merupakan kain yang teknik pembuatannya seperti batik, tapi penuh motif yang kaya warna.

3 dari 4 halaman

" Depop keterlaluan, bagaimana bisa kalian menjual seragam Singapore Airlines dan menyebutnya dengan Vintage African?" tulis pengguna Twitter tersebut pada Rabu, 22 Juni 2022.

Depop juga menampilkan model perempuan yang mengenakan sarung kebaya sambil berpose dengan cara tidak biasa. Ia tampak memadukan seragam dengan loafers sandals hitam dan anting-anting besar.

Baju mirip seragam pramugari Singapore Airlines.© Akun Twitter @leyylaaah

Cuitan itu pun menuai atensi warganet dan berujung viral. Hingga berita ini disusun, cuitan tersebut mendapat 15.300 likes dan 4.555 retweets.

4 dari 4 halaman

mengenakan ini sebagai pakaian sehari-hari? Mereka akan mengira membeli barang antik yang bagus. Namun kenyataannya, mereka hanya membeli seragam Singapore Airlines," komentar warganet.

" Pas dipakai naik pesawat, laaahh kok samaan?" komentar warganet lainnya.

" Gua punya lagi batiknya," sahut warganet.

" Sumpah SD gua juga punya nih baju wkwkwkkw," sahut yang lainnya.

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More