Viral Penampakan Uang Redenominasi Rupiah Rp100 Bergambar Jokowi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 8 Februari 2021 13:45
Viral Penampakan Uang Redenominasi Rupiah Rp100 Bergambar Jokowi
Apa kata warganet?

Dream – Peselancar dunia maya dan aplikasi perpesanan ramai membahas penampakan uang hasil redenominasi rupiah. Penampakan desain uang pecahan Rp100 itu bergambar wajah Presiden Joko Widodo.

Penampakan uang tersebut salah satunya muncul di akun Instagram @jakarta.keras, dikutip Dream, Senin 8 Februari 2021.

Di video itu terlihat uang berwarna merah dengan pecahan Rp100. Selain tulisan uang pecahan Rp100, uang itu juga memperlihatkan logo “ Bank Indonesia”. Dijelaskan nominal uang tersebut setara dengan Rp100 ribu setelah redenominasi.

Nantinya, uang Rp1.000 akan menjadi Rp1, Rp50 ribu jadi Rp50, dan Rp100 ribu jadi Rp100.

“ Katanya, Indonesia mau redenominasi. Jadi, mata uangnya mau dikecilin nominalnya kayak dollar gitu,” tulis video TikTok @aku.ijot yang diunggah ulang oleh akun Instagram @jakarta.keras.

Viral uang redenominasi pecahan Rp100.© Akun Instagram @jakarta.keras

 

1 dari 3 halaman

Setuju Asalkan Begini

Unggahan ini menuai beragam reaksi dari warganet. Beberapa orang setuju dengan langkah pemerintah menyederhanakan nominal uang lewat redenominasi tanpa mengurangi nilainya.

Beberapa netizen lain menyarankan agar foto yang terpampang di uang tersebut bukanlah dari gambar presiden sekarang, melainkan para pahlawan. Bahkan, mereka menyarankan uang Rp100 redenominasi ini tetap bergambar Soekarno-Hatta.

“ Setuju, tapi fotonya Pak Soekarno aja,” tulis @leo_vinn.

“ Kalau gambarnya Soekarno Hatta, gue nggak masalah,” tulis @indrikaorin.

2 dari 3 halaman

Jangan Berubah

Namun warganet yang lain meminta Indonesia tetap mempertahankan nominal uang seperti yang ada saat ini. Mereka khawatir perubahan hanya akan membuat masyarakat bingung dalam bertransaksi.

“ Udah nyaman sama yang lama. Jangan berubah, ya,” tulis @indahbrl.

“ Paling tinggal bingung ngembaliinnya,” tulis @maurynskrngtys.

“ Kecilin mah harga barangnya, ngapain nominal uangnya,” tulis @rafiputraal_.

“ Mau diganti kayak apa juga intinya gue nggak punya duit,” tulis @sahnaaaz.

3 dari 3 halaman

Redenominasi Baru Sebatas Wacana

Untuk diketahui, hingga saat ini wacana redenominasi tak kunjung dijalankan pemerintah. Berhembus di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan kembali bergulir di kabinet pertama Joko Widodo-Jusuf Kalla, rencana redenominasi hanya bergulir sebatas wacana. 

Hingga saat ini belum ada pembahasan antara pemerintah dan DPR tentang rencana redenominasi. Kalaupun dibahas di DPR, tidak sampai menghasilkan keputusan apapun. 

Redenominasi adalah upaya penyederhanaan nominal uang yang beredar saat ini tanpa mengurangi nilainya. Kebijakan ini berbeda dengan sanering yang memangkas nilai uang. Kebijakan serupa pernah dijalankan Turki, Korea Selatan, dan Brasil.(Sah) 

Beri Komentar