Perusahaan di China Ketahuan Pasang Kamera di Toilet Kantor, Alasannya Bikin Emosi Netizen

Reporter : Alfi Salima Puteri
Sabtu, 24 September 2022 08:20
Perusahaan di China Ketahuan Pasang Kamera di Toilet Kantor, Alasannya Bikin Emosi Netizen
Dalam foto-foto yang beredar secara online tersebut, menunjukkan tindakan disiplin yang diduga disarankan oleh departemen sumber daya manusia.

Dream - Sebuah perusahaan di China mendapat kecaman dari warganet karena keputusan kontroversialnya memasang kamera pengintai di atas bilik toilet. Perusahaan berdalih kamera itu hanya digunakan untuk memantau kinerja karyawan selama jam istirahat.

Melansir laman Oddity Central, Jumat, 23 September 2022, perusahaan tersebut bergerak di bidang teknologi dan beroperasi di Xiamen, Provinsi Fujian. Perusahaan dilaporkan memasang kamera di atas bilik toilet karyawan untuk memantau penggunaan telepon selama istirahat di toilet.

Foto-foto yang diambil dari rekaman kamera toilet baru-baru ini beredar di media sosial China, hingga menjadi perbincangan viral warganet.

Tidak lama kemudian seseorang mengenali latar belakang sebagai toilet China Aviation Lithium Battery Technology Co., Ltd di Xiamen, sebuah perusahaan BUMN China yang memproduksi baterai lithium.

Dalam foto-foto yang beredar secara online tersebut terlihat tindakan disiplin yang diduga dijatuhkan oleh departemen sumber daya manusia dari perusahaan itu.

1 dari 2 halaman

Dilaporkan dua karyawan telah dipecat sementara satu karyawan lainnya dijatuhi hukuman berat dan skor kinerja bulanan mereka dipotong menjadi nol.

Media lokal yang mengkonfirmasi informasi viral tersebut melaporkan perusahaan telah mengeluarkan pernyataan resmi dengan mengakui foto yang bocor telah direkam oleh sistem pengawasannya.

Namun manajemen perusahaan mengatakan kamera baru dipasang tahun ini dengan tujuan tunggal untuk memantau karyawan yang merokok di toilet kantor.

Dari foto yang beredar memang terekam ketiga pegawai yang tertangkap kamera tengah memegang rokok yang menyala di tangan mereka. Selain itu, mereka juga terlihat sambil memegang smartphone mereka.

Kamera yang dipasang oleh perusahaan di China untuk memantau karyawannya.© Oddity Central

2 dari 2 halaman

Terlepas dari alasan perusahaan menjatuhkan sanksi karena pelanggaran tersebut, sebagian besar pengguna media sosial China mengecam tindakan memasang kamera pengintai di bilik toilet.

“ Ya Tuhan! Bagaimana dengan privasi?” tanya seorang pengguna Weibo.

“ Mereka memperlakukan orang seperti binatang, tanpa rasa hormat dan kemanusiaan sedikit pun,” sahut akun lainnya.

Brigade Pengawasan Keamanan Tenaga Kerja Distrik Xiamen Xiang’an dilaporkan sedang melakukan penyelidikan dalam kasus ini.

Para ahli hukum menilai menajamen perusahaan perlu dimintai pertanggungjawaban karena telah memutuskan memasang kamera di area non-publik toilet yang bisa melanggar privasi karyawan.

Beri Komentar