Wow! Kapal Super Jumbo Bakal Merapat di Jakarta

Reporter : Syahid Latif
Senin, 17 April 2017 12:29
Wow! Kapal Super Jumbo Bakal Merapat di Jakarta
Ini adalah pertama kalinya pelabuhan Tanjung Priok menyambut kapal raksasa tersebut.

Dream - Untuk pertama kalinya dalam sejarah pengangkutan laut, Indonesia akan kedatangan sebuah kapal peti kemas berukuran raksasa. Kapal besar berkapasitas 10.000 teus akan merapat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan, kapal peti kemas raksasa itu rencananya akan merapat di pelabuhan di utara Jakarta itu pada pekan ini.

" Dan insya Allah nanti hari Minggu ya, hari Minggu depan itu akan ada sebuah kapal besar 10.000 TEUs yang akan merapat ke Tanjung Priok,” ungkap Jokowi saat meresmikan jalan tol akses Tanjung Priok dikutip Dream dari laman Setkab, Senin, 17 April 2017.

Menurut Jokowi kedatangan kapal bermuatan besar itu salah satu cita-cita yang telah dipendam Indonesia selama berpuluh-puluh tahun.

Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Priok© indonesiaport.co.id

Kedatangan kapal peti kemas ukuran jumbo ini bertepatan dengan diresmikannya jalan tol akses Tanjung Priok. Momen ini akan dimanfaatkan pemerintah dalam upaya menurunkan biaya-biaya logistik serta mempercepat proses pengiriman atau kedatangan barang dari dan ke Indonesia.

Diakui Jokowi, pembangunan jalan tol ini memerlukan perjuangan beat. Saat menjabat gubernur DKI, Jokowi mengaku ingat betul sulitnya proses pembebasan lahan proyek tersebut.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan tol akses Tanjung Priok© Setkab.go.id

“ Saya ingat sekali, terakhir yang urusan pembebasan ada di pojok sana. Sehingga kita mundur, mundur hampir 2,5 tahun,” ungkap Presiden.

Setelah turun ke lapangan beberapa kali, masalah pembebasan lahan bisa diatasi. Namun muncul masalah baru. Struktur 69 tiang yang sudah dibangun harus diganti sesuai spesifikasinya.

“ Sehingga juga baru bisa dimulai lagi, mungkin mundur jalan tol ini kurang lebih 5-6 tahun, harus mundur,” ujarnya.

Dengan beroperasinya Jalan Tol Akses Tanjung Priok ini, pemerintah berharap dilewati kurang lebih 3.600 truk kontainer setiap hari. Lalu lalang kendaraan yang menurut presiden sangat besar sekali.(Sah)

Beri Komentar