Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

11 Asupan Sehat Pereda Sakit Lutut Alami

11 Asupan Sehat Pereda Sakit Lutut Alami Sumber: Shutterstock

Dream- Sakit lutut bisa terjadi kapan saja, bisa dikarenakan oleh asam urat, cedera, atau penyakit lutut lainnya. Faktor usia juga mempengaruhi kepadatan tulang dan kelenturan sendi, sehingga akan mempengaruhi kesehatan lutut.

Sakit di area lutut berupa nyeri dan pegal, membuat kita kesulitan menggerakan kaki. Terutama saat berlari, bangkit dari duduk atau berjongkok terlalu lama.

Ada banyak solusi yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakit pada lutut, tergantung pada penyebabnya. Seperti meminum obat resep dari dokter, memakai salep atau bisa juga dengan makanan sehat berikut ini.

Makanan sehat pereda sakit lutut ini baik dikonsumsi oleh siapa saja, dan tidak terbatas pada penyebab khusus sakit lutut.

Wortel dan Cuka Apel

1. Wortel

Makanan Sehat

Sudah bukan rahasia lagi kalau kandungan yang terdapat dalam wortel sangat baik untuk penglihatan. Tapi, masih banyak yang belum tahu kalau wortel juga bermanfaat untuk meredakan rasa sakit pada lutut. Pengobatan nyeri lutut dengan wortel ternyata sudah dilakukan oleh masyarakat kuno China sejak dulu.

Kandungan beta karoten dan vitamin A-nya memiliki sifat anti peradangan yang kuat, sehingga mampu meredakan nyeri dan sakit pada lutut. Cara mengolahnya juga sangat mudah, cukup dengan mencampurkan wortel ke sayur atau bisa langsung dimakan mentah.

2. Cuka Apel
Memanfaatkan cuka apel untuk meredakan sakit lutut bisa dilakukan dengan mencampurkan beberapa tetes cuka apel ke salad. Bisa juga dengan mencampur cuka apel dengan minyak zaitun, kemudian memakainya sebagai minyak pijat lutut.

Tanaman Rimpang

3. Kunyit
Selain wortel, kandungan curcumin dalam kunyit juga memiliki kemampuan anti peradangan yang baik untuk meredakan nyeri dan sakit lutut.

Pemanfaatan kunyit untuk mengurangi risiko cedera lutut dan menyehatkan sendi sudah dilakukan selama berabad-abad lalu. Selain itu, kandungan ibuprofen dalam kunyit juga berperan penting dalam meredakan nyeri di lutut.


4. Jahe

Makanan Sehat

Tidak hanya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bermanfaat untuk meredakan nyeri dan sakit lutut. Bahan aktif gingerol dalam jahe merupakan senyawa anti peradangan yang kuat. Inilah yang membuat jahe ampuh untuk mengurangi rasa nyeri, tak hanya di lutut saja.

Kita bisa memanfaatkan jahe dengan menambahkannya ke makanan atau dengan menumbuknya dan menggosokkannya ke lutut.

Kacang dan Gandum

5. Kacang Kenari

Makanan Sehat

Kacang kenari atau walnuts merupakan salah satu dari jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan yang tinggi. Dua kandungan ini tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh saja, tapi juga baik untuk meredakan nyeri lutut.

Manfaat lain dari mengonsumsi kacang kenari secara teratur, yaitu mampu menurunkan berat badan dan mengurangi stres pada sendi lutut.


6. Gandum

Makanan Sehat

Biji gandum dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat seperti, roti tawar, oats, quinoa dan masih banyak lagi lainnya. Mengonsumsi gandum yang kaya serat mampu mengurangi peradangan penyebab nyeri dan sakit lutut. Namun, berbeda dengan makanan olahan gandum, yang justru akan memperparah peradangan.

Buah-buahan

7. Avokad
Avokad memang dikenal mengandung lemak sehat dan omega-3 yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, avokad juga mengandung asal oleat yang mampu meredakan peradangan, terutama peradangan di persendian lutut.


8. Ceri

Makanan Sehat

Selain alpukat, buah ceri merah juga baik untuk meredakan rasa sakit lutut, terlebih sakit lutut kronis. Dalam buat ceri terdapat kandungan antosianin yang membuat ceri berwarna merah, kandungan ini jugalah yang bekerja meredakan peradangan di sendi lutut.

Pasien yang menderita penyakit sendi gout, biasanya akan merasakan nyeri yang sakit karena kristal keras yang terbentuk di persendian. Untuk meredakan rasa nyeri ini, pasien bisa mengonsumsi ceri merah.

Minyak Alami dan Cabe

9. Minyak Mustard

Makanan Sehat

Minyak mustard yang alami mampu meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan. Kandungan allicin dalam mustard sangat baik untuk mengurangi peradangan penyebab sakit lutut.

Namun, hati-hati dalam membeli minyak mustard, karena tidak semua produk minyak mustard mengandung bahan alami. Usahakan untuk membeli minyak mustard yang alami.


10. Paprika Merah

Makanan Sehat

Selain ceri merah, paprika merah juga sangat baik untuk sakit lutut karena mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, paprika merah mampu mendukung produksi kolagen dan menyediakan struktur sendi dan memperkuat jaringan otot ke tulang.

Paprika merah juga ampuh mengurangi rasa sakit, melindungi tulang rawan dan ligamen, sehingga sendi lutut tetap sejajar.

Kayu Manis

11. Smoothie Nanas, Kayu Manis dan Oat

Makanan Sehat

Minuman smoothies memang selalu enak dan menggoda. Ternyata, kita juga bisa mengonsumsi smoothies untuk meredakan sakit lutut, yaitu dengan membuat smoothies dari buah nanas, kayu manis dan oat. Ketiga bahan tersebut mengandung vitamin C dan bromelain, senyawa anti peradangan yang kuat.

Cara membuat smoothie ini sangat mudah, siapkan 1 cangkir oat atau biji gandum utuh, 1 cangkir jus jeruk, buah nanas yang sudah dicincang, 1 sendok teh bubuk kayu manis, 1 gelas air dan 1 sendok madu. Lalu, campurkan semua bahan ke dalam blender, kecuali gandum. Blender selama kurang lebih 20 detik, baru kemudian tambahkan gandum dan aduk sampai halus.


Tidak hanya enak, smoothies ini juga bisa dikonsumsi sehari-hari dan ampuh meredakan rasa nyeri sakit lutut. (mut)

Sumber: Nutrition Explained

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Mempertahankan dan memperkuat imunitas tubuh merupakan hal yang penting. Yuk, cek makanan apa saja yang bisa memperkuat imunitas tubuh!

Baca Selengkapnya
Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Keju tidak hanya bisa membuat rasa makanan jadi lebih gurih. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan setelah menyantapnya.

Baca Selengkapnya
5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan sehat yang membentuk otot dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ini 10 Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Stress

Ini 10 Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Stress

Makanan merupakan salah satu hal yang juga dapat berpengaruh terhadap stress. Yuk, simak beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar stress!

Baca Selengkapnya
Jangan Sampai Kalap! Ini Dia 6 Tips Mengatur Pola Makan saat Lebaran agar Tubuh Tetap Sehat

Jangan Sampai Kalap! Ini Dia 6 Tips Mengatur Pola Makan saat Lebaran agar Tubuh Tetap Sehat

Hidangan lebaran ketika dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa berisiko menimbulkan penyakit serius.

Baca Selengkapnya
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
Resep Praktis Susu Kurma yang Lezat dan Kaya Manfaat

Resep Praktis Susu Kurma yang Lezat dan Kaya Manfaat

Sebelum melihat resep membuat susu kurma yang lezat, ada baiknya kita memahami manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi minuman ini yuk.

Baca Selengkapnya
7 Cara Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Bulan Ramadhan, Hindari Makanan Berbau Tajam saat Sahur dan Berbuka

7 Cara Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Bulan Ramadhan, Hindari Makanan Berbau Tajam saat Sahur dan Berbuka

Bau mulut bisa timbul akibat kurangnya asupan air, pola makan yang berubah, dan ketidakseimbangan bakteri dalam mulut.

Baca Selengkapnya
Manfaat Selada untuk Kesehatan, Ini Tips Mengkonsumsinya

Manfaat Selada untuk Kesehatan, Ini Tips Mengkonsumsinya

Selada adalah salah satu jenis sayuran paling populer dan disukai. Yuk, simak fakta lengkap tentang manfaat selada!

Baca Selengkapnya