Infeksi Penyebab Sakit Tenggorokan dan Cara Mencegahnya

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 13 Agustus 2019 13:13
Infeksi Penyebab Sakit Tenggorokan dan Cara Mencegahnya
Sakit tenggorokan bisa sangat penyiksa, untuk mengatasinya dengan tepat, kita harus tahu apa penyebabnya terlebih dahulu.

Dream - Rasa gatal dan risih pada tenggorokan menjadi pertanda tenggorokan mengalami radang. Rasa sakit tenggorokan seperti ini biasanya menjadi bertambah parah ketika menelan makanan atau meneguk air. Bahkan untuk menelan ludah saja menyakitkan.

Sakit tenggorokan kerap dikaitkan dengan gejala penyakit lain, seperti demam, flu, hingga penyakit parah lainnya.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti meminum obat dari dokter atau melakukan penanganan dengan obat herbal.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan dengan tepat, Sahabat Dream harus tahu terlebih dahulu penyebab sakit tenggorokan yang sedang dialami. Jika penyebab sakit tenggorokan yang berbeda, maka cara untuk mengatasinya juga berbeda.

Berikut penjelasan singkat tentang sakit tenggorokan yang umum terjadi, mulai dari tanda-tandanya, penyebab, yang berisiko dan cara mengatasinya.

1 dari 4 halaman

Tanda-tanda Sakit Tenggorokan

Sama halnya dengan cara mengatasi sakit tenggorokan, tanda-tanda sakit tenggorokan tergantung pada penyebabnya.

Umumnya, orang yang menderita sakit tenggorokan akan mengalami beberapa tanda berikut ini:

 sakit tenggorokan


-    Mengalami rasa sakit atau gatal di bagian tenggorokan
-    Rasa sakit ketika menelan atau berbicara
-    Mengalami kesulitan ketika menelan sesuatu
-    Muncul pembengkakan di sekitar leher dan rahang
-    Warna amandel menjadi lebih merah dan membengkak
-    Ada bercak putih pada amanadel
-    Suara menjadi serak


Selain itu, sakit tenggorokan juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh yang lain. Hal ini terjadi akibat tanda-tanda awal sakit tenggorokan yang semakin parah dan menyebabkan infeksi pada tenggorokan. Gejalanya seperti:
-    Demam
-    Batuk
-    Pilek
-    Kerap bersin
-    Muncul jerawat di tubuh
-    Sakit kepala
-    Mual

2 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Tenggorokan, Infeksi dan Penyebab Lainnya

Sakit tenggorokan pada dasarnya disebabkan oleh infeksi. Ada dua infeksi yang menjadi penyebab utama sakit tenggorokan, yaitu infeksi virus dan infeksi bakteri.

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus tidak hanya membuat tenggorokan menjadi sakit, tapi juga dapat berdampak bagi kesehatan tubuh kita.

 sakit tenggorokan


Dan, sakit tenggorokan karena infeksi virus menjadi penyebab yang paling banyak ditemui. Berikut beberapa penyakit yang disebabkan oleh sakit tenggorokan karena infeksi virus:
-    Demam
-    Flu atau Influenza
-    Mononukleosis
-    Campak
-    Cacar air
-    Batuk rejan

Sedangkan untuk penyebab sakit tenggorokan karena infeksi bakteri biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan sakit tenggorokan karena infeksi virus.

Streptococcus pyogenes menjadi salah satu jenis bakteri yang paling sering menyebabkan sakit tenggorokan.

Selain karena infeksi virus dan bakteri, penyebab sakit tenggorokan lainnya masih banyak. Seperti alergi, kekeringan, kejang otot, GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease, tumor, dan infeksi HIV.

Apabila sakit tenggorokan disebabkan oleh hal tersebut, maka jalan yang paling tepat ialah melakukan pemeriksaan ke dokter dan mendapat penanganan yang tepat.

3 dari 4 halaman

Faktor Risiko Sakit Tenggorokan

 Sakit Kepala Sebelah

Sakit tenggorokan bisa terjadi dan dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan risiko sakit tenggorokan semakin lebih tinggi.

-    Usia, menjadi faktor pertama yang sangat berpengaruh pada sakit tenggorokan. Anak-anak dan remaja cenderung lebih sering mengalami sakit tenggorokan.
-    Terpapar asap rokok menjadi faktor penyebab sakit tenggorokan yang selanjutnya. Tidak hanya itu, asap rokok yang masuk dalam paru-paru juga dapat menyebabkan mulut, tenggorokan dan suara menjadi sakit.
-    Alergi juga menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan. Alergi seperti alergi debu, alergi bulu hewan dan jenis alergi lainnya, bisa menyebabkan kita batuk dan sakit tenggorokan.
-    Infeksi sinus kronis yang dialami oleh pasien, akan membuat pasien kerap merasakan rasa sakit tenggorokan.
-    Kekebalan tubuh, menjadi faktor penting dalam penyebab sakit tenggorokan. Apabila kondisi kekebalan tubuh sedang melemah, maka virus atau bakteri akan lebih mudah menyerang.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Sakit Tenggorokan

Untuk mengatasi sakit tenggorokan, pastikan terlebih dahulu penyebab sakit tenggorokan yang dialami.

Apabila sudah tahu dengan jelas apa penyebab sakit tenggorokan, maka kita bisa mengatasinya dengan mudah dan aman. Lalu bagaimana mencegah sakit tenggorokan supaya tidak datang?

 Kekebalan Tubuh


Berikut beberapa cara mencegah sakit tenggorokan seperti yang disarankan oleh Mayo Clinic:
-    Rajin mencuci tangan setelah beraktivitas, seperti mencuci tangan setelah dari toilet, mencuci tangan sebelum makan, dan mencuci tangan setelah bersin atau batuk.
-    Menghindari berbagi makanan dan minuman, terutama dengan orang yang sedang mengalami sakit tenggorokan.
-    Menggunakan cairan alkohol pembersih tangan sebagai pengganti sabun apabila sulit mendapatkan sabun.
-    Memperhatikan sentuhan dengan benda-benda fasilitas publik, seperti telepon umum, ganggang pintu gedung, lift, dan masih banyak lagi.
-    Mengurangi kontak langsung dengan penderita sakit tenggorokan.
Menjaga kekebalan tubuh menjadi kunci utama untuk mencegah datangnya sakit tenggorokan ke tubuh kita. Dan, apabila sudah terjadi kenali terlebih dahulu apa penyebabnya, baru setelahnya memeriksakan diri ke dokter.

Semoga bermanfaat!


(ism, Sumber: Mayo Clinic)

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal