3 Hal yang Wajib Diajarkan ke Anak Perempuan

Reporter :
Kamis, 15 Desember 2016 13:31
3 Hal yang Wajib Diajarkan ke Anak Perempuan
Pengasuhan yang baik akan menempanya jadi pribadi yang kuat tak kalah dengan anak lelaki.

Dream - Rambut menjuntai, suara menggemaskan dan pipi merah muda. Anak perempuan selalu bisa membuat banyak orang jatuh hati. Tapi bukan berarti dalam membesarkannya, mereka 'dilatih' untuk selalu jadi anak manis.

Ada beberapa hal yang sering dilupakan dalam hal mengasuh anak perempuan. Nantinya mereka akan jadi ibu dan membutuhkan mental yang kuat. Bahwa mereka juga harus diajarkan kalau penampilan bukan segalanya.

Siapa sangka di kemudian hari anak perempuan akan jadi pemimpin atau orang yang berpengaruh. Pengasuhan yang baik akan menempanya jadi pribadi yang kuat tak kalah dengan anak lelaki.

Beri pujian bukan hanya dari penampilan
Pujian seperti " aduh, rambutnya bagus sekali!" , " bajunya cantik banget" , cenderung berorientasi fisik dan penampilan. Sebaiknya, Sahabat Dream juga sering melontarkan pujian yang berorientasi pada keterampilan dan prestasinya.

Misalnya saat dia berhasil mendapat nilai bagus di sekolah, atau ketika menyisihkan uang jajannya untuk membantu orang tak mampu. Hal ini penting agar anak berpikir kalau penampilan fisik bukanlah segalanya.

Ajarkan mereka aktivitas 'laki'-laki'
Jangan larang jika anak perempuan senang bermain bola, memanjat, atau membantu ayahnya mencuci mobil atau menemani ke bengkel. Anak perempuan juga penting diajarkan pekerjaan yang sering disebut 'pekerjaan laki-laki'.

Bukan hanya agar mereka memiliki keterampilan hidup yang mumpuni, tapi juga memiliki banyak sudut pandang dan pengalaman.

Kelola uang
Berbicara soal uang, anak perempuan mulai bisa diajarkan untuk mengelola uang ketika diberi uang jajan. Jika biasanya diberi uang jajan harian, cobalah memberinya dalam bentuk mingguan atau bulanan.

Dengan begitu ia akan belajar mengelola agar uangnya cukup hingga akhir pekan atau akhir bulan. Keterampilan mengelola uang ini sangat dibutuhkan para anak perempuan agar nantinya mereka tidak boros dan bisa menghargai pekerjaan dan uang dengan baik.

(Ism, Sumber: Very Well)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara