4 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Reporter :
Jumat, 6 Agustus 2021 09:12
4 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi
Hayoo.. siapa yang setiap hari minum kopi?

Dream - Minum kopi menjadi kebiasaan sebagiana masyarakat Indonesia. Beberapa tahun terakhir, tren es kopi susu yang melesat juga membuat kopi semakin banyak dikonsumsi.

Enggak cuma dikonsumsi orangtua saja, kopi kini mulai disukai beragam kalangan, terutama kaum muda dengan aneka rasa pilihan. Apalagi, untuk mendapatkan es kopi kekinian terbilang mudah.

Cukup pesan dan bayar via aplikasi online, hitungan waktu menu yang dipesan datang diantar kurir atau ojek berbasis online.

Ilustrasi© shutterstock

Minum segelas kopi dapat membuat suasana hati bergairah, lebih segar, tidak mengantuk, serta meningkatkan kewaspadaan.

Tapi Sahabat Dream tahu tidak, kalau meminum kopi terlalu banyak, ternyata dapat memberikan efek samping pada kesehatan tubuh?

Dilansir Times of India, berikut ada beberapa efek samping yang wajib diketahui.

1 dari 4 halaman

Sakit perut

Efek samping yang sering terjadi salah satunya adalah sakit perut, khususnya bagi kamu yang belum makan atau memiliki asam lambung. Oleh karena itu, selalu pastikan perut tidak kosong saat ingin mengonsumsi kopi.

Ilustrasi© shutterstock

Insomnia

Kandungan kafein dalam kopi yang kamu minum, bisa membuat kamu tidak mengantuk dan tetap terjaga. Namun, asupan yang berlebih dapat membuat kualitas tidur menurun, dan mengurangi jam tidur. Dalam jangka panjang, kamu juga bisa terserang insomnia.

2 dari 4 halaman

Gelisah

Walau kopi dapat meningkatkan kewaspadaan kamu, salah satu efek samping dari kopi ternyata juga dapat membuat kamu merasa cemas dan gelisah. Untuk sebagian orang, rasa gelisah ini dapat menyebabkan munculnya serangan panik.

Ilustrasi© shutterstock

Denyut nadi menjadi cepat

Salah satu efek yang dirasakan saat minum kopi adalah, denyut nadi menjadi lebih cepat. Untuk kamu yang merasakan hal ini saat minum kopi, kurangilah asupan kopi.

Jadi, usahakan mengonsumsi kopi sesuai kebutuhan saja, ya, Sahabat Dream.

3 dari 4 halaman

Coffee Bloom, Rahasia Menyeduh Kopi Nikmat

Dream - Kini sudah banyak yang menjual alat pembuat kopi rumahan dengan harga terjangkau. Sahabat Dream pun bisa membuat kopi sendiri ala barista di rumah. Sudah ada biji kopi, alat pembuat kopi, nah ada satu yang tak boleh dilupakan, yaitu teknik menyeduh.

Saat menyeduh biji kopi, pastikan ada 'coffee bloom'. Apa itu 'coffee bloom'? Merupakan efek busa seperti bunga karena prosedur pemanggangan. Efek ini muncul setiap semua jenis bahan organik dipanaskan.

Setelah pemanggangan, sebagian besar gas ini dilepaskan sedikit demi sedikit. Efek ini disebut sebagai " degassing."

Saat menggunakan biji kopi yang dipanggang, kopi mempertahankan karbon dioksida bersama dengan senyawa volatil lainnya, dan saat masih dalam biji kopi utuh mengeluarkan gas secara bertahap.

Setelah biji kopi digiling, gas yang terperangkap dibuang jauh lebih cepat. Lalu ketika air panas menyentuh bubuk kopi, maka akan melepaskan karbon dioksida dan menciptakan 'bloom'. Saat proses ini, efek gas yang keluar dapat diamati yaitu ketika ampas kopi mengembang dan bersentuhan dengan air panas.

4 dari 4 halaman

Gas yang sebelumnya terperangkap sekarang muncul dengan kecepatan yang jauh lebih cepat, memberikan tekanan ke luar dan menolak air yang masuk untuk mengeluarkan senyawa volatil yang memberikan rasa dan tekstur.

Coffee bloom© Shutterstock

Efek ini juga dikenal sebagai turbulensi, jika air tidak memiliki paparan yang memadai ekstraksi kemungkinan akan lemah. Dengan 'bloom' di awal, pada dasarnya menunggu agar kopi dapat memberi ruang bagi air.

Mengapa efek 'bloom' ini sangat penting? Ternyata jika tidak ada efek 'bloom' sama sekali, biji kopi bisa dikatakan sudah basi atau malah terlalu matang. Tak heran kalau sangat berpengaruh pada rasanya.

Laporan Radhika Nada/ Sumber: Foodal

Beri Komentar