4 Mitos Wanita Angkat Beban

Reporter : Ramdania
Jumat, 4 Desember 2015 20:26
4 Mitos Wanita Angkat Beban
Mitos atau fakta? Temukan jawabannya di sini.

Dream – Begitu banyak mitos yang diyakini perempuan. Apalagi menyangkut kesehatan badan dan wajah. Namun, namanya mitos pasti memiliki penjelasan logis yang menangkal kebenarannya.

Seperti dikutip Gulf News, Sabtu, 5 Desember 2015, ahli kebugaran dan gizi Neeraj Mehta berbagi beberapa mitos umum tentang latihan beban di kalangan wanita.

Selama ini beberapa wanita takut jongkok karena katanya buruk bagi lutut.

Ini dan lebih dari seabrek mitos lainnya seperti di bawah ini, adalah kesalahpahaman yang selama ini diterima wanita mengenai latihan beban.

Otot Besar

 

Klik halaman berikutnya... 

1 dari 4 halaman

Otot Besar

Dream - Tubuh pria dan wanita sebenarnya berbeda. Karena itu latihan beban juga memiliki dampak yang berbeda pula. Tubuh laki-laki memproduksi hormon yang disebut testosteron yang penting, jika Anda ingin mendapatkan ukuran otot yang besar.

Kabar baiknya adalah bahwa tubuh wanita tidak menghasilkan hormon ini. Jadi kecil kemungkinannya wanita memiliki otot besar jika melakukan latihan beban. Sebaliknya, latihan beban akan membantu Anda dalam membentuk tubuh.

2 dari 4 halaman

Latihan Saat Menstruasi


Dream - Anda bisa dan Anda harus latihan selama menjalani menstruasi. Berolahraga selama menstruasi akan membantu Anda dalam mengurangi kram perut.

Ketika Anda berolahraga tubuh akan melepaskan hormon Endorfin yang menjaga otak Anda tenang dan membuat Anda merasa lebih baik.

Namun, hindari melakukan latihan yang terlalu intensif. Yoga ringan, cardio, renang, dan latihan beban ringan sangat dianjurkan selama masa menstruasi. 

3 dari 4 halaman

Keringat dan Berat Badan

Dream - Semakin banyak keringat keluar, semakin banyak penurunan berat badan yang terjadi: Bila Anda berkeringat, tubuh Anda melepaskan air dan natrium. Karena itulah Anda merasa telah kehilangan berat badan.

Penurunan berat badan ilusi ini hanya sementara dan perasaan badan bertambah berat akan datang kembali ketika tubuh menghidrasi dirinya sendiri.

Berkeringat merupakan mekanisme tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh; jadi tidak ada hubungannya dengan proses penurunan berat badan.

4 dari 4 halaman

Perut Rata karena Sit-up?


Dream - Agar mendapatkan perut yang rata, banyak-banyak melakukan sit-up. Jika Anda ingin mengenyahkan lemak membandel di perut, Anda harus melatih otot perut dari berbagai sudut dengan intensitas tinggi.

Sit-up saja tidak akan membantu. Untuk mengurangi lingkar perut, Anda harus melatih bagian bawah perut juga. Dead lift dan squat adalah latihan yang efektif untuk mengurangi lemak perut. Seiring dengan itu Anda harus menambahkan banyak variasi lain seperti gerakan memutar dan mengangkat kaki.

Beri Komentar