4 Pengobatan Rumah untuk Payudara Kendur

Reporter : Dwi Ratih
Minggu, 21 Maret 2021 11:00
4 Pengobatan Rumah untuk Payudara Kendur
Bisa dilakukan kapan saja.

Dream – Kesehatan payudara setiap wanita harus dijaga mulai dari remaja hingga beranjak dewasa. Terutama setelah melewati masa menopause karena bentuk payudara akan mengalami pengenduran.

Tenang, pengenduran payudara dapat dicegah atau diatasi dengan berbagai cara, salah satunya melakukan perawatan di rumah secara mandiri.

Terdapat empat bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan payudara kendur di rumah, yuk simak penjelasan berikut!

1. Olive oil

Jika kamu pecinta oil massage, coba untuk lakukan perawatan payudara dengan pijat olive oil.

Dengan ini, kulit sekitar payudar akan lebih lembut dan juga mengencangkan payudara. Yang perlu dilakukan adalah balurkan olive oil, kemudian pijat payudara secara perlahan.

Ilustrasi© Shutterstock

2. Kompres es

Dengan cara ini mungkin terlihat tidak meyakinkan dan mustahil, tapi ternyata kompres dengan es dapat mengurangi pengenduran pada payudara. Taruh es pada kain lalu kompres pada payudara beberapa menit lalu keringkan.

1 dari 4 halaman

3. Gel aloe vera

Aloe vera adalah bahan alami yang dapat mengencangkan kulit. Untuk itu, dengan mengusapkan gel ini ke payudara akan membantu mengencangkan payudara. Diamkan gel selama 10 menit, setelahnya bersihkan dengan kain bersih.

Ilustrasi© Shutterstock

4. Putih telur

Putih telur mengandung lipid hidro yang dapat mencegah payudara kendur. Pecahkan telur mentah, pisahkan putih telur dan kuning telur, oleskan putih telur ke kulit sekitar payudara beberapa saat lalu bersihkan dengan air bersih.

Laporan: Josephine Widya, Sumber: Times of India

2 dari 4 halaman

Simak Cara Mudah Hilangkan Stretch Mark di Payudara

Dream – Garis kerutan atau stretch mark dapat muncul di berbagai area pada tubuh, termasuk payudara. Hal ini bisa terjadi karena kulit tidak cukup memproduksi kolagen di saat tubuh mengalami peregangan yang signifikan.

Khusus garis kerutan pada payudara dapat muncul karena faktor genetik, pubertas, kenaikan berat badan, kehamilan atau menyusui, operasi pembesaran payudara, penggunaan produk kosmetik atau obat oles yang mengandung steroid, hingga masalah kesehatan tertentu, misalnya cushing syndrome.

Meski garis kerutan sangat mengganggu, tetapi tidak berbahaya bahkan dalam beberapa kasus garis kerut ini dapat memudar dengan sendirinya.

Namun, apabila stretch mark sulit hilang, kamu bisa melakukan beberapa cara atau prosedur dalam membantu proses penghilangannya dengan cara berikut.

3 dari 4 halaman

Lakukan secara mandiri

Garis kerut yang tidak terlalu parah dan dalam bisa kamu bantu hilangkan secara mandiri, maksdunya lakukan sendiri di rumah, antara lain dengan;

1. Mengoleskan krim stretch mark berizin BPOM

Krim yang dijual bebas ini biasanya mengandung campuran bahan yang secara teoritis membantu memudarkan bekas luka sekaligus meningkatkan elastisitas kulit.

2. Eksfoliasi

Pengelupasan kulit mati di permukaan kulit payudara ini dapat mempercepat proses produksi kolagen sehingga garis kerutan dapat memudar. Gunakan sikat berbulu lembut saat eksfoliasi dan lakukan dua hari sekali.

Ilustrasi© Shutterstock

3. Menggunakan cocoa butter atau shea butter

Bisa gunakan produk dalam bentu asli atau murninya atau dalam bentuk krim yang mengandung bahan tersebut. Kandungan vitamin E yang ada, baik untuk kulit sehingga dapat meningkatkan tampilan kulit payudara yang sehat.

4 dari 4 halaman

Lakukan dengan bantuan klinik atau rumah sakit

Jika melakukan cara mandiri di rumah tetap tidak dapat memudarkan garis kerut, bisa juga dengan pergi ke ahlinya, seperti ke klinik kecantikan atau rumah sakit.

Biasanya para dokter ahli menghilangkan stretch mark dengan cara ini;

- Terapi laser
- Injeksi kolagen
- Mikrodermabrasi
- Peeling kimia

Namun, satu-satunya cara yang sudah teruji klinis dapat menghilangkan garis kerut yang terlalu dalam atau parah secara efektif dan signifikan hanyalah terapi laser.

Laporan: Josephine Widya, Sumber: Sehatq

Beri Komentar