Tempel Sayur Kol di Payudara Selama 20 Menit, Lihat Efek Luar Biasa yang Terjadi

Reporter : Putu Monik Arindasari
Kamis, 22 Juli 2021 09:12
Tempel Sayur Kol di Payudara Selama 20 Menit, Lihat Efek Luar Biasa yang Terjadi
Jarang diketahui. Begini caranya? simaknya langkahnya agar aman dilakukan.

Dream - Sayur kol merupakan salah satu jenis sayuran yang dikenal dengan kandungan antioksidan. Selain diolah menjadi makanan lezat, sayuran yang kerap dijadikan lalap ini juga memiliki efek positif bagi payudara, khususnya payudara pada ibu yang tengah menyusui.

Dilansir dari verywellfamily.com, banyak ibu menyusui percaya bahwa menempelkan daun kol dingin di payudara sangat membantu mengurangi rasa sakit serta peradangan payudara yang mungkin terjadi selama masa menyusui.

Sayur Kol© Shutterstock

Selain itu, para peneliti percaya daun kol dapat membantu mengatasi pembengkakan payudara, suplai Asi yang berlebihan, atau proses penyapihan bayi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Lalu bagaimana cara menggunakan daun kol untuk membantu menghilangkan rasa tak nyaman pada payudara?

1 dari 5 halaman

Begini Caranya

- Dinginkan satu buah kubis di kulkas sebelum digunakan. Kamu bisa menggunakan kol hijau atau merah, namun kol merah berpotensi meninggalkan noda pada bra atau pakaian menyusui milikmu.

- Keluarkan kol dari kulkas setelah terasa dingin. Kupas bagian luar kol, lalu buang. Kemudian, tarik dan ambil dua daun di bagian dalam kol. Jangan lupa untuk memasukan kol yang masih tersisa ke dalam kulkas untuk kamu gunakan lagi.

- Bersihkan dua daun kol yang telah kamu ambil dengan air dingin. Pastikan kedua daun tersebut terbebas dari kotoran, residu, serta pestisida.

- Buang kelebihan air dari daun dengan menepuknya secara lembut menggunakan handuk bersih.

- Setelah daun terbilas bersih, potong batang dengan hati-hati dari tengah setiap daun tanpa memotongnya menjadi dua bagian. Ini bertujuan agar daun memiliki celah pada bagian tengahnya. Setelah membuang batangnya dan memberikan celah, daun kol akan menempel dengan baik di atas payudara Anda tanpa menutupi puting.

- Selanjutnya, letakkan daun kol yang bersih dan dingin di dada atas dada. Letakan daun disetiap payudara, tanpa menutupi bagian puting. Menjauhkan kol dari putinng dapat membuat kulit disekitar puting tetap kering.

- Pegang daun kol di payudara layaknya sedang memegang kompres dingin. Atau kamu juga bisa mengenakan bra agar daun tetap menempel di tempatnya. Jika khawatir asi akan tiba-tiba keluar dan bocor, letakkan bantalan bersih dan kering di atas daun kol untuk menyerap asi yang bocor.

- Biarkan daun kol menempel di payudara selama 20 menit.

- Buang daun yang sudah layu, lalu ulangi pemakaian daun kubis sampai payudaramu terasa lebih baik.

© Dream
2 dari 5 halaman

Tips Menggunakan Daun Kol

Kamu disarankan untuk tidak menempelkan daun kol secara berlebihan apabila kamu masih menyusui atau memompa asi dan hanya ingin memakai daun kubis untuk membantu mengurangi serta meredakan pembengkakan payudara. Hentikan penggunaannya jika kamu merasa payudara menjadi lebih baik, dan pembengkakan telah berkurang.

Mempertahankan Suplai Asi yang Sehat

Penggunaan kompres dingin atau daun kol dingin memang membantu mengurangi pembengkakan dan pembengkakan payudara, namun juga dapat menurunkan suplai asi berlebih.

Namun, jika kamu tetap menggunakan daun kol dingin di payudara setelah pembengkakan mereda, produksi asi akan berpotensi turun di luar perkiraanmu.

Berguna saat Proses Penyapihan

Jika kamu sedang dalam proses penyapihan, ingin mengeringkan asi dan ingin menghentikan proses laktasi, kamu tak perlu khawatir saat menggunakan daun kol. Daun kubis yang dapat menekan produksi asi jutru dapat berguna saat proses penyapihan.

3 dari 5 halaman

4 Penyebab Tumbuhnya Rambut di Sekitar Payudara

Dream - Folikel rambut tidak hanya ada di kepala, tangan, ketiak, kemaluan, dan kaki. Bagian tubuh lainnya juga memiliki folikel rambut.

Maka dari itu, kamu tidak perlu kaget jika rambut bisa tumbuh di bagian tubuh yang tidak terduga seperti payudara. Hal ini pun tidak selamanya berbahaya.

Tumbuhnya rambut di payudara bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari pengaruh hormonal hingga masalah kesehatan tertentu. Dilansir Sehatq.com, berikut berbagai penyebab tumbuhnya rambut di sekitar payudara.

Perubahan hormon

Perubahan hormon yang terjadi saat hamil atau menopause bisa menyebabkan tumbuhnya rambut di sekitar payudara. Namun, hal tersebut juga bisa terjadi saat memasuki masa pubertas.

© Dream
4 dari 5 halaman

Produksi hormon testosteron berlebih

Salah satu tanda produksi hormon testosteron berlebih pada wanita adalah tumbuhnya rambut pada payudara.

Tanda yang bisa dialami lainnya adalah kulit berminyak, rentan berjerawat, siklus haid terhenti, meningkatnya massa otot, dan kebotakan berpola. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi hal ini jika terus mengalaminya dalam waktu cukup lama.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Mengonsumsi Obat© Shutterstock

Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan tumbuhnya rambut di sekitar payudara. Obat-obat yang dimaksud adalah seperti testosteron, glukokortikosteroid, dan beberapa jenis obat imunoterapi.

 

5 dari 5 halaman

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Tumbuhnya rambut di sekitar payudara bisa menjadi pertanda kamu mengidap PCOS. PCOS sendiri disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon wanita.

Sindrom Cushing

Selain PCOS, sindrom Cushing juga menjadi salah satu kondisi kesehatan yang ditandai dengan siklus haid tidak teratur dan tumbuh rambut di sekitar payudara.

Sindrom ini sendiri merupakan kondisi yang terjadi ketika produksi hormon kortisol berlebih dan bisa diakibatkan oleh konsumsi obat glukokortikosteroid berlebihan atau ada tumor di paru, otak, atau kelenjar adrenal.

© Dream
Beri Komentar