7 Cara Atasi Kebiasaan Makan di Malam Hari

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 28 Januari 2019 12:16
7 Cara Atasi Kebiasaan Makan di Malam Hari
Hal ini bisa bikin berat badan kamu meningkat drastis.

Dream - Apakah kamu suka makan di tengah malam? Hati-hati, kebiasaan itu ternyata tidak bagus untuk kesehatan kamu.

Makan tengah malam bisa mengganggu jam tidur dan bobot tubuhmu. Tapi memang, kegiatan ini sudah jadi kebiasaan sebagian orang saat jelang tidur.

Lalu, bagaimana cara kita menghindari kebiasaan ini? Berikut tip yang dikutip dari laman Popsugar.com, untuk menghindari penambahan kalori di malam hari.

1 dari 3 halaman

Alihkan Perhatian

1. Merajut

Tidak masalah jika tidak pernah merajut. Yang penting, kamu bisa terhindar dari keinginan untuk makan di malam hari dan fokus membuat scarf atau topi baru supaya tidak merasa kedinginan saat musim dingin.

2. Olahraga

Setelah makan malam, sisakanlah waktu untuk mencerna makanan dan lanjutkan dengan olahraga kardio atau melakukan peregangan, seperti yoga.

Dengan ini, kamu bisa mengurangi bobot tubuh dan lebih sehat.

2 dari 3 halaman

Minuman Hangat

3. Menelpon Teman

Saat kamu ingin makan tengah malam, coba telepon temanmu yang sudah lama tidak bertemu. Mengobrol di telepon terasa kurang nyaman dilakukan sambil makan, jadi kamu bisa mengurangi kemungkinan untuk makan tengah malam.

4. Membuat Kopi Herbal atau Teh

Atasi kehausan dengan minuman hangat tanpa kalori seperti teh dan kopi. Apalagi, keduanya memiliki banyak varian.

 shutterstock

Jadi, kamu tidak akan bosan memilih rasanya. Selain mengatasi kehausan dan menunda lapar, tubuhmu akan lebih mudah untuk tertidur.

3 dari 3 halaman

Segera Tidur

5. Menjauhi Dapur

Jika kamu dikelilingi bau makanan, keinginan untuk makan tengah malam akan lebih tinggi. Pergilah ke kamar yang lebih jauh dari dapur untuk mencegahmu mengambil makanan.

6. Meditasi

Memikirkan tentang tubuhmu di malam hari akan membuatmu fokus untuk mempertahankan kesehatan.

Justru, tubuhmu akan lebih mudah tertidur. Semakin kamu sadar terhadap tujuanmu sehari-hari, komitmenmu akan semakin kuat.

7. Tidur

Ketika mulai memikirkan makanan, mungkin sudah saatnya kamu tidur. Penelitian membuktikan bahwa kurang tidur bisa membuat seseorang lebih banyak makan.

Jadi, segera tidur di kala malam dan merasa lebih segar di pagi hari.

 shutterstock

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo