200 Situs Jual Beli Kosmetika Ilegal Ditutup!

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 7 Desember 2016 10:30
200 Situs Jual Beli Kosmetika Ilegal Ditutup!
Kosmetika ilegal tersebut tak akan diuji lab oleh BPOM karena tak berizin edar. Lihat daftar kosmetik ilegal dan berbahaya itu.

Dream - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menutup beberapa situs jual beli produk kosmetik ilegal. Hingga saat ini, Kominfo telah menutup 200 laman yang memperjualbelikan produk kosmetika ilegal dan berbahaya.

" Mereka menjual kosmetika ilegal, karena itu diblokir," kata Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional dan Produk Komplemen BPOM Indriaty Tubagus, di Aula Gedung C, BPOM Pusat, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Desember 2016.

Umumnya, kata Indriaty, laman yang diblokir menjual kosmetika untuk perawatan kulit, krim siang dan malam hari, serta produk kecantikan lain. Para penjual, menyasar generasi remaja sebagai target pasarnya.

" Ada sekira 200-an situs yang selama ini kami awasi dan akhirnya diblokir oleh Kominfo," ucap dia.

Menurut dia, kosmetika yang ilegal tidak akan diuji kembali oleh BPOM. Sebab, secara distrubusi, produk tersebut tidak memiliki izin edar di Indonesia.

Untuk itu dia meminta masyarakat melaporkan beberapa produk yang dianggap berbahaya oleh BPOM.

" Jika masyarakat masih menemui produk serupa di pasaran, dapat segera menghubungi BPOM di nomor 150033," ucap dia.

Berikut beberapa nama produk kosmetik berbahan kimia bahaya dan ilegal MUKKA Lip Balm 02, Mukka Lip Balm 03, Mukka Lip Balm 04, Mukka Lip Balm 05, Mukka Lip Balm 06, Mukka Blusher no. 01, Mukka Lip Gloss 11, Mukka Nail Polish 21, Bichun Nail Polish 20, La Bella Esther Day Cream, La Widya Collagen Night Cream, La Widya Curcumin Day Cream, L'Come Night Cream, Ozera Nail Polish Color No. 20, Zard Nail Polish 7 mL, Implora Lipstick, Scholar Gold Whitening Night Cream dan lain-lain.

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin