Gejala Kanker Serviks yang Wajib Diwaspadai Kaum Hawa

Reporter :
Senin, 28 Januari 2019 06:42
Gejala Kanker Serviks yang Wajib Diwaspadai Kaum Hawa
Sahabat Dream harus lebih peka terhadap gejala berikut.

Dream - Salah satu kanker yang sangat menakutkan bagi kaum Hawa adalah kanker serviks. Kemunculannya disebabkan oleh virus dan bisa merambat ke organ lain hingga memicu kematian.

Gejala kanker serviks ini kerap tak disadari. Pasalnya, mirip dengan keluhan ringan yang dirasakan banyak wanita. Penting untuk melakukan tes pap-smear rutin, vaksinasi dan menerapkan pola hidup sehat.

Sahabat Dream juga harus lebih peka terhadap gejala berikut. Segera konsultasikan dengan dokter jika mengalaminya.

1. Muncul bercak atau darah

Keluarnya bercak darah atau flek kecokelatan memang bukan pertanda utama kanker serviks. Tapi penting untuk memperhatikannya lebih seksama dan tak boleh disepelekan. Terutama jika muncul darah setelah berhubungan intim.

2. Keputihan berbau busuk

Bila keputihan berair dan berbau busuk, ada kemungkinan terjadi infeksi pada vagina. Ini juga salah satu gejala kanker serviks. Segera lakukan tes pap smear untuk mengetahui penyebabnya. Bisa disebabkan jamur, bakteri atau sel kanker.

1 dari 2 halaman

Nyeri Panggul dan Bengkak Kaki

3. Nyeri pada panggul

Nyeri punggung bawah dan panggul dapat dikaitkan dengan masalah organ reproduksi yang meliputi leher rahim. Terutama jika nyeri punggung muncul terus-menerus.

Jika merasakan nyeri yang lebih dekat dengan usus buntu, itu bisa berarti kanker tersebut berada pada tahap lebih lanjut.

  7 Cara Mengatasi Sakit Perut di Pagi Hari

4. Pembengkakan kaki atau nyeri

Christine Horner, MD, FACS, penulis Radiant Health, Ageless Beauty, mengatakan bahwa, nyeri kaki atau pembengkakan adalah tanda kanker serviks.

" Kanker serviks dapat menyebar ke kelenjar getah bening di daerah antara tulang pinggul. Sel-sel kanker juga dapat menghentikan pembuangan cairan getah bening. Ini mungkin menyebabkan pembengkakan di kaki anda karena penumpukan cairan. Pembengkakan ini disebut lymphedema," ujar Horner, seperti dikutip dari Prevention.

 

2 dari 2 halaman

Lelah Ekstrem dan Sakit Saat Berhubungan

5. Kelelahan ekstrem

Kelelahan adalah gejala yang bisa datang dan pergi, tapi tidak boleh dijadikan sebagai tanda kanker serviks sendiri. Namun, jika tubuh mengalami gejala di atas bersama dengan kelelahan yang ekstrem, ada baiknya untuk menghubungi dokter.

 Waspadai Bahaya Kelelahan yang Dirasakan Sepanjang Waktu

6. Nyeri saat berhubungan intim

Pertumbuhan tumor di seluruh jaringan serviks akan menyebabkan rasa sakit saat berhubungan intim. Terutam bagi wanita yang menderita kanker serviks stadium lanjut.

Rasa sakit atau pendarahan akibat hubungan seks bisa berarti ada hal yang serius. Ini bisa berarti peradangan serviks, infeksi vagina, atau polip serviks, semua ini harus segera diatasi.

Laporan Mega Rasmiyati

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan