Gerakan Sederhana untuk Deteksi Kanker Payudara

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 18 Desember 2015 16:44
Gerakan Sederhana untuk Deteksi Kanker Payudara
Tanda-tanda kanker payudara dapat dideteksi sejak dini dengan melakukan gerakan 'Sadari'.

Dream - Tanda-tanda kanker payudara dapat dideteksi sejak dini. Salah satunya dengan gerakan Periksa Payudara Sendiri (Sadari).

Menurut Lucia Erniawati, Head of Corporate Affairs and Access PT Roche Indonesia, ada beberapa gerakan yang mudah dilakukan sendiri di rumah oleh perempuan. Caranya pun sangat mudah dan dapat dilakukan sebulan sekali seperti penjelasan di bawah ini.

Pertama, lakukan pemeriksaan setelah 7-10 hari setelah mengalamai menstruasi. Berdiri di depan cermin, dan amati perubahan ukuran, bentuk, warna kulit atau timbul lesung pada kulit payudara.

Kedua, pemeriksaan dapat dilakukan dengan meraba payudara saat sedang mandi. Letakkan satu tangan di belakang kepala, tuangkan sabun pada telapak tangan dan usapkan secara melingkar di area puting.

Arah pijatan memutar ke arah keluar. Setelah itu naikkan tangan lainnya dan periksa pada payudara sebelah.

Kemudian, cara meraba dapat dilakukan dengan meletakkan tiga ujung jari tengah yang dirapatkan (telunjuk, tengah, manis). Lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut tapi mantap.

Mulailah dari pinggir dengan mengikuti putaran arah jarum jam dari sisi luar memutar ke dalam sampai menyentuh puting. Saat posisi ini, rasakan apakah ada benjolan atau penebalan di area yang sedang disentuh.

Selanjutnya, pencet area puting dan jika keluar cairan yg tidak normal segera periksakan pada dokter. Terakhir lakukan pemeriksaan daerah di antara payudara hingga ketiak, juga pada selangkangan. (Ism) 

Beri Komentar
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa