Hindari Pakai Tas di Satu Sisi Bahu Saja, Demi Kesehatan Jangka Panjang

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 17 Oktober 2019 18:45
Hindari Pakai Tas di Satu Sisi Bahu Saja, Demi Kesehatan Jangka Panjang
Segera hentikan kebiasaan buruk ini.

Dream - Menggunakan tas yang disampirkan di bahu, memang membuat gaya kita terlihat lebih feminin. Baik itu tas mungil tote bag maupun backpack. Ternyata kebiasaan ini tak baik untuk kesehatan tulang, terutama tulang belakang.

Apalagi jika kamu hanya menaruh tas di bahu sebelah kanan atau kiri. Selain itu, kebiasaan ini akan menekan sebelah kaki dan bisa berdampak kesehatan tubuh secara keseluruhan.

“ Kalau sering menaruh tas di bahu kanan, kaki kiri akan lebih stres. Organ tubuh di sebelah kanan juga akan tertekan dan metabolismenya kurang lancar, seperti pencernaan makanan, tekanan darah. Jadi bisa menyebabkan sulit buang air juga,” kata Private Yoga Instructor, Astrid Amalia di Tanamera, Jakarta Selatan, Rabu 16 Oktober 2019.

Kebiasaan ini harus segera dihentikan. Terutama ketika usia sudah memasuki akhir 30an. Apa alasannya?

“ Dari usia 40 harus sudah mulai berhenti bawa tas seperti itu karena pencernaan mulai melambat dan berbagai problem sudah muncul. Jadi harus dibiasakan dari usia muda," ujar Astrid.

 

1 dari 4 halaman

Seimbang dan Latihan

Mulai sekarang selalu seimbangkan beban di bahu kanan dan kiri. Termasuk ketika memakai tas ransel.

 Olahraga bahu

“ Sesekali pakai tas tangan boleh atau bisa juga ganti-ganti, senin ransel, besok tas, jadi tidak 100 persen,” pesan Astrid

Kamu pun bisa melatih kekuatan tulang dan keseimbangan tubuh dengan banyak berjalan kaki dan menjalani pola hidup sehat. Caranya juga sangat mudah.

“ Bisa melakukan latihan naik turun tangga dan duduk dengan kaki terbuka supaya tubuh lebih rilekss di bagian kanan maupun kiri,” tutupnya.

 

2 dari 4 halaman

Gaya Hidup Kekinian yang Picu Sakit Punggung, Hati-hati!

Dream - Kebiasaan buruk sehari-hari kerap membuat tulang punggung mengalami masalah. Efek yang sangat mungkin muncul adalah rasa nyeri pada punggung yang bisa muncul kapan pun. Saat muncul, nyeri bisa sangat menyiksa bahkan sampai sulit tidur.

Dengan gaya hidup yang semakin berkembang, pemicu sakit punggung semakin beragam. Tak lagi hanya karena duduk terlalu lama atau kurang minum air. 

 Sering Merasa Sakit Punggung? Kenali Penyebabnya

Agnivesh Tikoo, seorang ahli tulang asal Hinduja Healthcare Surgical mengungkap kebiasaan buruk pemicu nyeri punggung yang sebaiknya dihindari. Perhatikan baik-baik, Sahabat Dream.

Tak Bisa Lepas dari Ponsel

Mata terus fokus pada layar, posisi tangan dan jari pun jadi sangat kaku karena memegang ponsel. Tak bisa lepas dari ponsel secara terus menerus akan menyebabkan ketegangan di satu sisi leher dan punggung atas. Kondisi ini lama kelamaan akan menyebabkan sakit punggung.

 

3 dari 4 halaman

Makanan Berlemak

Cara Mengangkat yang Salah

Cara Sahabat Dream mengangkat barang, si kecil serta benda berat lainnya akan sangat berdampak pada kesehatan tulang. Cara mengangkat berat yang tidak benar bukan hanya menyebabkan terkilir tapi juga menyebabkan kerusakan otot dan beberapa masalah tulang belakang.

 Sering Sakit Punggung? Hati-hati Kanker Prostat

Makan makanan berlemak

Terbiasa makan makanan berlemak yang membuat perut buncit membuat area punggung bawah tertekan dan akan mengakibatkan sakit punggung. Kurangi konsumsi produk susu, daging merah, minuman bersoda dan makanan junk food. Berat badan yang terus bertambah juga akan memicu sakit punggung.

4 dari 4 halaman

Stres

Menghabiskan waktu lama dalam ruangan
Lemak di bawah kulit kita akan dikonversi menjadi prekursor vitamin D saat terkena sinar matahari. Vitamin D adalah vitamin tulang yang bertanggung jawab untuk menguatkan tulang, cakram intervertebralis dan kesejahteraan otot.

Gaya hidup yang tidak sehat, kurang gerak, lebih banyak akivitas dalam ruangan akan membuat orang mengalami kekurangan Vitamin D. Hal ini memicu melemahnya tulang, degenerasi awal cakram, dan nyeri punggung bagian bawah.

 Sering Merasa Sakit Punggung? Kenali Penyebabnya

Stres Mental
Ternyata ketika kita merasa stres akan menyebabkan sakit punggung ringan. Ketidakmampuan untuk tidur di malam hari karena stres tidak memungkinkan tubuh untuk bersantai dengan benar. Ini bisa menyebabkan kelelahan otot dan kejang punggung.

Laporan Ratih Permata Sari/ Sumber: The Health Site

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone