Cara Kembalikan Penciuman Usai Terpapar Covid-19

Reporter : Dwi Ratih
Minggu, 3 Januari 2021 08:00
Cara Kembalikan Penciuman Usai Terpapar Covid-19
Nggak sedikit pasien kehilangan nafsu makan sampai berdampak buruk pada psikologisnya gara-gara anosmia.

Dream - Anosmia jadi gejala Covid-19 selain demam, flu, batuk, hingga sesak napas. Gejala anosmia ini menyebabkan pasien tidak dapat mencium aroma di sekitar hingga mengecap rasa makanan.

Nggak sedikit pasien kehilangan nafsu makan sampai berdampak buruk pada psikologisnya.

Anosmia akan berangsung sekitar dua hingga empat minggu. Tak cuma itu, pasien juga akan mengalami parosmia di mana kondisi distorsi bau aneh dan seringkali tidak menyenangkan.

Misalnya aroma lemon yang tercium justru bau kubis busuk, atau cokelat yang mungkin berbau bensin. Parosmia telah dikaitkan dengan Covid-19 dan virus serta cedera kepala lainnya.

Untuk mengembalikan semua itu pasca sembuh dari Covid-19, Sahabat Dream perlu lakukan tahapan berikut ini.

Infografis Dream.co.id© Dream.co.id/Eka Pratiwi

Peneliti Carl Philpott dari Norwich Medical School di University of East Anglia mengatakan bahwa cara ini membantu pemulihan berdasarkan neuroplastisitas; kemampuan otak untuk mengatur ulang dirinya sendiri untuk mengimbangi perubahan atau cedera.

Jika tak ingin mengalami hal tersebut, pastikan kamu tetap disiplin mengikuti aturan kesehatan seperti 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun) serta 3T (Testing, Tracing, Treatment) yang diimbau pemerintah RI.



Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

1 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Sarapan Sehat Agar Imun Kuat

Dream - " Konsumsi makanan sehat, ya, agar imun tubuh kuat supaya jauh dari virus."

Kalimat tersebut tampak sering wara-wiri di telinga, diucapkan relasi hingga keluarga untuk memastikan kita semua sehat sehingga tidak terpapar virus corona yang mematikan.

Termasuk urusan sarapan, asupan di pagi hari akan jadi sumber tenaga untuk menunjang aktivitas sehari penuh. Enggak mau kan, tiba-tiba badan lunglai di saat kerjaan atau tugas menumpuk dan harus segera diselesaikan?

Mengingat pentingnya sarapan, pilihlah makanan sehat dengan porsi yang tepat. Makanan kaya protein akan membuatmu lebih berenergi dan siap menopang aktivitas.

Infografis Dream.co.id© Dream.co.id/Eka Pratiwi

Selagi memberi asupan terbaik di tiap pagi Sahabat Dream, pastikan kamu tetap disiplin mengikuti aturan kesehatan seperti 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun) serta 3T (Testing, Tracing, Treatment) yang diimbau pemerintah RI.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

2 dari 4 halaman

Aa Gym Positif Covid-19, Begini Kondisinya

Dream - Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung, KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, positif Covid-19. Saat ini dia menjalani perawatan di sebuah rumah sakit.

" Sahabat-sahabat sekalian, qadarullah wa ja'aha, berarti Aa positif Covid-19," ujar Aa Gym dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, @aagym.

Aa Gym dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes usap (swab test) di Rumah Sakit Dustira. Dia mengatakan kondisinya saat ini cukup baik dengan kadar oksigen dalam darah pada Oxymeter sebesar 98 persen dan suhu badannya 36,3 derajat.

Dia mengaku sempat berperjalanan dari Jakarta menuju Bandung pada Rabu pekan lalu. Sehari kemudian, berenang dan bertugas dalam kegiatan alam pesantren dan pada Jumat sempat bersepeda.

Dia sempat pula sholat Jumat di Masjid Salman tapi memilih di halaman. Alasannya karena tidak banyak orang sehingga minim kontak.

" Hari Sabtu menjelang kembali ke Jakarta, merasa unfit, ingin diinfused dulu," kata dia.

3 dari 4 halaman

Inisiatif Isolasi Mandiri

Selain diinfus, Aa Gym juga sempat rapid test dan hasilnya negatif. Diduga Aa Gym kelelahan dan dianjurkan untuk istirahat.

" Akhirnya memutuskan inisiatif saja isolasi mandiri di tempat yang sepi, jauh dari orang-orang," ucap dia.

Aa Gym mulai menjalani isolasi pada malam Minggu. Keesokan harinya berada di tempat isolasi menunggu giliran swab yang dijadwalkan Selasa.

Dia menjalani swab bersama salah satu anak dan santri yang biasa mendampingi. Hasilnya, anak dan santri dinyatakan negatif namun Aa Gym malah positif.

" Alhamdulillah ala kulli hal, semuanya ini qadarullah. Sudah berusaha sedisiplin mungkin, mengajak orang untuk disiplin. Ya tapi mungkin dalam pandangan Allah masih banyak hal yang perlu diperbaiki," ucap dia.

4 dari 4 halaman

Sarankan Kontak untuk Swab

Selanjutnya, Aa Gym memohon doa kesembuhan dari masyarakat. Dia juga menganjurkan setiap orang yang pernah kontak dengannya untuk menjalani swab.

" Yang pernah dekat, walaupun ini katanya baru ya kenanya karena Sabtu saja masih non-reaktif, Aa kurang paham," ucap dia.

Lebih lanjut, Aa Gym mengatakan kondisi saat ini cukup baik dan tidak merasakan sesak ataupun pusing. Hanya saja, pada pagi ini dia merasa pusing karena kurang tidur.

Tak lupa, dia mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan ibadah dan terus memohon kesembuhan kepada Allah. Juga terus menjalankan protokol kesehatan.


Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar