Jangan Abaikan Jika Ada Tahi Lalat Merah di Tubuh

Reporter : Sugiono
Selasa, 27 Agustus 2019 19:12
Jangan Abaikan Jika Ada Tahi Lalat Merah di Tubuh
Hingga saat ini tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan tahi lalat berwarna merah terang ini muncul.

Dream - Memasuki usia 30-an dan 40-an, di beberapa tubuh mungkin akan mulai terlihat benjolan-benjolan kecil berbentuk lingkaran warna merah.

Benjolan-benjolan tersebut  tampak seperti tahi lalat berwarna merah terang. Dalam dunia medis, benjolan merah terang seperti tahi lalat itu disebut angioma ceri.

Angioma ceri sebenarnya adalah tumor jinak pembuluh darah yang tumbuh membesar di bawah kulit. Hingga saat ini tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan angioma ceri muncul.

Namun, para ahli menyebut bahwa angioma ceri bersifat genetik. Karena itu, banyak orang yang menyebut angioma ceri ini sebagai tanda lahir.

Jadi, jika di tubuh kedua orangtua terdapat angioma ceri, maka Sahabat Dream dipastikan akan memilikinya juga.

1 dari 5 halaman

Angioma Ceri Berbahaya?

Angioma ceri sebenarnya tidak berbahaya, jadi tidak ada alasan medis untuk menghilangkannya. " Meski begitu, pasien sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter kulit ketika menemukan angioma ceri," kata Anthony Rossi, MD, FAAD.

 Mitos Tahi Lalat

Rossi adalah seorang ahli bedah kulit di Memorial Sloan Kettering Cancer Center dan asisten profesor dermatologi di Weill Cornell Medical College, New York, Amerika Serikat.

Ia mengingatkan tumor jinak yang awalnya dianggap tidak berbahaya justru bisa menjadi jauh lebih jahat dari yang diperkirakan.

" Biasanya kita menganggap melanoma sebagai tahi lalat hitam yang gelap. Tetapi ada jenis kanker kulit lain seperti karsinoma atau melanoma sel Merkel yang dapat muncul seperti jerawat papula berwarna merah," katanya.

2 dari 5 halaman

Cek ke Dokter Kulit

Terlepas dari ingin menghilangkan angioma atau tidak, dokter kulit bisa memberikan rekomendasi setelah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Karena, bisa saja angioma yang dianggap jinak oleh pasien, tetapi dinyatakan sebagai tanda-tanda munculnya kanker oleh dokter kulit.

 Mitos Tahi Lalat

" Oleh sebab itu, pasien jangan salah tempat dengan pergi ke dokter kecantikan yang sebenarnya tidak dilatih untuk menangani angioma secara medis," tambah Ivy Lee, MD, seorang dokter kulit di Pasadena, California.

Dr Lee mengatakan spa dan klinik kecantikan hanya bisa menghilangkan warna merah dari angioma. Tapi mereka tidak bisa mengonfirmasi apakah angioma itu jinak atau ancaman yang serius.

3 dari 5 halaman

Bahaya Menghilangkan Angioma Ceri Sendiri di Rumah

Setelah tahu angioma ceri tidak berbahaya, kamu mungkin ingin menghilangkannya sendiri di rumah. Padahal cara ini sangat tidak dianjurkan dokter kulit.

 Ini Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya

Menghilangkan angioma ceri tanpa bantuan medis bisa menyebabkan munculnya bekas luka. Tidak itu saja, karena terbentuk dari pembuluh darah, angioma ceri bisa mengakibatkan terjadinya perdarahan.

Hal yang mengerikan, perdarahan akibat menghilangkan angioma ceri sendiri di rumah tidak bisa dihentikan dengan pembalut luka biasa.

" Jika terjadi perdarahan hebat, pasien sebaiknya dibawa ke klinik untuk menghentikan perdarahannya. Memang biayanya lebih mahal," kata Dr Lee.

4 dari 5 halaman

Penanganan Dokter

Untuk angioma ceri berukuran kecil, dokter kulit menggunakan alat khusus yang disebut hyfrecator.

 Mitos Tahi Lalat

" Alat ini pada dasarnya adalah sebuah jarum yang sangat halus. Dengan memanaskan jarum dan mengalirinya dengan listrik, dokter bisa menutup pembuluh darah pecah menggunakan hyfrecator," kata Dr Lee.

Meski dokter kulit memberikan menerapkan krim mati rasa sebelumnya, tetapi pasien tetap akan merasakan sedikit kesakitan.

 

5 dari 5 halaman

Perawatan Laser

Untuk angioma ceri yang lebih besar, dokter kulit mungkin menggunakan laser yang dapat menargetkan pembuluh darah tertentu.

" Prosesnya terlihat sangat keren — bisa melihat warna angioma menjadi gelap. Setelah menyatu, angioma terlihat lebih kecil," kata Dr Rossi.

Menghilangkan angioma dengan laser tidak terlalu menyakitkan dibandingkan dengan jarum, kata Dr. Lee.

Namun, perawatan angioma ceri dengan laser membutuhkan biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan metode jarum. (mut)

Sumber: Reader's Digest

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone