Jangan Salah! Gigi Bisa Retak Lho, Ini Gejalanya!

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 9 November 2017 10:09
Jangan Salah! Gigi Bisa Retak Lho, Ini Gejalanya!
Gigi bisa tetap retak dan rusak bila tak dirawat dengan baik.

Dream Gigi dan tulang merupakan bagian manusia yang paling kuat dibanding organ lain. Namun tetap saja, bukan berarti bagian ini tahan dari kerusakan. Gigi bisa tetap retak dan rusak bila tak dirawat dengan baik.

Gigi retak ditandai dengan rasa ngilu saat menggigit makanan dan minuman yang dingin, panas, dan manis. Gigi juga sensitif terhadap cuaca dingin sehingga terasa ngilu tak tertahankan.

Keretakan gigi biasanya dialami orang rentang usia 30 sampai 50 tahun. Penyebab keretakan bisa karena gaya hidup seperti menggigit benda keras, terbiasa menggeretakkan gigi, sampai menggosok gigi terlalu keras.

Gigi yang retak menyebabkan bakteri bisa masuk ke sela-sela retakan gigi. Lama kelamaan, kuman nakal ini akan menginfeksi bagian dalam, bahkan hingga sampai ke akar. Alhasil, gusi menjadi bengkak dan berimbas pada pencabutan gigi.

shutterstock

Mata telanjang sulit mendeteksi keretakan gigi. Salah satu cara mendeteksi gigi retak ialah dengan scan gigi atau  pengambilan gambar secara tiga dimensi. Alat yang digunakan bernama Cone Beam Computed Tomography.

Hasil foto ini akan digunakan dokter untuk mendeteksi tingkat kerusakan dan penanganan yang tepat untuk memperbaikinya. Salah satu solusi ialah dengan melakukan pembedahan untuk merawat jaringan syaraf dalam kemudian akan membungkusnya kembali dengan mahkota gigi buatan.

Namun bila keretakan hanya terjadi di permukaan, dokter akan langsung membungkus gigi yang retak.

Sahabat Dream, kamu sebaiknya mencegah keretakan gigi dengan mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik. Hindari menggigit benda keras dan menggeretakan gigi.

Pilih sikat gigi yang berbulu lembut dan mempunyai ujung kepala yang sesuai dengan bentuk mulut. Sedangkan pasta giginya harus dipilih jenis yang tak hanya dapat membersihkan mulut secara optimal tetapi juga mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat merusak gigi.

Enzim Classic Mild dibuat dengan rasa yang lembut dan mengandung enzim-enzim dan protein-protein yang berfungsi untuk memperkuat kerja protein-protein alamiah di dalam air ludah.

enzim

 

Efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Ayo cegah keretakan gigi dengan memilih sikat dan pasta gigi yang tepat seperti Enzim Classic Mild.

Beri Komentar