Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

8 Manfaat Senam Aerobik, Olahraga yang Bikin Tubuh Lebih Sehat dan Bugar

8 Manfaat Senam Aerobik, Olahraga yang Bikin Tubuh Lebih Sehat dan Bugar Manfaat Senam Aerobik (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)

Dream – Senam aerobik bukan jenis olahraga yang baru bagi masyarakat. Aktivitas olah tubuh yang mengandalkan gerakan dikombinasikan dengan irama musik ini dikenal efektif untuk membakar kalori. Biasanya seorang instruktur senam yang berdiri paling depan akan memandu gerakan yang diikuti oleh pesertanya.

Selain menjadi olahraga yang mengasyikkan, manfaat senam aerobik juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Otot-otot yang aktif bergerak selama senam baik untuk kesehatan jantung. Sahabat Dream yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan juga bisa mendapatan hasil maksimal dengan rutin mengikuti senam aerobik. 

Seperti dikutip dari alodokter.com, senam aerobik dilakukan dengan rangkaian gerakan yang memiliki tempo cepat dan bertujuan untuk meningkatkan asupan oksigen di dalam tubuh. Hal ini juga sangat baik untuk menurunkan berat badan karena akan terjadi proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh juga akan mengalami peningkatan.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan apa saja manfaat senam aerobik untuk kesehatan tubuh, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui bola.com.

Manfaat Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik

Menurunkan Berat Badan

Manfaat senam aerobik yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan. Ya, olahraga ini bisa menjadi pilihan sahabat Dream yang sedang berusaha untuk mendapatkan tubuh ideal. Apalagi dalam senam aerobik ampuh untuk membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Karena saat senam, tubuhmu akan bergerak sangat aktif.

Usahakan untuk melakukan senam aerobik ini selama 30 sampai 60 menit per hari. Maka akan ada banyak kalori yang terbakar. Namun, sahabat Dream juga jangan lupa untuk selalu menjaga pola maka yang sehat agar hasilnya lebih maksimal.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat senam aerobik berikutnya adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini karena laju metabolisme tubuh berpengaruh pada kemampuan tubuh ketika memproses kalori. Nah, saat kalori tersebut tidak digunakan, maka berat badan akan mengalami kenaikan.

Oleh karena itu, sahabat Dream bisa menurunkannya dengan melakukan senam aerobik. Ada beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan, seperti rocket jump, squat, squat jump, dan sebagainya. Lakukan gerakan tersebut secara berulang sebanyak 15 sampai 25 kali.

Manfaat Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ vital di tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya. Tak sedikit orang yang mengalami masalah kesehatan pada jantungnya dan harus merenggut nyawa, bahkan di usia yang masih muda sekali pun. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan senam aerobik.

Menurut American Heart Association menyatakan bahwa bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, maka sangat dianjurkan untuk melakukan senam aerobik. Karena senam ini mampu membuat jantung lebih kuat dan memacu untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Ketika kinerja jantung ditingkatkan, maka oksigen pun akan dialirkan ke seluruh tubuh dengan lebih banyak. Dengan begitu, peredaran darah bisa lebih lancar dan tidak terjadi penumpukan di pembuluh darah. Hal ini pun bisa membuat kadar kolesterol jahat di tubuh mengalami penurunan.

Menjaga Kesehatan Otot

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan otot. Hal ini karena senam aerobik benar-benar membuatmu tubuhmu selalu bergerak. Sehingga otot-otot pun akan terlatih dan menjadikannya lebih sehat.

Selain itu, aliran darah juga menjadi lebih lancar serta suplai oksigen ke otot juga lebih lancar. Dengan begitu, otot sahabat Dream pun bisa terhindar dari adanya asam laktat.

Manfaat Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik

Menguatkan Sistem Imun

Sistem imun haruslah selalu dijaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Karena ketika sistem imun turun, maka virus dan penyakit akan dengan mudahnya masuk ke tubuh dan tubuhmu tidak mampu menahannya. Nah, salah satu manfaat senam aerobik adalah bisa menguatkan sistem imun.

Hal ini berdasarkan penelitian Pennsylvania State University yang menyatakan bahwa seseorang yang rajin melakukan olahraga, maka jumlah immunoglobin lebih banyak. Kandungan ini adalah sejenis antibodi yang mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sahabat Dream bisa memilih senam aerobik sebagai olahraga yang efektif dalam menguatkan imun tubuh.

Meningkatkan Stamina

Kondisi stamina yang baik tentunya akan membuat tubuhmu jauh dari penyakit. Nah, manfaat senam aerobik ini bisa membuat stamina sahabat Dream meningkat. Tak hanya meningkatkan stamina saja, tetapi juga bisa membuat tubuhmu lebih fresh dan tidak gampang sakit. Kemudian saat kamu beraktivitas juga menjadi tidak gampang lelah.

Manfaat Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik

Meredakan Stres

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, setiap manusia bisa saja mendapatkan tekanan. Baik itu di sekolah, di tempat kerja, bahkan di lingkungan keluarga. Hal ini pun yang berisiko membuat sahabat Dream mengalami stres. Nah, manfaat senam aerobik salah satunya adalah bisa meredakan stres. Hal ini karena senam aerobik bisa membuat perasaanmu lebih bahagia karena menghasilkan hormon endorfin di dalam tubuh.

Hormon endorfin sendiri adalah zat kimia yang bisa dihasilkan secara alami di dalam tubuh. Hormon ini berperan untuk mengurangi rasa sakit ketika memicu perasaan yang positif. Saat sahabat Dream melakukan senam aerobik, maka rasa percaya diri dan fungsi otak sahabat Dream akan meningkat. Inilah yang kemudian bisa menurunkan kemungkinan terjadinya depresi.

 

Tidur Lebih Nyenyak

Bagi sahabat Dream yang kerap mengalami masalah tidur di malam hari, maka bisa mencoba untuk melakukan senam aerobik. Hal ini karena menurut Science Direct, ketika rutin melakukan senam aerobik bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Tentunya ini cocok sekali bagi sahabat Dream yang memiliki masalah insomnia.

Manfaat senam aerobik ini bisa kamu dapatkan dengan melakukan senam aerobik selama 16 minggu. Masalah insomnia yang parah pun bisa terkurangi. Namun ketahui juga, jangan melakukan olahara dalam waktu yang berdekatan. Karena hal ini justru bisa membuatmu sulit tidur.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Olahraga yang Direkomendasikan buat Pemula, Yuk Mulai Gaya Hidup Sehat!

5 Olahraga yang Direkomendasikan buat Pemula, Yuk Mulai Gaya Hidup Sehat!

Ini lho rekomendasi olahraga yang aman untuk pemula, ada apa saja?

Baca Selengkapnya
5 Alasan Olahraga Lebih Baik Dilakukan Pagi Hari

5 Alasan Olahraga Lebih Baik Dilakukan Pagi Hari

Anjuran untuk olahraga di pagi hari bukan tanpa sebab. Ketahui manfaat berolahraga di pagi hari untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Selengkapnya
Manfaat Olahraga Angkat Beban untuk Melawan Penuaan Dini

Manfaat Olahraga Angkat Beban untuk Melawan Penuaan Dini

Latihan strength training dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Manfaat Air Gula Hangat bagi Tubuh, Jadi Sumber Energi yang Cepat Diserap

Manfaat Air Gula Hangat bagi Tubuh, Jadi Sumber Energi yang Cepat Diserap

Air gula bisa membantu asupan kalori harian bagi tubuh.

Baca Selengkapnya
Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Umur panjang dan badan bugar menjadi dambaan setiap orang. Ubah pola hidup agar mendapat umur yang panjang dan tubuh sehat.

Baca Selengkapnya
Olahraga Setiap Hari Baik untuk Kesehatan? Ini Jawaban Pakar

Olahraga Setiap Hari Baik untuk Kesehatan? Ini Jawaban Pakar

Semakin banyak orang yang berolahraga setiap hari. Ada yang menganggapnya baik dan tidak. Simak pendapat pakar dan alasannya.

Baca Selengkapnya
Biar Efektif, Ketahui 4 Hal Saat Mulai Olahraga di Gym

Biar Efektif, Ketahui 4 Hal Saat Mulai Olahraga di Gym

Tak perlu bingung saat berolahraga di gym pertama kali. Cukup perhatikan 5 hal ini sebelum datang ke tempatnya agar aktivitasmu teratur.

Baca Selengkapnya
Ini Manfaat dari Badminton, Ternyata Bukan Sekadar Sehat Saja

Ini Manfaat dari Badminton, Ternyata Bukan Sekadar Sehat Saja

Bulutangkis merupakan cabang olahraga populer yang dapat dimainkan oleh segala usia. Yuk, simak apa saja manfaat dari badminton!

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya