CONNECT WITH US!
CONNECT WITH US!

Musim Hujan Datang, Ini Cara Cepat Sembuhkan Flu

Reporter : Glugut Hari Pamungkas | Senin, 9 Januari 2017 14:30
Flu makin sulit hilang? Eits, kenali dulu tentang penyakit flu dan cara untuk mengobatinya ya.

Dream - Ketika musim hujan datang, banyak persiapan pun dilakukan. Salah satu yang perlu disiapkan adalah kondisi fisik kita sendiri. Karena musim hujan identik dengan musim di mana banyak penyakit bermunculan, salah satunya adalah penyakit flu.

Apa sih flu itu?

Flu atau influenza adalah penyakit yang umum terjadi saat musim hujan. Penyakit menular ini disebabkan oleh virus influenza yang kerap menyerang karena daya tahan tubuh menurun. Gejalanya juga beragam mulai dari demam, bersin, hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala hingga nyeri di badan. Bahkan, beberapa orang juga mengalami gejala muntah hingga diare. Kamu pernah mengalami juga, Sahabat Dream?

Flu juga merupakan penyakit yang sering ditemui di Indonesia sepanjang tahun. Jumlahnya makin meningkat selama musim hujan yakni pada bulan Desember sampai Januari. 

Bisa disembuhkan oleh daya tahan tubuh?

Flu sendiri ternyata merupakan salah satu penyakit self-limiting disease. Artinya, bisa sembuh sendiri oleh daya tahan tubuh. Nah, obat-obatan yang sering dikonsumsi saat flu seperti penghilang demam, obat batuk dan pilek hanya mengobati gejalanya saja, bukan penyebab penyakit itu sendiri. Padahal sebenarnya ada cara untuk mempercepat proses pemulihannya, lho.

Dehidrasi, ternyata bikin flu nggak cepet sembuh

Udah minum obat teratur, tapi flu belum juga sembuh? Dalam proses penyembuhan flu, sering kali tubuh mengeluarkan banyak cairan. Mulai dari keringat, ingus, hingga dahak. Nah, jika tubuh kekurangan cairan tubuh akan rentan mengalami dehidrasi dan hal ini akan menghambat proses penyembuhan. Itulah mengapa menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting dalam proses penyembuhan flu.

Saat dehidrasi, sebenarnya tubuh menghasilkan zat yang bernama histamin yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan kekebalan tubuh. Tapi, sayangnya saat dehidrasi, histamin ini “lebih sibuk” mengatur kadar cairan, dari pada menjaga kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh tidak bekerja secara optimal. Karena nggak bekerja secara optimal, flu jadi makin sulit sembuh deh.

Cara mengatasi dehidrasi 

Untuk mengatasi dehidrasi, ternyata nggak cukup dengan mengonsumsi minuman mengandung air saja, lho. Cairan tubuh manusia terdiri dari air dan ION, karena itu untuk memenuhi kebutuhan cairan dianjurkan  minum cairan yang mengandung air dan ION yang komposisinya mirip dengan cairan tubuh seperti Pocari Sweat.  ION juga membuat cairan dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh sehingga rehidrasi lebih optimal.  Jadi pastikan tubuh terhidrasi dengan tepat untuk membantu pulihkan flu lebih cepat.

Pocari

Biarpun begitu, yuk semangat kalahkan flu agar bisa beraktivitas dengan normal. Kembalikan cairan tubuh yang hilang dengan Pocari Sweat, minuman ber-ion yang efektif untuk mengatasi dehidrasi. Rasanya yang enak dan menyegarkan juga bakalan bikin kamu semangat untuk meminumnya. Semoga bisa segera kalahkan flu yang membandel! Info lengkap klik di sini.

Rekomendasi Pilihan



Kisah Abu Bakar As Shiddiq, Sahabat Terdekat Rasulullah

Selasa, 27 Juni 2017 18:04

Abu Bakar begitu setia menemani Rasulullah hingga Sang Junjungan Umat itu meninggal.

Elektabilitas Azwar Anas di Cawagub Pilgub Jatim Tertinggi

Selasa, 27 Juni 2017 16:24

Anas punya beberapa faktor yang mendukung sebagai cawagub Jatim.

Tutorial Makeup Natural untuk Tampil Cantik Saat Lebaran

Selasa, 27 Juni 2017 16:02

Riasan tipis seperti yang dikenakan Irna Dewi ini bisa membuat wajah tetap terlihat fresh sepanjang hari.

Tips Memilih Sepatu Saat Kenakan Dress

Selasa, 27 Juni 2017 13:02

Heels atau sepatu yang matching dengan atasan akan terlihat chic bukan?

Kehidupan Bahagia 3 Ayah dengan 100 Anak

Selasa, 27 Juni 2017 12:06

Gulzar percaya bahwa Islam melarang umatnya untuk menjalani program keluarga berencana.

3 Tempat Ini Jadi Pintu Masuk Alien, Salah Satunya Indonesia

Selasa, 27 Juni 2017 10:02

Para ilmuwan mengungkapkan ada tiga tempat yang mungkin menjadi pintu masuk alien ke bumi.