CONNECT WITH US!

Orang Gendut Vs Orang Kurus, Lebih Bahagia Siapa?

Reporter : Gladys Velonia | Selasa, 2 Januari 2018 17:41
Timbangan Berat Badan
Mereka yang memiliki bobot tubuh berlebihan, justru mempunyai ...

Dream - Masalah berat badan pada orang-orang yang berbobot lebih sering disangkut-pautkan dengan beragam risiko penyakit. Seperti menurunnya kondisi jantung, diabetes, dan meningkatkan risiko stroke.

Namun, sebuah studi terbaru menunjukkan, mereka yang berlebihan berat badan hidupnya lebih bahagia.

Studi yang dipublikasi dalam International Journal of Epidemology ini dilakukan oleh tim peneliti dari University of Bristol, Inggris. Tim dipimpin Louise Millard dan George Davey Smith.

Studi dilakukan pada sekelompok orang yang dipindai secara otomatis oleh PHESANT (PHEnome Scan ANalysis Tool). Alat ini berada di Biobank Inggris, sebuah database yang berisi data genetik dari 500.000 pria dan wanita di Inggris dari usia 37 sampai 73 tahun.

Dari hasil studi itu, ditemukan hubungan erat antara bobot tubuh seseorang dengan kondisi kesehatannya seperti yang sudah diketahui pada umumnya.

Hal yang mencengangkan, temuan adanya orang yang memiliki bobot tubuh berlebihan, justru mempunyai ketenangan dalam berpikir yang lebih baik dibandingkan dengan orang kurus.

" Mereka dengan kondisi genetik terhadap BMI (Indeks Masa Tubuh) lebih tinggi, cenderung tidak menganggap diri mereka sebagai orang yang gugup atau menyebut diri mereka tegang atau 'sangat terikat' ketika dalam kondisi mendesak," ujar Millard.

Hasil dari studi tersebut didukung oleh Dasha Nicolls, dari Royal College of Psychiatrists, Inggris. Menurutnya mereka yang gizinya terpenuhi dengan baik, emosinya cenderung lebih stabil.

" Kami tahu bahwa jika seseorang mengalami gangguan gizi, dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk mengatur emosi mereka," tutur Nicolls.

(ism, Sumber: Independent.co.uk)

Sakit, Putri Denada Dirawat di Singapura