Tiga Kesalahan Cara Makan yang Bisa Memicu Kegemukan

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 3 Desember 2015 12:15
Tiga Kesalahan Cara Makan yang Bisa Memicu Kegemukan
Kebanyakan orang sepertinya hanya memikirkan pola makan dan perhitungan jumlah kandungan kalori saja tanpa mempedulikan cara mereka makan

Dream - Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari tata cara makan bisa menjadi salah satu penyebab kegemukan. Mereka sepertinya hanya memikirkan pola makan dan perhitungan jumlah kandungan kalori saja tanpa mempedulikan cara mereka makan.

Seperti yang dikutip Eatclean, Kamis, 3 Desember 2015 ada tiga kebiasaan yang dapat menyebabkan badan sulit kurus, yakni :

1. Makan Sambil Berdiri

Makan dalam kondisi ini membuat otak sulit mengontrol jumlah makanan yang masuk ke perut. Sebaiknya mulailah untuk membiasakan duduk saat makan, saat piring sudah kosong maka otak akan segera sadar kalau tubuh sudah cukup menerima asupan.

Selanjutnya hormon akan mempersiapkan tubuh untuk mencerna makanan. Saat memutuskan untuk berdiri dari meja makan maka otak akan terbiasa berpikir waktu makan telah selesai.

Berbeda saat makan sambil berdiri, otak akan mengarahkan Anda untuk menuju tempat makan lainnya dan menambah jumlah porsi makan.

2. Tidak Mengunyah Makanan Secara Menyeluruh

Kebanyakan orang mengunyah makanan hanya dua hingga tiga kali kecapan kemudian menelannya. Telebih saat kondisi sangat lapar maka sangat sulit memperlambat kunyahan agar makanan menjadi lebih halus.

Sebaiknya mulailah untuk mengunyah makanan secara perlahan. Hal ini dapat lebih menhargai rasa makanan yang dikonsumsi. Sehingga lebih dapat menikmatinya, dan tanpa sadar hal tersebut dapat mengontrol porsi makanan.

3. Jadwal Makan yang Tidak Teratur

Secara alami hormon tubuh mengatur sinyal untuk tidur, bangun dan makan sepanjang hari. Hal ini biasa disebut dengan ritme sirkandian.

Sebaiknya mulailah untuk membuat jadwal makan agar teratur setiap harinya. Hal ini bertujuan membantu melatih otak dan tubuh menginginkan makan pada waktu tepat dengan jumlah yang ideal.

Selain itu tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari juga dapat membantu tubuh mengontrol keinginan makan. Selamat mencoba.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More