Danau Aneh, 'Mendidih' Namun Dingin Seperti Es

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 30 Oktober 2015 09:35
Danau Aneh, 'Mendidih' Namun Dingin Seperti Es
Selain keunikannya ini, Danau Ninivila menjadi daya tarik wisatawan lantaran menyuguhkan panorama yang 'fotogenik'.

Dream - Fenomena alam unik terjadi di salah satu sudut Indonesia. Sebuah danau di Pulau Seram, Maluku memiliki air yang terlihat seperti mendidih, mengeluarkan gelembung dan menghasilkan asap.

Namun anehnya, air danau tersebut tidak panas, cenderung dingin seperti es. Bahkan para pengunjung bisa mandi atau berenang di dalamnya.

Danau unik ini bernama Ninivila. Berada di Desa Piliana yang merupakan desa adat orang-orang Wemale di pedalaman Seram Utara, berjarak 2 km dari Negeri Hatu di Kecamatan Tehoru.

Danau ini berukuran tidak terlalu besar dan mendapatkan pasokan air langsung dari dalam bumi. Meski berasal dari dalam tanah, air yang keluar tidak panas.

Lantas mengapa bisa muncul gelembung didih dan asap? Usut punya usut, gelembung itu terjadi karena air keluar langsung dari pori-pori tanah. Sementara asap berasal dari embun air yang menyembul keluar dari tanah dan 'bergesekan' dengan hawa panas bumi di luar.

Selain keunikannya ini, Danau Ninivila menjadi daya tarik wisatawan lantaran menyuguhkan panorama yang 'fotogenik'.

Hal lain yang menarik dari danau ini adalah mitos yang melekat padanya. Masyarakat setempat percaya jika seseorang berenang di danau ini sambil memikirkan orang yang dicintai konon bisa berjodoh.

Tertarik mengunjungi danau ini? Persiapkan diri Anda sebelum berwisata ke Danau Ninivila karena perlu usaha ekstra untuk sampai ke sana. Mengingat lokasinya yang cukup jauh dan belum terlalu tersentuh.

(Sumber: Indonesia.Travel)

Beri Komentar