Danau Toba Berbenah Incar Gelar 10 Destinasi Top Wisata

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 20 November 2015 13:15
Danau Toba Berbenah Incar Gelar 10 Destinasi Top Wisata
Pemerintah semakin serius menjadikan Danau Toba sebagai salah satu dari sepuluh destinasi top di Indonesia.

Dream - Objek wisata terkenal dari Sumatera Utara, Danau Toba, bakal makin cantik. Sebuah badan revitalisasi dibentuk untuk membuat tujuan wisata ini menjadi salah satu dari 10 destinasi favorit wisatawan. 

Menteri Pariwisata, Arief Yahya hadir dalam pembukaan Festival Danau Toba 2015. Didampingi pelaksana tugas (plt) Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi optimistis potensi alam yang berpadu dengan kekayaan budaya masyarakat pesisir Danau Toba dapat berkembang pesat.

" Sebagai komitmen kami lakukan revitalisasi danau Toba dengan membentuk badan revitalisasi," ungkap Arief dalam sambutannya di Taman Mejuah juah, Brastagi Sumatera Utara pada Kamis, 19 November 2015.

Proses penghidupan kembali Danau Toba akan dimulai dengan memperbaiki manajemen dan infrastruktur. " Kami perbaiki jalan, sarana air dan jalan menuju ke sana," imbuh Arief.

Selanjutnya pemerintah akan serius membawa danau Toba sebagai salah satu dari sepuluh destinasi top di Indonesia. Sebagai buktinya, keputusan presiden (kepres) yang mengatur revitalisasi danau Toba dalam proses penyelesaian.

" Nanti Keppres revitalisasi akan keluar pada triwulan semester pertama tahun depan," kata Menteri Pariwisata.

Dengan dibentuknya Keppres ini, Kemenpar berharap akan terserap tenaga kerja enam kali lebih banyak dibandingkan proyek manufaktur.

" PDB (Produk Domestik Bruto) dari pariwisata itu 9 persen dan menyerap tenaga kerja 11 juta orang yang setara dengan devisa US$ 11 miliar," lanjut Arief Yahya menambahkan.

Dalam jangka panjang, pemerintah memproyeksikan kunjungan wisata nusantara pada tahun 2020 bakal menembus 15 juta orang dengan nilai Rp 15 triliun. Sedangkan unuk wisata mancanegara hanya ditargetkan pada satu juta kunjungan dengan pendapatan kurang lebih Rp 15 triliun juga.

" Saat ini Danau Toba diharap mampu menjadi wisata geopark yang kalderanya sedang kita usahakan untuk mendapat sertifikat Global Geoparks Network," tutup Arief Yahya.

Beri Komentar