`Demam` Bukit Jaddih Melanda Turis Indonesia

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 19 November 2015 13:44
`Demam` Bukit Jaddih Melanda Turis Indonesia
Bukit Jaddih di Bangkalan Madura ini dikatakan mirip dengan destinasi wisata tersohor di Turki, Cappadocia.

Dream - Belum selesai demam Brown Canyon di Semarang yang dinilai mirip dengan Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat. Kini traveler Indonesia kembali dihebohkan dengan keberadaan Bukit Jaddih di Bangkalan Madura yang dikatakan mirip dengan destinasi wisata tersohor di Turki, Cappadocia.

Beberapa tahun lalu, nama Bukit Jaddih di Bangkalan tak begitu dikenal. Wajar saja, karena bukit ini sebenarnya hanya merupakan kawasan tambang batu kapur yang berdebu. Area ini juga dulunya tak dibuka untuk umum.

Namun perlahan, lanskap Bukit Jaddih banyak membuat orang kagum dan penasaran. Banyak traveler yang datang untuk mengabadikan gambar di kawasan ini.

Akhirnya, dibukalah kawasan ini sebagai obyek wisata. Sejak saat itu, pengunjung yang datang seakan tak ada hentinya.

Untuk menjangkau lokasi Bukit Jaddih, tidaklah sulit. Dari Surabaya, hanya menempuh waktu selama satu setengah via jalur darat melalui jembatan Suramadu.

Di Bukit Jaddih, pemandangan sisa-sisa bukit kapur yang telah ditambang akan menjadi suguhan utama yang menyambut Anda.

Panorama bukit kapur ini memang bisa dibilang sebelas dua belas dengan Cappadocia di Turki. Sangat fotogenik jika diabadikan dengan kamera.

Penambangan di sana menyisakan gua-gua kecil yang membentuk pemandangan cantik. Tebing kapur terpotong rapi seolah membentuk dekorasi menawan.

Di salah satu sudut Anda bisa menjumpai sebuah kolam yang diberi nama Goa Potte. Goa Potte dapat sedikit menyegarkan pandangan para pengunjung.

Namun satu hal yang perlu diingat, kawasan Bukit Jaddih masih digunakan untuk kegiatan pertambangan meskipun telah dibuka untuk wisata.

Jadi, Anda yang berwisata ke sana sebaiknya berhati-hati karena banyak kendaraan berat yang masih kerap berlalu lalang di kawasan tersebut. (Ism) 

Beri Komentar