Tips Traveling Hemat dan Nyaman

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 19 November 2015 16:00
Tips Traveling Hemat dan Nyaman
Bagi sebagian orang mungkin belum menganggarkan budget liburan ke dalam pengeluaran bulanannya. Berikut tipsnya.

Dream - Berlibur merupakan kegemaran hampir setiap orang, dengan berlibur kita bisa menjelajahi suatu tempat yang baru, dengan atmosfir yang baru pula. Menghilangkan penat sejenak akibat kerja atau kuliah.

Bagi sebagian orang mungkin belum menganggarkan budget liburan ke dalam pengeluaran bulanannya. Namun jangan khawatir, beberapa tips dari saya ini semoga bisa membantu dalam merumuskan liburan yang hemat namun tetap nyaman.

1. Berburu tiket termurah

Sekarang berlibur tidak harus mahal, beberapa maskapai sering mengadakan promo tiket murah, bahkan Rp. 0 di mana kita hanya membayar pajak dan bagasi (jika membawa bagasi). Tiket promo ini biasanya di set pada hari-hari low season.

Seperti pada bulan-bulan yang tidak ada tanggal merah dan hari libur nasional. Namun tidak menutup kemungkinan pada hari-hari tersebut terdapat tiket promo. Biasanya waktu pemesanannya dibatasi sehingga tidak semua seat harganya murah.

2. Daftar newsletter airlines dan web penyedia tiket maupun penginapan

Promo pada airlines dan web tertentu sering kali kurang terdengar, nah salah satu tips agak tidak terlewat promo tersebut yaitu dengan mendaftar newsletter. Dengan mendaftar kita akan dikirimi berita-berita tentang promo tiket, review hotel, bahkan sampai poin-poin yang dapat ditukar dengan tiket gratis, yay!

3. Cermat memilih tempat menginap

Untuk beberapa negara, hotel  biasanya mempunyai tarif yang tinggi. Misalkan di Thailand, dengan 300K kita sudah bisa mendapat kamar untuk dua orang  dengan sarapan.

Berbeda di Singapura kamar yang berkapasitas dua orang biasanya mempunyai tarif tinggi, bisa 50 persen lebih mahal daripada di Thailand (ini dengan perbandingan hotel bintang tiga di kawasan tempat wisata).

Maka jangan ragu untuk mencoba pengalaman menginap di hotel untuk para backpacker. Tidak seseram namanya, hostel di sini fasilitasnya bagus dengan beberapa pilihan fasilitas seperti kamar mandi dan kamar private.

Saya sendiri beberapa kali menginap di backpacker hostel karena hargan lebih miring dan senangnya hostel kadang mengadakan acara seperti BBQ di rooftop ataupun tour keliling kota sehingga penghuni hostel bisa bersosialisasi satu sama lain, say hi to new friends.

4. Perlengkapan fotokopi passport atau visa

Pastikan semua identitas sudah digandakan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti scam atau tindakan kriminal sejenisnya. Bawalah salinan dari kartu identitas kemanapun kamu pergi dan tinggalkan yang asli di tempat yang aman seperti safety deposit box.

Untuk memperlancar perjalanan teman-teman yang berencana pergi keluar negeri pastikan masa berlaku paspornya lebih dari enam bulan dan sudah mengurus visa bagi Negara yang tidak bisa visa on arrival.

5. Riset terlebih dahulu

Bagi teman-teman yang pertama kali berkunjung ke sebuah kota atau negara, jangan lupa membuat perencanaan yang matang mengenai apa saja yang akan dilakukan selama dis ana. Bisa Tanya-tamya  via buku seperti ‘Lonely Planet’ atau tanya di milis/forum/kenalan yang pernah kesana.

Karena rencana ini sangat membantu agar tempat yang ingin kamu singgahi tidak terlewat. Jangan lupa membawa pakaian sesuai musim. Untuk membuat rencana perjalanan didahului dengan survey objek wisata apa saja yang ingin dikunjungi, kendaraan untuk mencapai lokasi tersebut, hingga tempat makan-makan favorit yang akan dikunjungi.

Jangan lupa menghafalkan pintu keluar setiap tujuan kamu, karena pada metro/kereta cepat di beberapa negara, exit pointnya ada hingga tujuh pintu.

6. Berbaur dan mengakrabkan diri

Tour with the local is the best! Jangan lupa hubungi kawan-kawan mudi kota tujuan untuk bertemu. Informasi dari orang yang tinggal di sana sangat berguna.

Kita bisa mendapatkan tempat-tempat indah yang masih jarang dikunjungi, tempat yang menjual makanan khas dengan harga miring, ataupun berkeliling kota sambil mendengarkan kisah seru mengenai budaya dan kebiasaan warga lokal.

7. Bawa barang-barang penting

Gak mau kan liburan terhambat karena diare, kaki lecet, atau kamera rusak? Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi agar perjalanan mulancar. Pilihlah sepatu yang nyaman namun tetap stylish untuk menghindarkan kaki mu dari lecet saat berjalan-jalan.

Yang paling penting kamera! Untuk gadget satu ini ada baiknya untuk membawa cadangan, entah smartphone dengan memori besar dan resolusi tinggi, ataupun kamera poket tambahan. Agar dokumentasi perjalanmu dapat terekam secara sempurna.

Last but not least, Pray.

Jangan lupa selalu berdoa agar dimudahkan dan dilancarkan perjalanannya.

Life begin in the end of your comfort zone, go someplace you’ve never been before.

Oleh: Vania Eka Putri, finalis Dream Girls 2015

Beri Komentar