Peninggalan Islam Menginspirasi Istana Disney

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 20 November 2015 05:04
Peninggalan Islam Menginspirasi Istana Disney
Ternyata, kastil dalam film Disney terinspirasi dari bangunan peninggalan peradaban Islam.

Dream - Anda penggemar film kartun Disney, tentu pernah melihat kastil tempat tinggal Cinderella. Namun sudah tahukah Anda, jika kastil dalam film kartun tersebut ternyata terinspirasi dari sebuah bangunan peninggalan peradaban muslim yang ada di Spanyol.

Bangunan yang dimaksud adalah Alcazar yang terletak di wilayah Segovia, Spanyol. Seperti diketahui, dahulu Spanyol pernah dikuasai oleh oleh bangsa muslim. Hal ini pula yang menyebabkan banyak peninggalan bangunan bergaya arsitektur Islam dan Timur Tengah di negeri matador itu.

Alcazar sendiri berbentuk sebuah istana megah yang dibangun di atas pertemuan dua sungai dekat Pegunungan Guadarrama. Istana ini memiliki ciri khas sama dengan kebanyakan benteng-benteng di Spanyol, yakni bentuk bangunannya yang serupa haluan kapal.

Alcazar dibangun kurang lebih pada abad ke-11 dan merupakan benteng sekaligus istana pada masa kejayaan Islam. Kompleks bangunan megah nan indah ini ditetapkan sebagai Bien de Interes Cultural (lokasi bersejarah di Spanyol) pada tahun 1931.

Salah satu daya tarik dari tempat ini adalah gaya arsitekturnya yang sangat indah. Di dalamnya terdapat satu-satunya masjid yang tersisa dari 18 masjid yang pernah ada di kota tersebut.

Saat pasukan Kristen menyerang pada tahun 1255, masjid tersebut berubah fungsi menjadi gereja yang didedikasikan untuk Virgin Mary oleh Raja Alfonso X of Castile. Sejak itu menara masjid pun diubah menjadi menara lonceng gereja.

Kini Alcazar berfungsi sebagai museum dan tetap dipertahankan sebagai salah satu situs sejarah yang paling populer di Spanyol. (Ism)

Beri Komentar