Islam Jadi Agama Terbesar Dunia Tahun 2050

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 6 April 2015 13:02
Islam Jadi Agama Terbesar Dunia Tahun 2050
Berdasarkan laporan Pew Research Center Religious and Public Life, populasi umat Islam dunia akan tumbuh mencapai 34,9 persen dari total populasi dunia pada tahun 2050.

Dream - Minat terhadap Islam di seluruh dunia ternyata berkembang cukup pesat. Diprediksi, pada tahun 2050, Islam akan menghiasi wajah sebagian besar negara dunia.

Dikutip Dream.co.id dari laporan Lembaga pemerhati pertumbuhan kehidupan beragama dunia berdomisili di Amerika Serikat, Pew Research Center, Senin, 6 April 2015, populasi umat Islam dunia akan tumbuh mencapai 34,9 persen dari total populasi dunia pada tahun 2050. Hal ini juga terjadi pada umat Kristen, tetapi dengan jumlah lebih sedikit mencapai 33,8 persen dari total populasi dunia.

Dalam laporan tersebut, data pertumbuhan jumlah muslim ditunjukkan berasal dari kawasan Benua Afrika. Dalam tiga dekade belakangan, benua ini menyumbang tingkat kelahiran muslim terbesar di dunia.

Posisi kedua ditempati Benua Eropa. Meski benua ini didominasi agama Kristen dan keyakinan lain, pertumbuhan umat Islam ternyata terjadi begitu tinggi, mencapai 10 persen dari total populasi.

Merunut dalam kurun waktu lima tahun terakhir, pertumbuhan umat Islam pada 2010 hanya mencapai 1,6 miliar jiwa atau setara 23 persen dari populasi dunia. Padahal, pada tahun yang sama, pertumbuhan umat Kristen sudah sebesar 6,9 miliar jiwa.

Secara demografis, pertumbuhan Islam diramal akan mencapai 73 persen. Urutan pertumbuhan kedua dan seterusnya ditempati Kristen sebesar 35 persen, Hindu sebesar 34 persen, Yahudi 16 persen, agama lokal 11 persen, dan kaum tidak beragama sekitar 9 persen.

Tren ini diprediksi akan terjadi selama 50 tahun ke depan, dan mengubah wajah dari beberapa negara seperti Inggris, Australia, Selandia Baru, Belanda, Perancis. Selain angka kelahiran, terdapat penyebab lain yang membuat pertumbuhan umat Islam cukup tinggi, yaitu semakin meningkatnya jumlah pemeluk Islam di Negeri Tirai Bambu, Tiongkok.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak