'Rue Soekarno', Jalan Proklamator RI di Maroko

Reporter : Puri Yuanita
Minggu, 16 Agustus 2015 15:00
'Rue Soekarno', Jalan Proklamator RI di Maroko
Kebanyakan WNI yang datang ke Maroko menyempatkan diri singgah ke jalan ini untuk sekadar mengabadikan gambar atau ber-selfie.

Dream - Masyarakat Indonesia mesti berbangga. Pasalnya, nama Proklamator RI Soekarno ternyata diabadikan di beberapa negara lain berkat jasa-jasanya.

Salah satu negara yang mengabadikan nama Soekarno adalah Maroko. Di ibukota Maroko, Rabat, terdapat sebuah jalan yang dinamai jalan Avenue Soekarno alias Jalan Soekarno. Plang resmi dengan bahasa setempat menyebutnya Rue Soekarno.

Lalu, bagaimana sejarahnya hingga jalan di kota dengan mayoritas penduduk etnis Arab itu dinamai Jalan Soekarno?

Rupanya, dukungan Indonesia atas kemerdekaan bangsa-bangsa jajahan dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955, di Gedung Merdeka Bandung sangat berkesan di hati para pemimpin negara-negara Afrika, termasuk Maroko.

Terbukti, setahun setelah KAA, tepatnya 2 Maret 1956, Maroko meraih kemerdekaannya. Hari itu juga Indonesia membuka Kantor Kedutaan Besar di Rabat.

Kemudian, pada 2 Mei 1960 Soekarno berkunjung ke Maroko sebagai bentuk ucapan selamat Indonesia atas kemerdekaan Maroko dari jajahan Prancis. Kehadiran presiden pertama RI kala itu ternyata mendapat sambutan yang luar biasa dari Raja Mohammed V dan rakyat Maroko.

Raja Maroko menganggap Soekarno sebagai tokoh yang berperan penting dalam kemerdekaan negaranya. Bahkan Indonesia merupakan negara pertama yang mengakui kedaulatan Negeri Magribi itu.

Atas dasar itulah, Raja Mohammed V mengapresiasi jasa-jasa Soekarno dengan mengabadikan namanya sebagai nama salah satu jalan besar di Rabat. Sejak saat itu pula pemerintah Maroko memberlakukan Visa on Arrival kepada wisatawan Indonesia yang datang ke wilayahnya.

Sebagai timbal baliknya, nama Casablanca yang merupakan kota terbesar kedua di Maroko digunakan Presiden Soekarno sebagai nama salah satu jalan di Jakarta, yakni Jalan Casablanca yang terbentang dari Tanah Abang hingga Kampung Melayu.

Hingga kini, Jalan Soekarno masih dapat ditemukan di Kota Rabat. Jalan ini bahkan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia yang datang ke sana. Kebanyakan WNI yang datang ke Maroko menyempatkan diri singgah ke jalan ini untuk sekadar mengabadikan gambar atau ber-selfie.

Beri Komentar
[17 Feb 19:30] Live Streaming Debat Capres 2