Hotel Ini Tak Pernah Kedatangan Tamu Selama 61 Tahun

Reporter : Sandy Mahaputra
Jumat, 14 Agustus 2015 09:16
Hotel Ini Tak Pernah Kedatangan Tamu Selama 61 Tahun
Padahal, jika melihat sejarah dan lokasinya, hotel ini seharusnya bisa menarik banyak wisatawan untuk menginap.

Dream - Sebuah hotel dengan 300 kamar di Italia sudah melakukan berbagai upaya agar dikenal masyarakat luas, tetapi hingga sekarang belum ada satu pun tamu yang mau menginap di dalamnya.

Italia terkenal dengan pasta yang lezat, pedesaan dan pantai yang cantik. Tetapi negara ini juga menawarkan setidaknya satu hotel 'hantu', Grande Hotel de Calogero.

Kebanyakan wisatawan asing tidak pernah mendengar tentang Grande Hotel de Calogero. Kompleks perhotelan di Sisilia itu telah dibangun selama puluhan tahun tetapi tidak ada satu pun tamu yang berminat untuk menginap.

Grande Hotel de Calogero bukannya tidak pernah melakukan usaha untuk menarik para tamu. Sejak dibangun 61 tahun yang lalu, hotel ini telah mengalami renovasi sebanyak dua kali dan pembukaan sebanyak empat kali.

Kendati demikian, hotel dengan 300 kamar ini tidak pernah menerima tamu. Padahal, jika melihat sejarah dan lokasinya, hotel ini seharusnya bisa menarik banyak wisatawan untuk menginap.

Hotel ini didirikan di atas Monte Kronio, puncak pegunungan setinggi 1.300 kaki yang sebelumnya menjadi tempat berdirinya sebuah basilika kuno yang menjadi pemakaman Saint Calogero, orang suci abad ke-16. Pegunungan ini merupakan bagian dari sebuah cagar alam yang memiliki pemandangan indah dan sumber air panas yang terkenal yang jaraknya tidak terlalu jauh dari hotel.

Menurut TheLocal.it, pekerjaan pertama pembangunan hotel yang memiliki lima lantai dimulai pada 1954. Setelah secara mengejutkan selesai dalam waktu 30 tahun, hotel Grande Hotel diresmikan pada 1984.

Namun timbul masalah. Tidak ada pengawasan terhadap penanggung jawab manajemen hotel. Akibatnya hotel tidak berjalan padahal pembangunannya didanai oleh pemerintah Sisilia.

Setelah beberapa tahun mangkrak, pemerintah Sisilia kembali mengambil alih pengelolaan hotel yang sudah mulai mengalami pelapukan tersebut.

Hotel ini pun mendapat perbaikan di sana-sini selama beberapa tahun. Sehingga sekali lagi Grande Hotel de Calogero dianggap renovasinya selesai pada 1993 dan dilakukan upacara pembukaan.

Namun, masalah lain segera muncul yakni hotel tidak memiliki sistem drainase yang memadai. Pembukaan hotel pun kembali ditunda.

Koperasi bisnis lokal yang telah dibentuk untuk mengelola hotel itu akhirnya mengucurkan dana sekitar US$ 874.000 untuk membangun sistem drainase. Akhirnya, pada 1998, hotel mewah ini dibuka kembali dengan penuh kemeriahan. Dan, dengan cepat, ditutup lagi, untuk alasan yang tidak jelas.

Ada satu upaya terakhir untuk menghidupkan kembali Grande Hotel de Calogero 15 tahun yang lalu. Sebuah koperasi investor baru mengambil alih pengelolaan hotel pada 2000 dan berencana menghubungkannya dengan sistem drainase kota. Sayangnya, dewan daerah lalai saat mengajukan izin untuk proyek tersebut sehingga Grande Hotel de Calogero kembali terbengkalai.

Jadi meski berbagai macam upaya selama 61 tahun terakhir, hotel di Sisilia ini tetap kosong.

(Sumber: Fortune.com)

Beri Komentar