Baju Muslim Streetwear Dian Pelangi di NYFW 2019

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 11 Maret 2019 18:13
Baju Muslim Streetwear Dian Pelangi di NYFW 2019
Dian kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Dream - Dian Pelangi kembali melenggang di New York Fashion Week (NYFW) 2019. Kali ini Dian tampil di panggung The Show yang lebih bergengsi dari tahun sebelumnya.

Bersama Wardah, Dian menampilkan koleksi anyar modest wear bertajuk #SOCIALOVE. Mengangkat gaya fashion di media sosial, Dian memberi sentuhan streetwear pada busananya.

Dian menggabungkan kesan feminin dan berani lewat warna hitam dan pink. Para model berjalan dengan memakai signature belt bertuliskan Dian Pelangi.

Tak hanya itu, koleksi Dian kali ini juga didukung oleh brand fashion terkemuka, Adidas. Beberapa aksesori dan sepatunya memakai karya rumah mode asal Jerman itu.

Dian juga memperlihatkan situasi backstage lewat akun Instagramnya. Dengan jarum pentul di tangan, desainer 28 tahun itu nampak sibuk melakukan fitting bersama para model.

"Aku selalu menyukai energi di backstage. Harus cepat, perfeksionis, inspiratif, multitasking sekaligus bersenang-senang untuk memastikan para model berjalan sempurna dengan sentuhanku," tulis Dian di keterangan foto.

Tak sendiri, Dian tampil bersama Itang Yunasz, 2Madison Avenue dan Alleira Batik dengan mengusung tema 'Indonesian Diversity'. Mereka sukses mengharumkan nama Tanah Air lewat industri fashion.

1 dari 4 halaman

Ini Koleksi Dian Pelangi yang Bikin New York Fashion Week Kagum

Dream - Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah sudah merencanakan perkembangan industri kreatif lokal akan meningkat pada 2020. Dan di awal tahun ini hal tersebut mulai menunjukkan titik terang dengan pesatnya perkembangan modest fashion Indonesia.   Dian Pelangi merupakan salah satu desainer yang membuktikannya dengan menampilkan 12 koleksi bertema 'Sociable' di The Show New York Fashion Week (NYFW) 2019.   " Koleksi ini terinspirasi dari karakter orang New York yang aktif di media sosial, sangat up-to-datedan dinamis," katanya di 100 Eatery & Bar, Jakarta Selatan, Kamis lalu.   Karakter tersebut digambarkan dengan kombinasi warna hitam, putih, pink, kuning, dan lain-lain. Ia pun memakai motif batik abstrak yang diprint di atas bahan thai silk, tenun, ATBM dan satin.

  Koleksi 'Sociable'  Dian Pelangi

Koleksi 'Sociable' Dian Pelangi (Cynthia Amanda Male/ Dream)

" Di sini juga saya menambahkan detail payet, tipografi yang terinspirasi dari caption Instagram, dan motif kotak-kotak yang terinspirasi dari jendela New York," tambah dia.   Hasil karya Dian mendapatkan respons yang sangat positif dari para influencer New York, bahkan Miss USA 2018, Sarah Rose Summer. " Dia amazed banget sama koleksinya sampai menanyakan blazer dan celana buatanku," jelasnya.

  Dian Pelangi & Itang Yunasz

Dian Pelangi & Itang Yunasz (Cynthia Amanda Male/ Dream)

Tidak hanya itu, respons orang lokal pada orang yang berpenampilan tertutup pun jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu.   " Dulu di tahun 2014, kalau lagi jalan-jalan dengan teman-teman berhijab, suka diteriakin 'America hates Islam, go back to your country' sama orang yang rasis. Tapi, sekarang mereka malah memuji dan menanyakan cara pakai kerudung atau mix and matchnya," tutupnya. 

2 dari 4 halaman

Cerita Dian Pelangi Diusir Saat di New York

Dream - Berhasil memamerkan karya di panggung fashion week dunia merupakan suatu kesempatan berharga bagi desainer 28 tahun, Dian Pelangi.

Tidak hanya memamerkan karya, berbagai pengalaman menarik pun telah ia lalui. Salah satunya adalah pengalaman diusir oleh penduduk lokal Amerika saat photoshoot bersama teman-teman berhijab pada 2014.

" Aku sempat diteriakin disuruh pulang, 'America hates Islam, go back to your country' sama orang rasis di sana," jelas Dian di 100 Eatery & Bar, Jakarta Selatan, Kamis kemarin.

Tapi, kini Dian sudah merasa lebih nyaman untuk pergi ke negara-negara yang mayoritas penduduknya non-muslim. Justru, semakin banyak orang yang tertarik dengan gaya berhijabnya.

" Sekarang kalau jalan di Central Park, malah dibilang 'bagus ya kerudungnya, gimana sih cara pakai kerudung kayak begitu dan mix and matchnya gimana?'. Mereka sudah mulai terbuka," ujarnya.

Mulai diterimanya Islam di negara tersebut juga terlihat dari meningkatnya jumlah influencer dan blogger yang berpakaian tertutup.

" Di sana lebih banyak yang pakai turban, lehernya masih kelihatan. Mereka bilang itu modest fashion. Mungkin penafsiran modestnya juga berbeda-beda ya" .

3 dari 4 halaman

Salut! Koleksi Modest Wear Dian Pelangi Diminati Miss USA 2018

Dream – Dian Pelangi, desainer hijab terkenal, patut berbangga. Tampil di ajang New Yrok Fashion Week (NYFW) 2019, busana hijab, yang di dikenal dengan sebuat modest wear, buatan Dian mendapat apresiasi dan mencuri perhatian dari Miss USA 2018, Sarah Rose Summer.

Menurut Dian Sarah mengaku kagum dengan karya hijabnya di NYFW 2019 yang ternyata bisa tampil keren. 

" Dia amaze banget sama koleksinya. Ternyata hijab bisa dibuat sekeren itu,” kata Dian di Jakarta, Kamis 21 Februari 2019.

Tak hanya kagum, Sarah juga sempat menanyakan salah satu koleksi blazernya dan berniat menggunakan baju-baju karyanya.

Miss USA 2018 itu juga kepincut dengan celana yang berkoleksi “ Socialove”. Sarah ingin memilikinya ketika berada di belakang panggung.

“ Dia sempat menanyakan di backstage, tapi suasananya agak padat. Jadi, nggak sempat ngasih,” kata Dian.

Tak bisa berkomunikasi langsung, desainer 28 tahun itu memutuskan mengontak Sarah lewat akun Instagram untuk bertemu dan memberikan karyanya. " Akhirnya, cuma saling follow-follow-an di Instagram dan janji ketemuan lewat DM untuk ngasihnya aja. Aku juga minta maaf nggak bisa ngasih karena hectic" .

Para hijab blogger dan influencer New York juga sempat berminat untuk mengenakan karya Dian Pelang yang dipamerkan  untuk menghadiri NYFW di awal Februari lalu.

" Tapi karena waktunya mepet, akhirnya aku cuma kontak mereka aja untuk shipping produku biar bisa mereka pakai lain kali,” kata dia.(sah)

4 dari 4 halaman

Tampil di NYFW, Dian Pelangi Gandeng Hijabers Influencer

Dream - Upaya Dian Pelangi dalam menggaungkan modest wear di kancah internasional tak pernah surut. Ia kembali hadir di New York Fashion Week (NYFW) 2019.

Bertajuk '#Socialove', Dian menampilkan koleksi terbarunya di Spring Studios Manhattan, Amerika Serikat pada 7 Februari.

Modest wear kali ini terinspirasi dari gaya fashion di media sosial. Bersama Wardah, Dian menggandeng 6 social media influencer terkemuka.

" Kami mempersembahkan 6 wanita yang merepresentasikan #SOCIALOVE. Mereka menemukan kebaikan di media sosial, mengambil kesempatan dengan memberi pengaruh positif bagi orang sekitar," tulis Dian di keterangan fotonya.

Keenam hijabers itu diantaranya Siti Hajar Riska, Mega Iskanti, Soraya Larasati, Ayu Putrisundari dan Dian Ayu Lestari.

  Soraya Larasati

Soraya Larasati (Foto: Instagram @dianpelangicom)

Busananya kental dengan aneka warna dan motif yang menjadi ciri khas Dian Pelangi. Perpaduan gaya chic dan streetwear melambangkan para fashionista di kota New York.

  Siti Hajar Riska

Siti Hajar Riska (Foto: Instagram @dianpelangicom)

Sebelumnya, wanita 28 tahun itu pernah menampilkan #SOCIALOVE di panggung Jakarta Fashion Week (JFW) Oktober 2018. Kali ini Dian berkolaborasi dengan empat desainer Tanah Air untuk melenggang di negeri Paman Sam.

Bersama Itang Yunasz, 2Madison Avenue dan Alleira Batik, mereka akan mengisi panggung 'The Stage' di ajang mode bergengsi itu.

Beri Komentar
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa