Meski Bikin Cantik, Makeup Mata Dapat Sebabkan Kebutaan

Reporter : Ratih Wulan
Jumat, 14 Juli 2017 09:13
Meski Bikin Cantik, Makeup Mata Dapat Sebabkan Kebutaan
Tanpa disadari, pemakaian eyeliner atau maskara yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan kebutaan.

Dream - Di balik riasan cantik, ada bahaya yang mengintai para wanita. Salah satunya yaitu Meibomian gland dysfunction (MGD) atau biasa disebut juga sebagai syndrom mata kering.

Masalah itu muncul karena kelebihan pemakaian makeup pada mata. Jika tidak ditanggapi secara serius, maka dapat menyebabkan blepharistis dan penglihatan kabur yang ekstrem.

Dilansir dari Boldsky, ada sebuah kasus medis terbaru yang menguatkan jika MGD tidak hanya karena disebabkan karena penuaan saja, tapi faktanya telah menyerang wanita muda juga.

Eyeliner dan makeup lainnya dapat menyebabkan penyumbatan kelenjaran meibomian. Mahipal Sachdev, Direktur Center for Sight India mengatakan kelenjar itu akan membentuk benjolan yang tidak menyebabkan rasa sakit. Tapi karena tumbuh di kelopak mata akan menghalangi penglihatan.

 Shutterstock

Sachdev menambahkan meibomian akan memproduksi minyak yang mencegah air mata menguap dengan cepat. Sehingga kelenjar apapun tidak akan berfungsi dengan baik.

" Minyak kadang-kadang menebal sehingga timbul benjolan jinak di kelopak mata yang dikenal dengan chalazion. MGD adalah sindroma mata kering yang paling dikenal sebagai penyebab kebutaan," terang Sachdev.

 Shutterstock

Ilmu kesehatan mengatakan bahwa ada sekitar 40 kelanjar yang menghasilkan minyak, akan mengalir keluar sebagai air mata. Berfungsi untuk menjaga agar mata tetap lembab.

" Sekitar 40 persen wanita dengan pemakaian produk makeup mata tinggi akan mempengaruhi penyumbatan kelenjar minyak. Paraben dan lilin kuning yang ada di dalam maskara atau eyeliner dibuat secara waterproef yang akan menyumbat minyak," imbuh Konsultan Senior dan Direktur Gurgam Complete Eye Care, Parul Sony. (ism) 

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna