Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Lebaran 2021, Ini 12 Makanan Khas Idul Fitri yang Kerap Dijumpai

Lebaran 2021, Ini 12 Makanan Khas Idul Fitri yang Kerap Dijumpai Ilustrasi Hidangan Khas Saat Lebaran (Foto: Shutterstock.com)

Dream - Hari raya Idul Fitri atau yang lebih sering kita sebut lebaran merupakan hari raya bagi umat Islam sedunia. Karena Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia yang menjadikan event lebaran 2021 nanti sangat meriah.

Setelah melaksanakan sholat idul fitri, biasanya suatu tradisi bermaaf-maafan dan bersalam-salaman antar keluarga semacam ritual yang wajib dilakukan. Keakraban antar keluarga saat lebaran 2021 nanti rasanya kurang lengkap tanpa adanya acara santap bersama. Yakni menyantap ketupat dan opor ayam yang sudah menjadi hidangan wajib saat lebaran.

Selain kedua makanan tersebut, masih banyak lagi hidangan khas idul fitri yang harus ada di rumahmu saat hari lebaran 2021 tiba. Menu makanan khas lebaran jadi salah satu yang ditunggu saat perayaan Idul Fitri. Di Indonesia, menu makanan khas lebaran 2021 cukup beragam sesuai dengan daerah masing-masing.

Dari sekian banyak hidangan khas lebaran yang berbeda-beda tiap daerah, terdapat makanan khas idul fitri yang umum dihidangkan saat lebaran.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 12 makanan khas perayaan Idul Fitri yang bakal membuat lebaran 2021-mu nanti semakin menyenangkan.

1. Ketupat

Ilustrasi

Makanan khas lebaran 2021 yang wajib ada di rumahmu adalah ketupat. Hidangan yang satu ini berasal dari beras yang dibungkus daun kelapa yang masih muda atau disebut janur.

Ketupat merupakan makanan yang paling banyak diburu saat hari lebaran. Ketupat sebenarnya adalah nasi yang dimasak di dalam sebuah bungkus sehingga memiliki bentuk lebih padat. Ketupat juga dijadikan makanan khas di daerah lain seperi kupat tahu, kupat glabet, dan berbagai menu lain yang menggunakan kupat.

2. Opor Ayam

Ilustrasi

Makanan khas lebaran 2021 yang satu ini merupakan teman sejati tak terpisahkan dari ketupat. Opor ayam merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya pada hari lebaran, opor ayam juga banyak dikonsumsi sebagai menu sehari-hari atau perayaan tertentu.

Opor ayam merupakan makanan berkuah yang dibuat dari daging ayam yang direbus dalam kuah santan. Kuah santan untuk opor dibuat dari  bumbu berupa santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam.

Opor biasanya disajikan bersama dengan ketupat ataupun nasi. Opor juga dapat ditemui di warung dan restoran dengan harga terjangkau. Dengan adanya ketupat dan opor ayam, nuansa lebaran 2021 benar-benar makin terasa di rumahmu.

3. Rendang

Ilustrasi

Makanan khas lebaran 2021 yang selanjutnya adalah rendang. Makanan yang berasal dari daerah Padang ini merupakan makanan yang sudah mendunia. Bahkan rendang dikenal menjadi salah satu makanan terenak di dunia dari negara lain.

Rendang biasanya bisa dibuat dari daging sapi atau kerbau dengan racikan berbagai bumbu rempah pilihan. Makanan ini dihasilkan dari proses masak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa.

Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan pada masakan rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, namun rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih.

4. Sambal Goreng Kentang Ati

Ilustrasi

Pada lebaran 2021 nanti, tidak lengkap rasanya kalo tidak ada hidangan sambal goreng kentang ati. Makanan yang cenderung pedas ini menjadi salah satu hidangan khas idul fitri lho.

Sambal ini dibuat dari bahan kentang yang dipotong dadu. Kemudian dipadukan dengan ati rempela yang dipotong dadu juga. Makanan ini memang cocok dimakan dengan berbagai menu masakan lain khas Indonesia.

5. Semur Daging

Ilustrasi

Makanan yang berkuah ini adalah hidangan cocok untuk lebaran 2021 nanti. Terbuat dari bahan daging yang direbus dan diolah dengan kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah lain.

Semur biasanya berisi daging sapi, ayam dan kentang. Isi dari semur juga bisa bermacam-macam seperti ditambahkan tempe, telur, tahu, ikan, dan bahan lain sesuai selera.

6. Gulai Sayur

Ilustrasi

Jika kamu cukup jenuh dengan masakan berbahan daging, gulai sayur ini bisa menjadi alternatif lain.

Sayuran yang biasanya dibuat menjadi gulai sayur biasanya adalah daun singkong, bayam, nangka, dan berbagai sayur hijau lain. Bahan pembuatan gulai sayur ini adalah santan, kunyit, bawang, lengkuas, jahe, dan ketumbar.

Sensasi kuah santan yang nikmat ditambah dengan sayuran yang segar dapat menjadi pilihan menu lain.

7. Kue Nastar

Buka Puasa dengan Kue Nastar Tanda Lebaran Tiba

Selain makanan-makanan berat, lebaran 2021 nanti jangan lupa menyediakan makanan ringan atau camilan Sahabat Dream.

Makanan ringan yang hampir semua orang punya di hari lebaran adalah kue nastar.

Nastar merupakan kue yang di sukai setiap orang yang bisa ditemui di setiap lebaran. Kue nastar adalah kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan vanili.

Nastar dibentuk bulat dengan ukuran sekitar diameter 2 sentimeter yang kemudian adonannya di isi selai buah nanas, coklat, stroberi, atau selai lain sesuai selera.

8. Kastengel

Kue kering Lebaran klaksik, Kastengel.

Selain nastar, kue kering juga banyak dicari saat hari raya lebaran. Kastengel ini merupakan salah satu kue yang juga tergolong hidangan khas saat lebaran 2021 nanti.

Kastengel merupakan kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang dengan panjang sekitar 3 sentimeter.

Kastengel dibuat dengan cara dipanggang dengan oven hingga berwarna kuning keemasan.

9. Kurma

Manfaat Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Buah yang satu ini sebenarnya bukan asli dari Indonesia, namun sudah sangat disukai dan dicari oleh orang Indonesia saat lebaran. Kurma adalah buah yang berasal dari Arab dengan pohon yang mirip tanaman palma.

Kurma di Indonesia biasanya dimakan langsung, diolah menjadi campuran makanan dan juga dapat dimakan sebagai obat karena memiliki khasiat mengobati berbagai penyakit.

10. Kue Putri Salju

Ilustrasi

Kue putri salju juga menjadi salah satu kue yang wajib ada saat lebaran 2021 nanti. Kue ini masuk ke dalam jenis kue kering.

Kue yang berbentuk bulan sabit dan di atasnya diberi taburan gula halus yang menjadikannya mirip salju. Putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, maizena, mentega, dan kuning telur.

Sensasi dari makan kue ini disukai banyak orang karena rasanya yang enak, gurih, dan rasa dingin saat digigit.

11. Astor

Ilustrasi

Astor sebenarnya adalah sebuah nama merek dagang dari makanan berbentuk wafer stik yang dijual di Indonesia.

Hingga sekarang, wafer masih tetap eksis dan terkenal di Indonesia sebagai cemilan saat lebaran. Astor banyak dijual dengan berbagai varian rasa seperti coklat, stroberi, vanila dan berbagai rasa lain.

12. Wafer

Ilustrasi

Wafer sudah sangat terkenal di Indonesia dengan berbagai merek dan rasa yang beragam.

Bahkan ia menjadi hidangan wajib saat hari raya lebaran Idul Fitri di Indonesia.

Wafer adalah biskuit kering yang renyah, tipis, dan bertekstur kasar. Wafer juga biasanya diolah menjadi kue kering dengan lapisan krim. Selain itu, wafer juga biasanya memiliki bentuk beragam tergantung dari produsen yang membuatnya.

Saat lebaran, wafer sangat disukai oleh semua orang karena rasanya yang manis dan nikmat dijadikan cemilan. Khususnya anak-anak sangat menyukai makanan ini,

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Puasa Ramadan Sebentar Lagi, Ini Dia Persiapannya agar Lebih Khusyuk dan Maksimal

Puasa Ramadan Sebentar Lagi, Ini Dia Persiapannya agar Lebih Khusyuk dan Maksimal

Bulan Ramadan menjadi momen untuk melatih kesabaran serta ketakwaan di dalam diri.

Baca Selengkapnya
5 Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadan, Jangan Sampai Lupa

5 Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadan, Jangan Sampai Lupa

Bulan penuh keberkahan ini usahakan selalu diisi dengan banyak kebaikan, salah satunya bersedekah.

Baca Selengkapnya
Sering 'Bukber' saat Ramadan? Ini Dia 6 Kerugian yang Bakal Kamu Dapetin, Salah Satunya Jadi Ajang Pamer

Sering 'Bukber' saat Ramadan? Ini Dia 6 Kerugian yang Bakal Kamu Dapetin, Salah Satunya Jadi Ajang Pamer

Di balik kebahagiaan buka bersama, ada sisi negatifnya yang mungkin terabaikan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
15 Tas Lebaran Wanita untuk Menunjang Penampilan di Hari yang Fitri

15 Tas Lebaran Wanita untuk Menunjang Penampilan di Hari yang Fitri

Berikut adalah beberapa rekomendasi tas Lebaran wanita untuk menunjang penampilan di hari yang fitri. Yuk simak!

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Berikut adalah beberapa rekomendasi peci Lebaran berdasarkan jenisnya yang bikin tampil ganteng maksimal. Yuk ikuti!

Baca Selengkapnya
Tengok Koleksi Anggun Busana Muslim untuk Ramadan dan Lebaran

Tengok Koleksi Anggun Busana Muslim untuk Ramadan dan Lebaran

Coba deh lihat koleksi terbaru dari berbagai desainer dan bran yang disiapkan khusus untuk Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

Baca Selengkapnya
Resep Camilan untuk Malam Ramadan dan Lebaran, Kue Bawang Kriuk dan Gurih

Resep Camilan untuk Malam Ramadan dan Lebaran, Kue Bawang Kriuk dan Gurih

Kue bawang yang renyah dan gurih disukai banyak orang dari anak-anak hingga dewasa.

Baca Selengkapnya