Fuso Targetkan Jual 31 Ribu Truk di 2021

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 30 Maret 2021 15:16
Fuso Targetkan Jual 31 Ribu Truk di 2021
KTB memprediksi permintaan pasar kendaraan niaga di tahun 2021 akan meningkat 30 persen atau setara dengan 64.900 unit kendaraan.

Dream – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), membidik pangsa pasar sebesar 48,1 persen. Tak hanya itu, perusahaan ini juga mengincar penjualan kendaraan niaga sebanyak 31.220 unit.

KTB memprediksi permintaan pasar kendaraan niaga di tahun 2021 akan meningkat 30 persen atau setara dengan 64.900 unit kendaraan. Meskipun pandemi Covid-19 masih akan berlangsung pada 2021, perusahaan ini berharap permintaan pasar akan membaik.

Mitsubishi Fuso© shutterstock.com

“ KTB akan tetap bersikap positif, fokus target pangsa pasar tinggi seperti di tahun 2020,” kata Presiden Direktur KTB, Naoya “ Rocky” Takai dalam acara  Fuso Virtual Media Gathering Opening Year 2021, Selasa 30 Maret 2021.

Perusahaan ini menghadirkan dan memperkuat solusi digital melalui integrasi data dari berbagai sistem digital yang dimiliki. Contohnya, Runner Telematics, Dealer Management System (DMS) serta berbagai sumber lain terkait data informasi pelanggan.

“ Kami ingin menjadi partner yang lebih dekat kepada pelanggan dan menyediakan layanan professional,” kata dia.

1 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan Kementerian Perhubungan

KTB menginformasikan kerja samanya dengan Kementerian Perhubungan, melalui penguatan sistem Runner Telematics terhadap regulasi Kemenhub PM 60 / 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang Dengan Kendaraan Bermotor di Jalan. Sub Direktorat Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan, Alexander Hilmi Perdana, mengatakan Mitsubishi Fuso merupakan mitra yang siap mendukung Kementerian Perhubungan dalam mewujudukan manajemen lalu lintas yang baik.

“ Diharapkan dapat meningkatkan keamanan jalan melalui sistem runner telematics,” kata Hilmi.

Mitsubishi Fuso Fighter© Muhammad Ilman Nafi'an/Dream

Pada pelaksanaan teknisnya, parameter sistem GPS diatur dalam regulasi KP 2081/AJ801/DRJD/2019 Tentang Petunjuk Teknis Alat Pemantau Pergerakan Kendaraan Secara Elektronik Pada Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum.

Parameter yang harus dimiliki adalah pengawasan kendaraan secara realtime; monitor kecepatan dan lokasi kendaraan pada peta; info lokasi keberangkatan dan kedatangan kendaraan; info rute, titik angkut/titik kirim, pembatasan wilayah secara digital; lama waktu berkendara, jarak berkendara, durasi berhenti, durasi mengemudi, lama waktu mesin beroperasi; peringatan pelanggaran batas kecepatan; manajemen aset, dokumen kendaraan; manajemen pengemudi; histori rute yang dilalui; info volume BBM dalam tangki; info durasi kendaraan dalam keadaan diam. Semua fungsi tersebut tersedia dalam sistem Runner Telematics yang dapat diakses oleh sistem Kemenhub.

KTB juga senatiasa mensosialisasikan teknologi common-rail kepada pelanggan, untuk memastikan FUSO siap menghadapi Euro4. Fighter, produk MDT dari Mitsubishi Fuso, yang sudah dilengkapi dengan mesin common-rail, menerima banyak feedback positif dari pelanggan. Common-rail merupakan prasyarat implementasi Euro4, dengan konsumsi bahan bakar efisien dan dapat meningkatkan kenyamanan pengemudi sehingga lebih aman.

Mitsubishi Fuso Waswas Sentimen Negatif Virus Corona© MEN

Sejak diperkenalkan di tahun 2019, penetrasi Fighter telah mencakup hampir seluruh wilayah operasional di Indonesia. Area penetrasi tertinggi adalah Sumatera, diikuti Kalimantan, dan kemudian menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa transisi, KTB akan mempersiapkan infratruktur yang dibutuhkan terutama pada kesiapan operasional dealer sehingga ketika Euro4 diimplementasikan, KTB siap memberikan dukungan penuh kepada pelanggan.

2 dari 3 halaman

Genjot Penjualan, KTB Jual Truk Mitsubishi Fuso di Lapak Online

Dream - Saat ini segala kebutuhan apapun bisa dibeli hanya dengan sentuhan jari di layar smartphone. Tak hanya gawai atau printilan kecil, kamu juga bisa membeli sebuah mobil truk di platform Tokopedia. 

Strategi berjualan di lapak online inilah yang ditempuh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang terkenal dengan produk truk Fuso. 

Cara pembelian truk lewat online ini biasanya dilakukan para pembeli yang sudah mempercayai sebuah brand tertentu dan membutuhkan waktu cepat saat membutuhkan tambahan unit.

Direktur Sales dan Marketing KTB, Duljatmono dalam konferensi pers virtual mengatakan masyarakat bisa memesan truk Fuso melalui lapak resmi dengan nama Mtsubishi Fuso Official Store di platform Tokopedia.

 

© Dream

 

" Kerja sama antara Mitsubishi Fuso dan Tokopedia berawal dari komitmen KTB untuk senantiasa hadir dalam memberikan kemudahan layanan kepada konsumen. Terlebih lagi dengan keterbatasan ruang gerak masyarakat akibat PSBB di masa pandemi, mengharuskan kami beradaptasi dengan kebutuhan konsumen untuk melakukan transaksi jarak jauh," ungkap Duljatmono.

KTB menyediakan 22 diler Mitsubishi Fuso yang terbagi ke dalam delapan wilayah di official store tersebut. Kedelapan wilayah itu adalah Sumatera bagian Utara, Sumatera bagian Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur (termasuk Bali dan NTB), Kalimantan, serta Indonesia bagian Timur.

Strategi penjualan baru KTB ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan Mitsubishi Fuso di masa mendatang. Hingga akhir Juli 2020, KTB melaporkan telah menjual Mitsubishi Fuso sebanyak 13,646 unit dengan perolehan market share 48,8 persen.

Selama satu bulan periode peluncuran official store di Tokopedia ini, KTB menawarkan promo yang bisa didapat melalui leasing Dipo Star Finance antara lain cicilan ringan selama setahun, DP Ringan, serta bunga cicilan 0 persen selama setahun.

Sedangkan promo dengan syarat dan ketentuan yang berlaku menawarkan gratis emas sampai Rp 2,5 juta, paket servis sampai 60.000 km, paket spareparts sampai Rp 1,5 juta dan diskon flash sale Rp 2 juta untuk 10 unit pertama saat virtual launching.

3 dari 3 halaman

Jika Nasabah Batalkan Pesanan

KTB bekerja sama dengan Tokopedia menyediakan transaksi pembelian unit truk secara online dengan menerapkan beberapa fitur. Pembelian bisa dilakukan dengan booking fee untuk pengajuan surat pemesanan kendaraan (SPK).

Tak seperti barang lain, booking fee kendaraan tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Lantas apakah uang itu akan lenyap jika SPK dibatalkan?

" Untuk pembatalan SPK akan kita lihat terlebih dahulu, ada dua kondisi ya. Yang pertama pembatalan sebelum terjadi SPK," ujar Sudaryanto, Group Head Fuso Branding Group KTB.

Kondisi kedua adalah adanya pembatalan bersifat sepihak.

Pembelian kendaraan dengan cicilan di masa New Normal seperti ini diakui cukup susah. Pihak perusahaan pembiayaan atau leasing akan menjadi sangat selektif untuk membantu pembelian oleh konsumen. Alhasil, seleksi ketat ini akan berpengaruh pada penyetujuan disetujui atau tidak permohonan pembeli. 

" Pembatalan sebelum terjadi SPK, ini biasanya terjadi karena belum disetujui leasing. Jadi apabila karena tidak disetujui leasing, otomatis booking fee 100 persen akan dikembalikan," ujar Sudaryanto.

Perlakuan berbeda akan dilakukan untuk kondisi pembatalan yang bersifat sepihak. Kondisi ini biasanya terjadi ketika pembeli sudah memberikan booking fee tapi membatalkan pesanan yang sudah mereka buat.

Untuk kasus ini, ujar  Sudaryanto, perusahaan akan melakukan proses mediasi dengan mempertemukan konsumen, dealer, dan Tokopedia.

" Nah, di sanalah kita akan putuskan bagaimana sebaiknya. Jadi tidak serta merta uang tidak kembali atau dipotong, tetapi ada proses-proses seperti itu," tambahnya.

Mengenai jangka waktu pengembalian uang booking fee, Sudaryanto mengatakan hal itu tergantung pada standar operasional yang sudah ditentukan," kata dia.

(Sah, Laporan: Shania Suha Marwan)

Beri Komentar