Rahasia Sukses Epson Dua Dekade Eksis di Indonesia

Reporter : Sandy Mahaputra
Minggu, 20 Desember 2020 17:47
Rahasia Sukses Epson Dua Dekade Eksis di Indonesia
Begini siasat Epson di masa pandemi Covid-19.

Dream - PT Epson Indonesia merayakan dua dekade kiprahnya di Indonesia sejak 1 Oktober 2000, melalui produk printer berbasis Inkjet.

Ternyata, nama besar Epson di Indonesia lebih dahulu dikenal bukan dari printer berbasis Inkjet, melainkan melalui Printer Dot Matrix atau printer dengan menggunakan ribbon atau pita untuk melakukan pencetakan.

Printer jenis tersebut lebih dahulu masuk ke Indonesia melalui distributor. Epson kemudian berekspansi ke Indonesia karena potensi alat perlengkapan kantor dan IT yang besar.

" Sebagai salah satu negara berkembang, maka Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar terutama untuk produk IT atau perlengkapan kantor yang sesuai dengan line-up dari Epson," ujar Riswin Li Head of Marketing Epson Indonesia dalam keterangan tertulis, Minggu 20 Desember 2020.

Epson Indonesia

Menurutnya hampir semua produk Epson adalah market leader di masing-masing kategori, baik itu printer, projector dan robotika. Tentu itu berkat strategi inovasi produk yang dikembangkan setiap tahun, sehingga dapat menyerap kebutuhan pasar.

" Kami berusaha mengembangkan produk yang bisa menjadi solusi untuk konsumen. Didukung tim Research & development (R&D) yang kuat, Epson dapat mengembangkan teknologi sendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta memberikan tambahan keuntungan dari fungsi produknya," tutur dia.

 

1 dari 2 halaman

 

Secara garis besar, Epson Global membagi Product Line-up menjadi 4 kategori, pertama Inkjet Innovation (Printer), kedua Robotic Innovation, ketiga Visual Innovation (Projector), dan terakhir Wearable Innovation (Jam tangan, Kaca Mata Pintar).

Epson Indonesia

Untuk saat ini, Epson Indonesia fokus pada Printer Inkjet dan Compact priter dengan InkTank Printer, Business Printer, Label Printer dan POS Printer. Kemudian Commercial and Industry (C&I) Printer/ Printer Large Format melalui Photographic, Corporate Signage atau papan iklan, Label dan Textile Printing.

Selanjutnya Visual Product/Projector melalui Business Projector, Interactive Projector, Home Projector. Dan Robotic dengan Industrial Robot solution.

2 dari 2 halaman

" Target kami adalah menjadi perusahaan yang tidak tergantikan dalam memberikan solusi kepada konsumen, sesuai dengan tagline kami 'Exceed Your Vision yaitu memberikan solusi atau manfaat melebih harapan konsumen," ujar Riswin.

Epson Indonesia

Siasat Epson di masa pandemi Covid-19 adalah mengembangkan pola komunikasi berbasis digital kepada konsumen.

" Harus diakui kami terdampak juga dengan kondisi ini, terutama di awal masa pandemi atau periode April-Mei. Setelah periode tersebut bisnis kami mulai kembali tumbuh," kata Riswin.

Epson di Indonesia juga menggerakkan kegiatan sosial di bidang pendidikan, lingkungan dan masyarakat, sesuai Sustainable Development Goals yang ditetapkan PBB dengan beberapa target seperti pengentasan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan pelestarian lingkungan.

Beri Komentar