Nama Besar Epson Di Indonesia Lebih Dahulu Dikenal Bukan Dari Printer Berbasis Inkjet (Foto: Shutterstock)
Dream - PT Epson Indonesia merayakan dua dekade kiprahnya di Indonesia sejak 1 Oktober 2000, melalui produk printer berbasis Inkjet.
Ternyata, nama besar Epson di Indonesia lebih dahulu dikenal bukan dari printer berbasis Inkjet, melainkan melalui Printer Dot Matrix atau printer dengan menggunakan ribbon atau pita untuk melakukan pencetakan.
Printer jenis tersebut lebih dahulu masuk ke Indonesia melalui distributor. Epson kemudian berekspansi ke Indonesia karena potensi alat perlengkapan kantor dan IT yang besar.
" Sebagai salah satu negara berkembang, maka Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar terutama untuk produk IT atau perlengkapan kantor yang sesuai dengan line-up dari Epson," ujar Riswin Li Head of Marketing Epson Indonesia dalam keterangan tertulis, Minggu 20 Desember 2020.
Menurutnya hampir semua produk Epson adalah market leader di masing-masing kategori, baik itu printer, projector dan robotika. Tentu itu berkat strategi inovasi produk yang dikembangkan setiap tahun, sehingga dapat menyerap kebutuhan pasar.
" Kami berusaha mengembangkan produk yang bisa menjadi solusi untuk konsumen. Didukung tim Research & development (R&D) yang kuat, Epson dapat mengembangkan teknologi sendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta memberikan tambahan keuntungan dari fungsi produknya," tutur dia.
Secara garis besar, Epson Global membagi Product Line-up menjadi 4 kategori, pertama Inkjet Innovation (Printer), kedua Robotic Innovation, ketiga Visual Innovation (Projector), dan terakhir Wearable Innovation (Jam tangan, Kaca Mata Pintar).
Untuk saat ini, Epson Indonesia fokus pada Printer Inkjet dan Compact priter dengan InkTank Printer, Business Printer, Label Printer dan POS Printer. Kemudian Commercial and Industry (C&I) Printer/ Printer Large Format melalui Photographic, Corporate Signage atau papan iklan, Label dan Textile Printing.
Selanjutnya Visual Product/Projector melalui Business Projector, Interactive Projector, Home Projector. Dan Robotic dengan Industrial Robot solution.
" Target kami adalah menjadi perusahaan yang tidak tergantikan dalam memberikan solusi kepada konsumen, sesuai dengan tagline kami 'Exceed Your Vision yaitu memberikan solusi atau manfaat melebih harapan konsumen," ujar Riswin.
Siasat Epson di masa pandemi Covid-19 adalah mengembangkan pola komunikasi berbasis digital kepada konsumen.
" Harus diakui kami terdampak juga dengan kondisi ini, terutama di awal masa pandemi atau periode April-Mei. Setelah periode tersebut bisnis kami mulai kembali tumbuh," kata Riswin.
Epson di Indonesia juga menggerakkan kegiatan sosial di bidang pendidikan, lingkungan dan masyarakat, sesuai Sustainable Development Goals yang ditetapkan PBB dengan beberapa target seperti pengentasan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan pelestarian lingkungan.
Advertisement
Senayan Berbisik, Kursi Menteri Berayun: Menanti Keputusan Reshuffle yang Membentuk Arah Bangsa
Perusahaan di China Beri Bonus Pegawai yang Turun Berat Badan, Susut 0,5 Kg Dapat Rp1 Juta
Style Maskulin Lionel Messi Jinjing Tas Rp1 Miliar ke Kamp Latihan
Official Genas, Komunitas Dance dari Maluku yang `Tularkan` Goyang Asyik Tabola Bale
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?
Rangkaian acara Dream Inspiring Women 2023 di Dream Day Ramadan Fest Day 5
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Prabowo Subianto Resmi Lantik 4 Menteri Baru Kabinet Merah Putih, Ini Daftarnya
Menanti Babak Baru Kabinet: Sinyal Menkopolhukam Dirangkap, Akankah Panggung Politik Berubah?