Roket SpaceX Terbakar, Elon Musk Tunda Peluncuran Starship Tahun Ini

Reporter : Alfi Salima Puteri
Selasa, 12 Juli 2022 19:35
Roket SpaceX Terbakar, Elon Musk Tunda Peluncuran Starship Tahun Ini
Kegagalan itu terjadi di tengah-tengah kampanye uji kebakaran statis selama berhari-hari di Boca Chica, Texas.

Dream - Miliarder terkaya dunia harus bersabar mewujudkan ambisinya menaklukan jagat langit. Dalam uji coba yang dilakukan Senin, 11 Juli 2022 waktu Amerka Serikat  roket pendorong (booster rocket) yang dikembangkan SpaceX terbakar.

Roket yang disiapkan untuk pesawat luar angkasa Starship generasi berikutnya itu terbakar selama uji coba di Texas, AS.

Melansir laman Channel News Asia, Selasa, 12 Juli 2022, terbakar roket pendorong ini kemungkinan menyebabkan mundurnya rencana Musk untuk meluncurkan Starship ke orbit tahun ini.

" Ya, sebenarnya tidak bagus. Tim sedang menilai kerusakan," kata Musk di Twitter setelah ledakan prototipe Super Heavy Booster 7, seperti yang terlihat dalam streaming langsung yang direkam oleh situs web NASA Spaceflight.

Musk menambahkan, tidak ada indikasi cedera akibat insiden tersebut.

1 dari 3 halaman

Dia menjelaskan, ledakan yang menghasilkan roket bola api raksasa ini menyebabkan munculnya asap tebal serta mengguncang kamera video. Dilaporkan ledakan terjadi ketika dilakukan uji coba putaran mesin.

" Ke depan, kami tidak akan melakukan tes putaran awal dengan semua 33 mesin sekaligus," katanya di Twitter.

Meski terbakar, booster rocket itu tampak tetap berdiri tegak, dan dialihkan ke bagian gantry uji sesudahnya. Kegagalan itu terjadi di tengah-tengah kampanye uji kebakaran statis selama berhari-hari di Boca Chica, Texas.

2 dari 3 halaman

Kala itu, booster rocket ini dilengkapi dengan 33 mesin Raptor untuk digunakan dalam uji terbang orbital tanpa awak yang diharapkan SpaceX diluncurkan akhir tahun ini.

Starship lengkap SpaceX, yang akan berdiri setinggi 394 kaki (120 meter) ketika dikawinkan dengan booster tahap pertama yang tak kalah berat bobotnya.

SpaceX tidak segera menanggapi permintaan media untuk mengomentari ledakan pada Senin, 11 Juli 2022.

3 dari 3 halaman

Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) juga tidak segera menanggapi ketika ditanya apakah akan menyelidiki ledakan tersebut.

Pada akhir 2020 dan awal 2021, SpaceX kehilangan empat prototipe Starship-nya dalam serangkaian peluncuran uji ketinggian ketika upaya pendaratan kembali berakhir dengan ledakan. Prototipe Starship akhirnya membuat pendaratan yang aman pada Mei 2021.

Beri Komentar