Sederet Penyebab Payudara Besar Sebelah, Sudah Tahu?

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 1 Juli 2022 08:35
Sederet Penyebab Payudara Besar Sebelah, Sudah Tahu?
Saat diperhatikan pada beberapa kondisi, ukuran payudara kiri dan kanan tampak sangat berbeda.

Dream - Perubahan yang terjadi pada payudara, pastinya Sahabat Dream langsung sadari. Pada waktu tertentu ada kalanya ukuran payudara besar sebelah. Kamu mungkin measa ada yang tak beres, tapi sebenarnya merupakan hal normal.

Dikutip dari KlikDokter, payudara besar sebelah dikenal juga dengan istilah payudara asimetris. Kondisi tersebut wajar karena struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk.

Terkadang, ada perbedaan ukuran di antara bagian yang kiri dan kanan. Selama perbedaan ukuran tidak melebihi 50 persen antara sisi kiri dan kanan, maka perbedaan ini masih dikatakan normal.

Mengapa Payudara Bisa Besar Sebelah?
Payudara besar sebelah ditandai dengan salah satu payudara yang memiliki bentuk, ukuran, maupun posisi yang berbeda dengan payudara satunya. Hal ini dapat disebabkan adanya penyimpanan cairan pada payudara, perubahan aliran darah, perbedaan pada jaringan pembentuk payudara, dan lainnya.

Ada beberapa hal yang memengaruhi perbedaan ukuran payudara ini, antara lain:

1. Masa Pubertas
Pada masa pubertas, ukuran payudara bisa terlihat asimetris. Semakin bertambahnya umur, kedua payudara akan menyeimbangkan ukuran dengan sendirinya.

2. Trauma di Payudara
Cedera pada salah satu payudara dapat menjadi penyebab payudara besar sebelah. Sebab, cedera ini bisa menyebabkan perubahan struktur jaringan di dalam payudara. Alhasil, ukuran payudara terlihat berbeda pasca cedera.

 

1 dari 4 halaman

3. Perubahan Hormon
Saat tubuh mengalami perubahan hormon, misalnya saat memasuki masa ovulasi, terkadang jaringan payudara akan berubah. Payudara pun akan terasa lebih penuh dan sensitif.

4. Penggunaan KB Hormonal
Rutin menggunakan KB hormonal setiap bulannya bisa membuat payudara tampak asimetris. Akan tetapi, hal ini akan berlangsung sementara sampai hormon di dalam tubuh kembali stabil.

5. Masa Kehamilan dan Menyusui
Jika kamu sedang hamil dan menyusui, maka ini bisa menjadi alasan kenapa payudaramu besar sebelah. Pada masa ini, tubuh mempersiapkan diri membentuk jaringan untuk memproduksi ASI. Karenanya, ukuran payudara akan menjadi berbeda.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Nyeri Payudara yang Sering Tak Disadari

Dream - Payudara sakit seringkali dikaitkan dengan hal-hal berbahaya seperti tumor atau kanker. Padahal, berbagai hal bisa menyebabkan hal tersebut. Sebagian penyebabnya tidak perlu dikhawatirkan, meskipun ada juga yang harus segera dikonsultasikan pada dokter.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui berbagai penyebab rasa sakit atau nyeri pada payudara untuk bisa mengatasinya. Terutama, jika kamu cukup sering mengalaminya. Dilansir dari Klik Dokter, berikut beberapa penyebab rasa sakit pada payudara.

Ukuran payudara yang cukup besar

Ukuran payudara besar tidak selamanya membuat wanita nyaman dan percaya diri. Pasalnya, ukuran payudara besar bisa menimbulkan rasa sakit akibat tertariknya ligamen. Kamu perlu menggunakan bra yang benar-benar pas untuk mengurangi rasa sakit pada payudara.

3 dari 4 halaman

Kebiasaan merokok

Merokok bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Di samping bisa merusak paru-paru, kebiasaan tersebut juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada payudara.

Hal tersebut disebabkan oleh kadar epinefrin tubuh yang bisa meningkat akibat merokok. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan merokok dan menjauhlah dari asap rokok.

Trauma di area payudara

Merasa Nyeri di Payudara© Shutterstock

Trauma pada payudara seperti yang terjadi ketika otot di sekitarnya tertarik setelah berolahraga berlebihan bisa menyebabkan nyeri. Jika tidak ingin mengalaminya, pastikan kamu selalu melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum maupun setelah berolahraga.

4 dari 4 halaman

Kesalahan pemilihan bra

Salah memilih bra akan menyebabkan nyeri di sekitar payudara dan bahu. Pasalnya, payudaramu tidak ditopang dengan benar. Sehingga, tubuhmu akan merasa pegal dan kurang nyaman. Pilihlah bra dengan ukuran yang tepat atau minta bantuan pramuniaga untuk membantu menentukan ukurannya.

Penjalaran dari bagian tubuh lain

Rasa sakit di bagian tubuh lain juga bisa menyebabkan nyeri payudara. Mengalami peradangan pada leher atau rongga dada bisa menjadi salah satu pemicunya.

Beri Komentar