9 Tempat Wisata Jogja yang Seru Dekat Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan

Reporter : Sugiono
Selasa, 10 September 2019 16:36
9 Tempat Wisata Jogja yang Seru Dekat Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan
Tempat wisata Jogja itu jumlahnya sangat banyak. Namun tempat wisata Jogja yang dekat stasiun masih bisa dihitung dengan jari.

Dream - Jogja atau Yogyakarta merupakan salah satu wilayah Indonesia yang memiliki tempat wisata menarik.

Menghitung tempat wisata Jogja memang tidak ada habisnya. Tempat wisata Jogja umumnya mudah dijangkau dan harganya lumayan terjangkau.

Tempat wisata Jogja jumlahnya sangat banyak. Namun tempat wisata Jogja yang dekat stasiun masih bisa dihitung dengan jari.

Beberapa tempat wisata Jogja dekat Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan ini tarif masuknya terhitung murah.

Selain menyediakan tempat wisata museum, Jogja juga memiliki wisata alam yang tidak akan bikin kantong jebol.

Untuk Sahabat Dream yang tertarik, berikut ini 9 tempat wisata Jogja yang seru dekat Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan yang wajib dikunjungi.

9 Tempat Wisata Jogja Yang Seru Dekat Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan

Museum Benteng Vredeburg

Salah satu tempat wisata Jogja dekat stasiun Tugu dan stasiun Lempuyangan adalah Museum Benteng Vredeburg. Bangunan yang juga terletak di sebelah selatan Pasar Beringharjo merupakan bekas penjara bagi para pejuang Tanah Air. Tempat wisata Jogja ini juga terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Di dalam Museum Benteng Vredeburg terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia.

Bangunan asli Benteng Vredeburg dikelilingi oleh sebuah parit (jagang) yang sebagian bekas-bekasnya telah direkonstruksi dan dapat dilihat hingga sekarang. Benteng berbentuk persegi ini mempunyai bastion (menara pantau) di keempat sudutnya. Museum Benteng Vredeburg beralamat di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk masuk ke Museum Benteng Vredeburg, pengunjung hanya membayar Rp3.000.

1 dari 8 halaman

Jalan Malioboro

Tempat wisata Jogja yang dekat Stasiun Tugu berikutnya adalah Jalan Malioboro. Bukan tanpa alasan kalau Jalan Malioboro sering jadi latar belakang film maupun FTV. Soalnya tempat wisata Jogja ini menawarkan nuansa Yogyakarta yang sebenarnya.

 Suasana Jalan Malioboro, tempat wisata Jogja dekat stasiun.© Visiting Jogja

Dengan menelusuri sepanjang Jalan Malioboro, wisatawan bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak. Jalan Malioboro bisa dijangkau dengan jalan kaki beberapa menit dari stasiun. Kawasan ini juga sudah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik. Untuk menikmati tempat wisata Jogja dekat selatan ini tidak perlu bayar. Tentu saja, untuk makan dan oleh-oleh, pengunjung tetap harus beli, dengan harga yang cukup murah.

2 dari 8 halaman

Taman Pintar Yogyakarta

Wisata Jogja yang berada dekat stasiun yang satu ini terletak di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata Jogja ini menawarkan wisata edukasi dalam bentuk permainan. Ada Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud, Theater 3D, dan Kampung Kerajinan di mana anak-anak bisa bermain sambil belajar.

 Taman Pintar Yogyakarta, tempat wisata di Jogja dekat Stasiun Tugu.© Google Image

Ada juga aktivitas kerajinan gerabah, lukis kaos, roket air, dan membatik yang bisa diikuti dengan membayar Rp13.000,00 sampai Rp50.000,00. Biasanya tempat wisata Jogja dekat Stasiun Tugu ini ramai dikunjungi keluarga di hari Minggu.

3 dari 8 halaman

Keraton Yogyakarta

Rasanya tidak lengkap wisata ke Jogja jika tidak mengunjungi Keraton Yogyakarta atau Keraton Ngayogyakarta. Keraton Yogyakarta adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kompleks bangunan Keraton Yogyakarta berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini.

 Tempat wisata Jogja dekat stasiun, Keraton Yogyakarta.© Visiting Jogja

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata Jogja dekat Stasiun Tugu. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Secara fisik istana para Sultan Yogyakarta memiliki tujuh kompleks inti yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan). Untuk masuk kompleks Keraton Yogyakarta, pengunjung membayar tiket Rp7.000,00 untuk turis lokal. Sedangkan turis mancanegara membayar Rp15.000,00.

4 dari 8 halaman

Pasar Beringharjo

 Suasana Pasar Bringharjo© Liputan6.com/Helmi Afandi

Inilah tempat wisata Jogja dekat Stasiun Tugu yang paling pas buat pecinta belanja. Pasar Beringharjo memang paling terkenal buat kulakan batik. Tetapi sebenarnya di sini ada berbagai macam oleh-oleh yang bisa dibeli. Mulai dari kaos oblong, totebag, dress batik, pouch, seprai, sandal batik, jamu, sampai suvenir pernikahan. Harga produk yang dijual di sini murah-murah, apalagi kalau jeli menawar. Tempat wisata Jogja dekat Stasiun Lempuyangan ini berada di Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5 dari 8 halaman

Tugu Pal Putih atau Tugu

Tugu Pal Putih menjadi tempat wisata malam di Jogja karena selalu ramai dikunjungi warga dan turis yang ingin hang out di sekitarnya saat malam hari. Tugu Pal Putih juga menjadi ikon Yogyakarta.

 Tugu Jojga atau Tugu Pal Putih, Wisata Jojga dekat Stasiun Tugu.© Visiting Jogja

Tugu Pal Putih yang dibangun pada tahun 1755 oleh Hamengkubuwono I, pendiri Kraton Yogyakarta, mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis yang menghubungkan laut selatan, Kraton Jogja, dan Gunung Merapi. Tempat wisata Jogja dekat Stasiun Tugu ini sangat istimewa karena merupakan monumen bersejarah di Yogyakarta juga. Wisata malam Jogja ini gratis. 

6 dari 8 halaman

Kampoeng Cyber Yogyakarta

 Kampoeng Cyber Yogyakarta, tempat wisata dekat stasiun.© Google Image

Tempat wisata Jogja ini asalnya adalah salah satu desa tradisional di Yogyakarta. Namun karena sentuhan teknologi, Kampoeng Cyber Yogyakarta akhirnya memiliki wifi gratis di sekitarnya. Ada banyak mural tentang teknologi di sepanjang desa ini. Alamat tempat wisata Jogja ini berada di KT I/434, RT 36 - RW 09, Kel. Patehan, Kec. Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampoeng Cyber jadi terkenal semenjak pendiri Facebook atau CEO facebook, Mark Zuckerberg, melakukan blusukan.

7 dari 8 halaman

Kebun Binatang Gembira Loka

 Gembira Loka Zoo, tempat wisata Jogja dekat Stasiun Lempuyangan© Visiting Jogja

Tempat wisata Jogja dekat Stasiun Lempuyangan adalah Kebun Binatang Gembira Loka. Gembira Loka Zoo sempat rusak parah akibat gempa bumi yang mengguncang kota Yogyakarta tahun 2006. Tetapi, setelah direnovasi Kebun Binatang Gembira Loka tetap dicari para wisatawan. Alamat Kebun Binatang Gembira Loka berada di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8 dari 8 halaman

Embung Langensari

 Embung Langensari, tempat wisata Jogja dekat Stasiun Tugu© Visiting Jogja

Embung Langensari yang terletak di Jl. Kusbini No. 35, Klitren, Gondokusuman, Kota Jogja, merupakan satu-satunya tempat wisata alam Jogja dekat Stasiun Tugu. Embung Langensari memberikan suatu solusi bagi warga yang ingin menikmati sejuknya udara kota tanpa pergi jauh-jauh ke luar kota. Fasilitas yang ada di wisata alam Jogja tengah kota ini adalah kolam pancing, trek jogging, panggung terbuka, toilet, bangku-bangku taman untuk bersantai, dan Embung Learning Center.

Demikian tadi 9 tempat wisata Jogja yang seru dekat Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan yang bisa dikunjungi bersama orang-orang tercinta. Semoga bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna